Berita

Posisi Program Studi Teknik Komputer Jenjang Program Diploma Tiga Di Perguruan Tinggi

Berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi pasal 5 dijelaskan bahwa pendidikan tinggi bertujuan:

  1. Berkembangnya potensi Mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa;
  2. Dihasilkannya lulusan yang menguasai cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa;
  3. Dihasilkannya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Penelitian yang memperhatikan dan menerapkan nilai Humaniora agar bermanfaat bagi kemajuan bangsa, serta kemajuan peradaban dan kesejahteraan umat manusia; dan
  4. Terwujudnya Pengabdian kepada Masyarakat berbasis penalaran dan karya Penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

Sedangkan menurut pasal 10 ayat 1 dan 2 tentang rumpun ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai berikut:

  1. Rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi merupakan kumpulan sejumlah pohon, cabang, dan ranting Ilmu Pengetahuan yang disusun secara sistematis.
  2. Rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas:
    • rumpun ilmu agama;
    • rumpun ilmu humaniora;
    • rumpun ilmu sosial;
    • rumpun ilmu alam;
    • rumpun ilmu formal; dan
    • rumpun ilmu terapan.

 

Jenis pendidikan tinggi berdasarkan undang-undang ini terdiri dari:

  1. Pendidikan Akademik
  2. Pendidikan Vokasi, dan
  3. Pendidikan Profesi

Pada jenis pendidikan akademik, program pendidikan tinggi terdiri dari program sarjana, magister, dan doktor. Sedangkan pada jenis pendidikan vokasi, program pendidikan tinggi terdiri dari program diploma, magister terapan, dan doktor.

 

Bentuk-bentuk perguruan tinggi yang dapat menyelenggarakan program-program tersebut adalah Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, Akademi, dan Akademi Komunitas.

 

Politeknik NSC Surabaya saat ini menyelenggarakan program diploma yang merupakan pendidikan vokasi dan diperuntukkan bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat untuk mengembangkan keterampilan dan penalaran dalam penerapan Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi.

 

Penyelerasan pendidikan saat ini memungkinkan terjadi sejak adanya Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang terdiri dari 9 level. Dengan adanya KKNI maka terdapat kesempatan penyelarasan antara pendidikan vokasi dan akademik bahkan dengan skill di dunia kerja.

 

Namun perlu diketahui bahwa untuk mempermudah penyelarasan tersebut maka harus diperhatikan pula bahwa terdapat rumpun ilmu yang telah ditetapkan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi melalui SK Dirjen Dikti Nomor 163/DIKTI/KEP/2007 tentang penataan dan kodifikasi program studi pada perguruan tinggi, dimana diuraikan program studi - program studi yang satu rumpun sehingga akan memudahkan dalam melakukan penyelarasan.

 

Politeknik NSC Surabaya saat ini menyelenggarakan pendidikan tinggi jenjang program diploma tiga dengan program studi sebagai berikut:

  1. Teknik Komputer
  2. Perhotelan
  3. Administrasi Niaga, dan 
  4. Akuntansi

 

Pada tulisan ini akan digambarkan mengenai posisi jenjang program D3 program studi teknik komputer dalam rumpun ilmu komputer, sebagai berikut:

Rumpun Teknik Komputer

Berdasarkan gambar tersebut maka dapat diketahui bahwa induk utama dari program studi teknik komputer (D3) adalah program studi ilmu komputer, dan merupakan bagian dari sub rumpun ilmu sistem komputer. 

 

Pgram studi perhotelan, administrasi niaga, dan akuntansi akan digambarkan pada tulisan berikutnya. Salam.

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,071,311

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp