Berita

Tips Bekerja Dari Rumah Secara Efektif Saat Pandemi COVID-19

Tips Bekerja Dari Rumah Secara Efektif Saat Pandemi COVID-19

Di saat pandemi COVID-19 yang masih belum usai, untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 beberapa perusahaan menerapkan bekerja dari rumah (Work From Home/WFH), termasuk pula perguruan tinggi yang ada di Indonesia termasuk Surabaya.

Hal ini diterapkan sebagaimana Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 Tanggal 17 Maret 2020 Perihal Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Corona Virus Diseases (COVID-19).

Dengan adanya kebijakan tersebut, meskipun dinilai cukup efektif untuk meminimalisir penyebaran COVID-19, beberapa orang merasa terbebani ketika WFH, karena mereka harus tetap bekerja dan melakukan semua kegiatan di rumah, termasuk mendampingi anak dalam belajar bagi mereka yang masih memiliki putra-putri usia sekolah.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dipaparkan tips agar bekerja di rumah tetap efektif:

  1. Niat yang ikhlas. Yaitu mengutamakan niat dalam hati ketika bekerja semata-mata untuk ibadah kepada Allah SWT. Niat yang ikhlas dalam bekerja akan memberikan ketenangan hati dan menjadi amal ibadah yang baik di sisi Allah SWT.
  2. To do list.  Membuat jadwal pekerjaan dan estimasikan waktu penyelesaiannya. Penentuan estimasi waktu akan dalam mengerjakan sesuatu akan membantu seseorang untuk lebih efisien dan cerdas dalam mengelola setiap waktu. 
  3. Disiplin. Kedisiplinan pertama yang perlu dikembangkan adalah disiplin diri, karena permasalahan yang sering muncul dalam kedisiplinan adalah seseorang hanya berpikir untuk kenikmatan jangka pendek dan mengesampingkan jangka panjang. Dengan demikian, seseorang harus mampu membuat prioritas terhadap pekerjaan-pekerjaan mana yang lebih penting dan mendisiplinkan diri untuk mendahulukan pekerjaan prioritas dan menyelesaikan tugas tersebut tepat waktu.
  4. Stretching.  Adanya jeda waktu setiap pekerjaan yang selesai dapat dimanfaatkan untuk stretching (peregangan). Melakukan peregangan dalam bekerja akan memberikan manfaat bagi tubuh seperti memperlancar metabolisme dalam tubuh, mengurangi stres karena otot-otot yang terlalu tegang, meningkatkan fleksibilitas, kebugaran tubuh, fokus dan konsentrasi dalam bekerja, serta terhindar dari kelelahan.  Ada beberapa metode peregangan yang dapat diterapkan, seperti: memejamkan mata; menarik nafas dalam-dalam; lipat tangan ke atas lalu diregangkan sembari mengeluarkan nafas  dan digerakkan secara bergantian ke atas, ke kiri, dan ke kanan; meluruskan kaki dan memutar-mutar pergelangan kaki searah jarum jam; serta melakukan peregangan leher ke atas, ke bawah, ke kiri, dan ke kanan.
  5. Komitmen.  Belajar berkata TIDAK pada sejumlah kegiatan yang tidak penting, sehingga tidak terjebak pada sejumlah kegiatan yang tidak penting yang dapat menyia-nyiakan waktu.  Jadi berkomitmenlah pada prioritas-prioritas pekerjaan yang telah dibuat.
  6. Fleksibel.  Artinya fleksibel terhadap jadwal yang telah dibuat dan estimasi waktu penyelesaiannya. Namun demikian, yang penting untuk diperhatikan adalah jumlah jam bekerja di rumah harus tetap sesuai dengan ketentuan jam kerja di kantor yaitu minimal selama 8 jam, mengingat ketika bekerja dari rumah membuat kita harus membagi waktu dengan pekerjaan rumah dan perlunya meluangkan waktu untuk mendampingi anak dalam belajar (bagi yang memiliki putra-putri usia sekolah), maka pemenuhan jam kerja tersebut dalam praktiknya dapat dilaksanakan secara fleksibel.
  7. Koordinasi dan komunikasi.  Selalu melakukan koordinasi dan komunikasi dengan rekan kerja atau bagian terkait dalam organisasi, apalagi jika terdapat kendala dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan.  Meminta bantuan dan bertanya kepada rekan kerja, bawahan, atau pun atasan yang dirasa mampu tidak akan merendahkan harga diri kita,  sebagaimana yang dikatakan oleh Mas Menteri Pendidikan Nadim Makarim saat Kuliah Umum Reformasi Pendidikan Nasional pada hari Selasa tanggal 5 Mei 2020 (https://youtube/x3dgTfLim54), bahwa kita harus “banyak tanya, banyak coba, dan banyak karya.
  8. Luangkan waktu berolahraga, selalu menjaga kesehatan dan mengonsumsi makanan yang bergizi agar tubuh tetap sehat dan bugar sehingga tubuh tetap fit dalam melakukan berbagai kegiatan atau pekerjaan.
  9. Berpikir positif dan selalu ingat kepada sang Pencipta yaitu Allah SWT.  Adanya pandemi COVID-19 ini harus disikapi positif, bahwa selalu ada hikmah di balik setiap musibah karena Allah SWT tidak akan memberikan musibah di luar batas kemampuan hamba-NYA, dan harus selalu diingat bahwa Allah SWT adalah sebaik-baik perencana dan pemberi keputusan.  Di mana dengan adanya pandemi ini muncul kreativitas, inovasi, jiwa sosial dan kegotong-royongan, dan lain sebagainya.  Selain itu, meskipun bekerja dari rumah tidak ada pengawasan dari atasan secara langsung, yakinlah bahwa kita senantiasa dalam pengawasan Allah SWT dan apa yang kita kerjakan akan dipertanggungjawabkan kepada-Nya di hari kebangkitan nanti.  Sebagaimana disebutkan dalam firman-NYA Surat Al Mujadilah (QS. 58) Ayat 6:Surat Al Mujadilah (QS. 58) Ayat 6 Politeknik NSC Surabaya Tips Bekerja Dari Rumah Secara Efektif Saat Pandemi COVID-19

Artinya: Pada hari ketika mereka dibangkitkan Allah semuanya, lalu diberitakan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Allah mengumpulkan (mencatat) amal perbuatan itu, padahal mereka telah melupakannya. Dan Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu.

Demikianlah beberapa tips yang bisa diterapkan ketika bekerja dari rumah agar tetap bisa bekerja secara efektif, sehingga target kinerja perusahaan tetap tercapai meskipun di tengah pandemi COVID-19. Semoga menjadi pengingat bagi penulis dan memberikan kebermanfaatan bagi semuanya. Aamiin Yaa Robbal’alamin.

Author: Dr. Siti Mahmudah, S.Sos., M.Si.

Referensi:

  1. https://covid-19.kemkes.go.id.  Diakses pada hari Ahad, 17 Mei 2020
  2. http://www.alquran-digital.com. Diakses Agustus 2004.
  3. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19. Diakses pada hari Rabu, 18 Maret 2020.
  4. https://youtube/x3dgTfLim54.  Reformasi Pendidikan Nasional pada hari Selasa, 5 Mei 2020.
  5. Sunarti, Euis (Ed.).Tanpa Tahun.Ragam Tips untuk Keluarga di Masa Pandemi. Bandung: Penggiat Keluarga Indonesia.
  6. Wibowo, The Alvin. 2015. Day-To-Day Success Plan: Motivasi Diri Anda Sendiri.Jakarta: PT Gramedia.

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 34,243,228

Informasi Lowongan Kerja Skala Nasional dan Internasional



Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp