Berita

Gizi Seimbang Untuk Mempertahankan Sistem Daya Tahan Tubuh

Pandemi COVID-19 menyebabkan banyak perubahan yang harus kita sikapi dengan tepat dan cepat. COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus SARS-CoV-2, menyerang sistem saluran pernapasan manusia.

Upaya adaptif dan preventif yang bisa kita lakukan untuk mencegah diri dan keluarga tertular virus SARS-CoV-2 antara lain adalah dengan menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak fisik, dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan asupan makanan bergizi seimbang yang diimbangi dengan rutin berolahraga.

Makanan bergizi seimbang adalah asupan makanan sehari-hari yang jenis dan jumlah zat gizinya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Pemenuhan kebutuhan gizi ini juga harus memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, dan perilaku hidup bersih.

Makanan bergizi seimbang sangat penting untuk membangun daya tahan tubuh/immune, memberikan perlindungan dari infeki virus saat masa pendemi seperti ini.

Gizi Seimbang Untuk Mempertahankan Sistem Daya Tahan Tubuh Politeknik NSC Surabaya Porsi dalam satu piring

Proporsi makanan dalam piring (Sumber: Kemenkes RI)

Saat kita mengkonsumi makanan usahakan dalam satu piring mengandung 4 unsur, yang jumlah proporsinya mengikuti anjuran gambar diatas. Makanan pokok merupakan sumber karbohidrat yang dapat diambil dari bahan makanan seperti jagung, ubi, singkong, kentang, atau juga nasi.

Lauk pauk merupakan sumber protein dan mineral, lauk pauk dapat berupa daging, ikan, ayam, telur, tahu, tempe, juga jenis kacang-kacangan. Selanjutnya, buah dan sayuran yang proporsinya adalah separuh dari asupan harian kita. Buah dan sayur merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat.

Konsumilah buah dan sayuran yang berwarna, yang merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin sebagai antiokidan yaitu vitamin A, C, dan E.

Agar tidak bosan, coba berbagai jenis masakan dengan menggunakan berbagai macam jenis bahan makanan. Eksplor bahan-bahan makanan yang sebelumnya belum pernah dikonsumi  oleh keluarga, misal dengan mengganti nasi dengan singkong, ubi, ataupun kentang.

Batasi konsumi gula, garam, dan lemak, konsumsi suplemen atau multivitamin jika diperlukan, hindari merokok, istirahat yang cukup, dan usahakan rutin berolahraga.

Gizi Seimbang Untuk Mempertahankan Sistem Daya Tahan Tubuh Politeknik NSC Surabaya Porsi dalam satu piring Gizi Seimbang Untuk Mempertahankan Sistem Daya Tahan Tubuh Politeknik NSC Surabaya Porsi dalam satu piring

Salad buah dan sayur   (Sumber: Prodi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya)

Gizi seimbang dan dilengkapi dengan rutin berolahraga sangat membantu tubuh kita untuk mempertahankan sistem daya tahan tubuh. Lakukanlah aktivitas fisik minimal 30 menit, 3 sampai 5 seminggu. Berolahraga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan sistem metabolime.

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan produki antibodi dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Dengan rutin berolahraga dan istirahat yang cukup dapat menurunkan hormon stres tubuh, sehingga memberikan kekuatan tambahan pada sistem kekebalan tubuh.

Author : Kristian Triatmaja Raharja

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 34,086,693

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp