Supply Chains And The Value Delivery Network
Producing a product or service and making it available to buyers requires building relationships not only with customers but also with key suppliers and resellers in the company’s supply chain.
This supply chain consists of upstream and downstream partners.
Upstream
from the company is the set of firms that supply the raw materials, components, parts, information, finances, and expertise needed to create a product or service. Marketers, however, have traditionally focused on the downstream side of the supply chain—the marketing channels (or distribution channels) that look toward the customer.
Downstream
marketing channel partners, such as wholesalers and retailers, form a vital link between the firm and its customers.
Channel Behavior And Organization
Distribution channels are more than simple collections of firms tied together by various flows. They are complex behavioral systems in which people and companies interact to accomplish individual, company, and channel goals.
Some channel systems consist of only informal interactions among loosely organized firms. Others consist of formal interactions guided by strong organizational structures. Moreover, channel systems do not stand still—new types of intermediaries emerge and whole new channel systems evolve.
Channel Design Decisions
Like everything else in marketing, good channel design begins with analyzing customer needs. Remember, marketing channels are really customer value delivery networks .
Marketing channel design calls for:
- 1.analyzing consumer needs,
- 2.setting channel objectives,
- 3.identifying major channel alternatives, and
- 4.evaluating the alternatives.
Nama : Sugeng Prasetyo
NIM : 312023001
Prodi : Administrasi Bisnis-2
Supply Chains And The Value Delivery Network
Rantai nilai adalah sebuah konsep yang menggambarkan keseluruhan rantai aktivitas bisnis dalam menciptakan produk atau layanan — mulai dari penerimaan awal bahan hingga pengirimannya ke pasar.
Rantai pasokan pada dasarnya terdiri dari beberapa elemen, antara lain: pemasok (supplier), pusat manufaktur, gudang, pusat distribusi, sistem transportasi, retail outlet, dan konsumen
Saluran pemasaran membantu produsen untuk menyampaikan pesan-pesan persuai kepada konsumen agar membeli sebuah produk. Saluran pemasaran membantu memperkirakan jumlah permintaan produk sehingga memudahkan produsen untuk mempersiapkan pesanan produk tersebut. Alhasil, ketersediaan produk selalu terjamin bagi konsumen.
faktor-faktor untuk mendesain saluran pemasaran:
1) Menganalisa kebutuhan konsumen.
2) Menetapkan tujuan saluran.
3) Mengidentifikasi alternatif saluran utama.
4) Mengevaluasi alternatif saluran utama.
Secara umum, jenis saluran pemasaran terdiri dari komunikasi, distribusi, dan pelayanan. Adapun contoh saluran pemasaran dari setiap jenis tersebut bisa beragam, mulai dari cold calling, email pemasaran, SEO, hingga indirect selling.
Fungsi utama saluran pemasaran adalah menghubungkan produsen/produsen dengan pelanggan. Saluran pemasaran menggabungkan 4 P pemasaran untuk membantu bisnis mempercepat penjualan dan meningkatkan kesadaran merek/produk.
Keunggulan pemasaran saluran adalah memungkinkan pemilik bisnis fokus pada penciptaan produk berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan pelanggan sementara mitra mereka menangani logistik untuk memasarkan produk tersebut.
Marketing channel atau distribution channel merupakan seperangkat organisasi yang saling bergantung yang membantu menyediakan produk atau layanan untuk digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis.
Keputusan channel perusahaan secara langsung mempengaruhi setiap keputusan pemasaran lainnya. Namun kadang kala, perusahaan memberikan perhatian yang terlalu sedikit terhadap distribution channel mereka padahal hal tersebut dapat membahayakan perusahaan.
Cara untuk memanajemen kan konflik bisa dilakukan dengan 4 cara yaitu, Vertical marketing systems, horizontal marketing systems, multichannel distribution systems,dan changing channel organization.
Nama : Siti Izatus Sholiha
NIM : 312023005
Prodi : Administrasi Bisnis semester 2
2 Sub bahasan
1. Marketing Channels
2. Retailing and Wholesaling
Place
Supply Chains And The Value Delivery Network
Rantai nilai adalah sebuah konsep yang menggambarkan keseluruhan rantai aktivitas bisnis dalam menciptakan produk atau layanan — mulai dari penerimaan awal bahan hingga pengirimannya ke pasar.
Ada 2 chain
1. Upstream
2. Downstream
Rantai pasokan pada dasarnya terdiri dari :
1. Pemasok (supplier)
2. Pusat manufaktur
3. Gudang
4. Pusat distribusi
5. Sistem transportasi
6. Retail outlet
7. Konsumen
Saluran pemasaran membantu produsen untuk menyampaikan pesan-pesan persuai kepada konsumen agar membeli sebuah produk.
faktor-faktor untuk mendesain saluran pemasaran:
1) Menganalisa kebutuhan konsumen.
2) Menetapkan tujuan saluran.
3) Mengidentifikasi alternatif saluran utama.
4) Mengevaluasi alternatif saluran utama.
jenis saluran pemasaran terdiri dari
1. Komunikasi
2. Dstribusi
3. Pelayanan
Fungsi utama saluran pemasaran adalah menghubungkan produsen/produsen dengan pelanggan.
Cara untuk memanajemen kan konflik bisa dilakukan dengan 4 cara yaitu,
1. Vertical marketing systems
2. Horizontal marketing systems
3. Multichannel distribution systems
4. Changing channel organization
Retailing and Wholesaling
Retailing : semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang dan jasa secara langsung kepada konsumen
Wholesaling : semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang dan jasa untuk di jual kembali kepada bisnis atau perusahaan