Berita

WEBINAR TRANSFORMASI SEMINAR BERBASIS WEB

Webinar merupakan singkatan dari Web-based Seminar. Webinar adalah presentasi, pelajaran, workshop atau seminar yang ditransmisikan melalui web dengan menggunakan software konferensi video. Dalam webinar pengguna dapat membagikan video-audio kepada peserta webinar. Peserta dapat mengikuti webinar ini dari manapun mereka berada sehingga memungkinkannya adanya komunikasi dua arah. Pembicara di dalam webinar biasanya merupakan seorang expert di bidang tertentu. Pembicara juga bisa mengundang seorang ahli lain untuk ikut menyampaikan materi presentasi. Webinar ini didesain sedemikian rupa agar memiliki interaksi yang serupa seminar konvensional dengan tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi.

Di era informasi teknologi yang berkembang begitu pesat, manfaat webinar sendiri sangat berkembang sangat luas. Bagi peserta, manfaat webinar adalah tentu saja menambah pengetahuan karena biasanya topik di dalam suatu webinar dibahas secara lebih spesifik dan mendalam, oleh ahli di bidang tersebut. Penyelenggara webinar juga biasanya menyediakan sertifikat elektronik (e-certificate) untuk peserta yang telah hadir secara online.

Webinar juga bermanfaat bagi perusahaan yang menyelenggarakannya, webinar ini dapat diikuti oleh siapapun di manapun, target pasar juga ikut meluas dan metode ini menjadi cukup efektif untuk marketing. Dan jika seminar biasa mengharuskan perusahaan untuk membayar biaya akomodasi pembicara, beda halnya dengan webinar. Dikarenakan webinar diadakan secara online, penyelenggara tidak perlu lagi mengeluarkan biaya akomodasi. Hasilnya, perusahaan dapat menghemat tanpa mengurangi kualitas dari konten yang diberikan.

Dilansir dari www.livewebinar.com, bentuk dasar webinar ada 3 yaitu:

  1. Sharing Content
    Yaitu berbagi konten selama konferensi web, pembicara menyajikan jenis konten tertentu kepada para peserta.
  2. Presentation
    Pembicara juga dapat menunjukkan diri kepada peserta, mengundang pembicara lain dan berbagi tampilan slide.
  3. Interaction
    Webinar adalah tentang memberikan saran dari para ahli, pelatihan atau demonstrasi dan interaksi tanya jawab.

Menurut https://blog.hubspot.com/ beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyiapkan webinar yang sukses dan berkualitas tinggi adalah sebagai berikut:

  1. Aktivasi di media sosial
    Ketika ingin mengadakan webinar, satu hal yang wajib dilakukan adalah melakukan aktivasi di media sosial. Hal ini sangat diperlukan, agar target peserta dapat mengetahui mengenai keberadaan webinar yang akan diadakan. Jangan lupa gunakan hashtag (#) di sosial media seperti Twitter dan Instagram.
  2. Visual yang menarik
    Slide presentasi harus memiliki visual yang menarik, agar peserta webinar tetap tertarik dengan materi yang disampaikan. Gunakan foto yang berhubungan dengan materi, atau bisa juga video sebagai demonstrasi dari topik yang dibahas. 
  3. Pilih pembicara yang tepat
    Pembicara harus merupakan seorang ahli dalam bidang yang dijadikan sebagai topik, dan juga dapat membuat peserta webinar merasa relate. Jika situasi memungkinkan, gunakan lebih dari satu pembicara agar seminar jadi lebih ‘hidup’.
  4. Moderator
    Moderator atau host sangat dibutuhkan untuk membantu mengatur flow seminar, terutama saat sedang diadakan sesi tanya jawab.
  5. Check sound
    Sebelum melaksanakan webinar, lakukanlah check sound untuk menghindari kesalahan-kesalahan teknis di hari pelaksanaan dan untuk mengetahui, apakah tempat pembicara berisik atau tidak.


Author : Hajar Cherry Puspalillah

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 34,385,515

Informasi Lowongan Kerja Skala Nasional dan Internasional



Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp