Berita

SDM BERKUALITAS DI TAHUN 2021 DENGAN TREN PERUBAHAN MANAJEMEN PERUSAHAAN, JEJAK PANDEMI COVID-19

Senin, 04 Januari 2021, “Pandemi Covid-19 memaksa penduduk khususnya di Indonesia dan seluruh dunia harus segera beradaptasi dengan cepat, efisien dan efektif dalam keterbatasan termasuk dalam daya saing Sumber Daya Manusia”.

Mahasiswi Politeknik NSC Surabaya atas Nama Ernis Nurul Mita dengan Program Studi Diploma III Administrasi Bisnis Politeknik NSC Surabaya yang saat ini masih menjalani kuliah di semester gasal tahun akademik 2020/2021, saat ini bekerja di PT. Evergreen De Parc. Evergreen De Parc merupakan perusahaan pengembang yang berinvestasi dibidang Property di Gunung Anyar Surabaya, dengan jabatanya sebagai seorang administrator pajak “saya sangat dituntut untuk memahami perpajakan secara luas” tutur mbak ernis saat kami wawancara melalui media social Whatsapp. Dia juga menjabarkan tentang tugas dan tanggung jawabnya yang semakin banyak perubahan dari offline menuju online. “Tapi saya siap dalam hal administrasi karena pembekalan yang saya dapatkan di Pendidikan Tinggi khususnya dari kampus saya Politeknik NSC Suabaya sangat menunjang saat saya harus implementasi pada pekerjaan ini, semua bentuk pelaporan seperti SPT, PPH 21, PPH 23, PPH final, pasal 4 ayat 2 dan yang lainnya sudah online melalui website resmi direktorat jendral pajak dan bentuk administrasi yang lain, menuntut saya untuk langsung adaptasi dan memahami pola pelaporan menggunakan sistem informasi itu justru mempermudah proses administrasi yang saya kerjakan”.

Setidaknya sudah ada perubahan yang mendasar dari perilaku perusahaan, berikut 4 (empat) tren perubahan pengelolaan perusahaan akibat dampak pandemi Covid-19 yang akan diaplikasikan oleh perusahaan di 2021 seperti yang dilansir dalam cerdikindonesia.pikiran-rakyat.com

 

  • Tanggung Jawab Baru untuk SDM

Tahun 2021 meminta kepada SDM untuk lebih professional dalam mengatasi masalah-masalah yang diluar bidang dari SDM tersebut, seperti kesehatan mental, parenting, sistem edukasi, dan serta keadilan. Divisi HRD/HRM berkewajiban merekrut SDM yang memiliki daya juang tinggi dan multi talenta tentunya juga untuk meningkatkan konsentrasi dalam produktifitas yang masih sangat erat kaitannya dengan sistem kerja jarak jauh (online) demi keberlangsungan perusahaan.

 

  • Fokus Lebih pada Kesejahteraan dan Kesehatan Karyawan

Pandemi tahun 2020 membuat perusahaan apapun dan manapun dari semua lini untuk berfikir keras perlunya mempersiapkan protokol kesehatan social distancing di area pekerjaan masing-masing departemen karena perlunya memiliki tempat yang sehat bagi karyawan demi keberlangsungan tenaga kerja di masa mendatang dan perusahaan tetap dalam kondisi bertaham, perusahaan harus proaktif mendukung kesejahteraan karyawan dalam beberapa tinjauan tentunya yaitu kinerja, produktifitas dalam kebijakan, praktik, dan manfaat; melatih manajer dalam menangani permintaan akomodasi tempat kerja; dan memberikan pendidikan karyawan tentang kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan.  

 

  • Kelanjutan Sistem Kerja Jarak Jauh

Dampak langsung pandemi seperti pembatasan sosial dan keinginan perusahaan untuk melindungi keselamatan dan kesehatan karyawan, akan terus mennggunakan sistem kerja jarak jauh hingga tahun 2021.beberapa perusahaan yang akhirnya menemukan manfaat jangka panjang pada sistem kerja jarak jauh atau yang dikenal dengan istilah Work from Home. Dengan begitu berpotensi bahwa perusahaan perlu mempersiapkan diri membangun keterampilan dan menerapkan proses baru serta solusi teknologi untuk memungkinkan manajemen dan kolaborasi tim, memfasilitasi upaya kepatuhan, memberikan pelatihan di tempat kerja, dan mendorong budaya serta keterlibatan karyawan.

 

  • Penyesuaian Nilai Perusahaan dengan Teknis di Lapangan

Sangat perlu perusahaan mempertimbangkan kembali nilai, kebijakan, dan praktik kerja perusahaan untuk memastikannya selaras dalam mendukung tempat kerja yang inklusif, etis, dan berkelanjutan.

Dengan pola perubahan yang sudah dilakukan maupun yang belum dalam dunia usaha dan industri maka SDM yang saat ini sudah berstatus pekerja maupun yang akan melamar pekerjaan harus siap dalam tantangan baru, maka dari itu perlu pesiapan matang, berkala, dan mau melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi agar ilmu pengetahuan tatap update dan mampu bersaing demi perekonomian pribadi dan mendukung program kerja pemerintah dalam pengembangan SDM.

Penulis,

Teguh Sanyoto, S.E., M.M.

Kepala Pusat Layanan Karir Politeknik NSC Surabaya

 


Komentar


EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish

Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 34,508,083

Informasi Lowongan Kerja Skala Nasional dan Internasional



Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp