Berita

Memaknai Hari Kebangkitan Nasional Ditengah Pademi COVID-19

Memaknai Hari Kebangkitan Nasional Ditengah Pademi COVID-19 Politeknik NSC Surabaya

Pada setiap tanggal 20 Mei telah ditetapkan menjadi salah satu tanggal bersejarah yang dikenal sebagai “Hari Kebangkitan Nasional”. Kebangkitan Nasional pada masa lampau masyarakat Indonesia memaknainya sebagai kemerdekaan dalam menentukan keinginan sendiri yang disesuikan dengan kebutuhan.

Pada masa lampau semangat dari Kebangkitan Nasional dapat ditandai dengan berdirinya salah satu organisasi yaitu pemuda Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 (Ristek, 2009: 124). Peringatan pada hari Kebangkitan Nasional di tahun 2020 ini Bangsa Indonesia memperingati dalam suasana yang berbeda, yaitu ditengah pademi COVID-19.

Hal yang dapat terlihat dari peringatan hari Kebangkitan Nasional ditengah pademi COVID-19 saat ini adalah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk dapat membiasakan diri dengan cara hidup baru dan tetap produktif. Pembiasaan diri dengan cara hidup baru yang tidak lain adanya perubahan standar dalam mekanisme kerja, belajar dan aktivitas lain.

Melihat hal tersebut yang dapat terlihat Politeknik NSC Surabaya menerapkan cara hidup baru ditengah COVID-19, yaitu dengan cara melaksanakan proses pembelajaran secara daring. Pembelajaran harus tetap berjalan karena pendidikan sangatlah penting untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga nilai budaya bangsa dan nasionalisme.

Pembelajaran yang dilakukan Politeknik NSC dengan menggunakan metode-metode yang memanfaatkan teknologi digital. Sebagai contoh pada Prodi Perhotelan yang melaksanan pembelajaran prakti dengan membuat video tutorial, dan Prodi Akutansi yang juga melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan menggunakan aplikasi google classroom atau Zoom.

Pembelajaran yang dilakukan dengan menerapkan cara hidup baru tersebut karena kaum terdidik dan terpelajar memiliki peran penting dalam membangun kebangkitan nasional. Mereka merupakan agen penting dalam membangun semangat kebangkitan nasional yang merupakan kontribusi berkelanjutan mulai tahun 1908, Sumpah Pemuda tahun 1928, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, serta Pancasila dan UUD 1945 pada 18 Agustus 1945. Selain itu, kaum terdidik dan terpelajar pun berperan sebagai inspirasi semangat belajar bangsa Indonesia.

DAFTAR PUSTAKA

Ristek. (2009). Sains & Teknologi: Berbagai Ide untuk Menjawab Tantangan dan Kebutuhan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Author : RR Aretta P Jiwa

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 34,086,656

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp