Berita

NEW NORMAL - Fakta Dan Kesiapan Layanan Karir Politeknik NSC Surabaya

NEW NORMAL - Fakta Dan Kesiapan Layanan Karir Politeknik NSC Surabaya

Surabaya – Tema bertuliskan NEW NORMAL akhir-akhir ini sangat mudah ditemui khalayak dalam media cetak maupun elektronik. Umumnya New Normal diartikan sebagai pola atau cara hidup baru di tengah menyebarnya Wabah Corona atau Covid-19 yang tingkat penyebarannya sangat cepat.

Beberapa wilayah dan daerah telah membuat aturan-aturan dalam mengurangi tingkat penyebaran wabah tersebut dengan menerapkan berbagai tata cara seperti pembatasan kegiatan sosial dan pertemuan secara fisik bahkan sampai dengan Pembatasan Sosial Bersekalah Besar (PSBB) sesuai protokol yang dicanangkan oleh pemerintah di beberapa kota besar di Indonesia termasuk kota Surabaya dan sekitarnya. Selanjutnya masyarakat sangat diharapkan mengikuti aturan dengan selalu menerapkan protokol kesehatan.

Berikut beberapa pengertian new normal saat Pandemi Covid-19 yang dilansir dari Detik.com

  1. Apa maksudnya New Normal?
    New normal adalah langkah percepatan penanganan COVID-19 dalam bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi. Skenario new normal dijalankan dengan mempertimbangkan kesiapan daerah dan hasil riset epidemiologi di wilayah terkait.
  2. New Normal vs Corona
    Lembaga Biologi Molekuler atau LBM Eijkman sempat menyatakan, virus corona tidak akan hilang dari muka bumi dalam waktu yang lama. Karena itu, istilah berdampingan lebih tepat digunakan daripada berdamai dengan virus corona.
  3. Life with New Normal
    Presiden RI Bapak Joko Widodotelah meminta seluruh jajarannya mempelajari kondisi lapangan untuk mempersiapkan tatanan normal yang baru di tengah pandemi COVID-19. Saat ini sudah ada 4 provinsi serta 25 kabupaten/kota yang tengah bersiap menuju new normal. Penerapan new normal nantinya bersamaan dengan pendisiplinan protokol kesehatan yang dikawal jajaran Polri dan TNI. Selanjutnya, tatanan normal yang baru akan diperluas jika dinilai efektif.
  4. Protokol new normal
    Organisasi kesehatan dunia WHO telah menyiapkan pedoman transisi menuju new normal selama pandemi COVID-19. Dalam protokol tersebut, negara harus terbukti mampu mengendalikan penularan COVID-19 sebelum menerapkan new normal. Pengendalian ini juga harus bisa dilakukan di tempat yang memiliki kerentanan tinggi misal panti jompo, fasilitas kesehatan mental, dan wilayah dengan banyak penduduk. Langkah pengendalian dengan pencegahan juga harus diterapkan di tempat kerja.

Bagaimana dengan layanan karier di Politeknik NSC Surabaya dalam wacana New Normal?

Fakta menyebutkan di berbagai unsur masyarakat bahwa pandemik Covid-19 ini mengakibatkan perekonomian di Indonesia mengalami penurunan sehingga banyak juga pelaku DUDI yang memberlakukan aturan-aturan baru bagi karyawannya termasuk dirumahkannya karyawan dan muncul pengurangan karyawan atau PHK.

Menindaklanjuti itu perguruan tinggi yang mengelola alumni dengan pusat layanan kariernya mendapati banyak keluhan tentang dirumahkan dan PHK, sehingga ini menjadi tantangan dan tanggung jawab dari departemen Pusat Layanan Karir untuk memberikan informasi dan sosialisasi terkait informasi sumber lowongan kerja.

Politeknik NSC Surabaya sudah menerapkan protokol kesehatan bagi mahasiswa/i dan alumni yang memerlukan pelayanan di PSBB jilid 3 dengan wajib menaati aturan sbb :

  1. Cek suhu dengan thermo gun oleh petugas keamanan
  2. Wajib cuci tangan dengan sabun
  3. Wajib menggunakan masker
  4. Jaga jarak aman antara 1-2 meter dalam komunikasi langsung

NEW NORMAL - Fakta Dan Kesiapan Layanan Karir Politeknik NSC Surabaya NEW NORMAL - Fakta Dan Kesiapan Layanan Karir Politeknik NSC Surabaya

Selain itu Bagian Akademik dan kemahasiswaan tetap menjalankan program kuliah dan ujian online, Politeknik NSC Surabaya adalah Perguruan Tinggi vokasi yang 60% kegiatan praktik, sehingga kami juga harus menerapkan kuliah praktek tatap muka antara Dosen dan Mahasiswa/I dengan pembatasan jumlah mahasiswa maksimal 10 mahasiswa/i

NEW NORMAL - Fakta Dan Kesiapan Layanan Karir Politeknik NSC Surabaya

Gambar : Kuliah Praktek dengan pembatasan jarak dan protocol kesehatan.

Kami tetap berkomunikasi dengan DUDI dan meminta informasi terkait recruitment SDM dan kami akan sampaikan kepada Alumni dan mahasiswa kuliah sambil kerja yang membutuhkan dan berdampak pandemik dalam kehidupan karirnya dengan melakukan pelayanan konsultasi dan konseling online dan tatap muka setiap hari efektif jam kerja pada PSBB jilid 3 dengan protocol kesehatan.

 

Author : Pusat Layanan Karir Politeknik NSC Surabaya

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-5034719/tentang-new-normal-di-indonesia-arti-fakta-dan-kesiapan-daerah

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 34,086,647

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp