Berita

PROSPEK KERJA PRODI AKUNTANSI

Hingga saat ini lulusan dari jurusan akuntansi masih menjadi yang populer dibanyak perusahaan, tentu saja sebuah perusahaan menbutuhkan seorang ahli keuangan atau akuntan. Tugas seorang akuntan diantaranya menyiapkan laporan keuangan tepat waktu, memastikan pembayaran pajak oleh perusahaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tepat waktu, memberikan saran atas evaluasi anggaran kepada pimpinan perusahaan sehingga keuangan perusahaan dapat meningkat. Akuntan dapat memberikan saran atas kinerja perusahaan agar dapat berjalan lebih efisien dan efektif. Selain itu akuntan juga dapat melakukan investigasi atas kecurangan yang terjadi didalam perusahaan atau organisasi, serta membantu perusahaan atau organisasi dalam pengendalian internalnya.

Keahlian yang harus dipersiapkan untuk kuliah di jurusan akuntansi adalah matematika, karena jurusan akuntansi ini selalu berhubungan dengan angka dan hitungan. Kemampuan dalam menganalisa dan menginterpretasikan angka juga penting. Begitu pula dengan keahlian dalam berkomunikasi juga sangat diperlukan, karena nantinya para akuntan dapat menjelaskan temuan, ide dan pemecahan masalah kepada pihak-pihak yang tidak memiliki latar belakang akuntansi.

prospek kerja bagi lulusan akuntansi, diantaranya adalah

  1. Akuntan Publik. Profesi ini dapat bekerja baik secara individual atau dengan perusahaan dengan menyiapkan dan menganalisis berbagai dokumen dan laporan keuangan. Mereka harus terus mengikuti perkembangan terbaru dari peraturan perpajakan dan mengerti peraturan perpajakan dengan baik.

  2. Asisten Akuntansi. Profesi ini membantu pekerjaan seorang akuntan dengan mengerjakan tugas, diantaranya mencatat laporan keuangan, buku besar, pembukuan dan tugas yang lainnya

  3. Accounting Clerk. Profesi ini dapat bekerja di segala jenis industri, mereka hanya menyediakan data dengan menggunakan tehnologi/komputer.

  4. Manajer Akuntansi. Profesi ini menjadi atasan dari para akuntan yang bekerja didalam perusahaan atau organisasi. Mereka menggunakan informasi data keuangan dalam decision making atas pendapatan perusahaan.  Keahlian komunikasi, berjiwa pemimpin dan menginterpretasikan data keuangan untuk penyusunan solusi ataupun rekomendasi strategis perusahaan sangat dibutuhkan dalam profesi ini.

  5. CPA (Certified Public Accountans) bertugas melakukan audit, analisa keuangan, memberikan rekomendasi terkait policy keuangan, dan laporan pajak dan konsekuensinya.

  6. Akuntan Biaya. Profesi ini membantu pimpinan perusahaan atau organisasi dalam menganalisis biaya perusahaan agar lebih efisien dan efekstif sehingga dapat diperoleh keuntungan perusahaan yang maksimal.

  7.  Account Officer. Profesi ini bertugas menilai, mengevaluasi, dan mengusulkan nilai pinjaman atau piutang yang dapat diberikan oleh suatu perusahaan atau organisasi kepada pihak luar.

  8. Akuntan Pendidik. Lulusan akuntansi bisa menjadi tenaga pendidik yang memberikan materi baik di dalam maupun di luar kelas. Akuntan pendidik dapat juga menjadi konsultan yang mengisi seminar keuangan, sebagai peneliti dalam lembaga riset masalah akuntansi yang terjadi pada masyarakat.

  9. Wirausaha dengan membuka usaha sendiri.  Karena jurusan akuntansi cukup fleksibel untuk masuk ke berbagai bidang usaha, selain kemampuan yang dimiliki dalam hal pencatatan keuangan dengan baik.  

 


Komentar


EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish

Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 34,590,493

Informasi Lowongan Kerja Skala Nasional dan Internasional



Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp