Berita

Begini Cara Mahasiswa Perhotelan Melakukan Kegiatan Praktek Dimasa Pandemi COVID-19

Begini Cara Mahasiswa Perhotelan Melakukan Kegiatan Praktek Dimasa Pandemi COVID-19

Semenjak Corona Virus Disease (COVID-19) mewabah di Indonesia, kegiatan belajar mengajar (KBM) mulai dari PAUD/TK hingga Perguruan Tinggi menjadi dirumahkan atau dilakukan secara daring yang lebih dikenal dengan #StudyFromHome, terutama di surabaya yang merupakan zona merah. Berbagai cara digunakan agar KBM dapat terlaksana, baik melalui penugasan atau bertatapan langsung melalui aplikasi online.

Tidak hanya teori, salah satu Prodi di Politeknik NSC Surabaya tepatnya Prodi Perhotelan membuktikan bahwa pembelajaran atau penugasan praktek pun dapat dilakukan secara daring melalui beberapa aplikasi yang dimanfaatkan Prodi Perhotelan,

Dalam pelaksanaannya terdapat mata kuliah yang mengharuskan mahasiswa-mahasiswi praktek secara individu. Saat ini, salah satu contoh pembelajaran praktek yaitu di mata kuliah Housekeeping, dalam mata kuliah tersebut terdapat praktik Folding Towel (Seni Melipat Handuk). Folding Towels ini bertujuan menarik perhatian tamu agar terkesan elegant dan indah saat tamu tersebut memasuki ruangan kamar.

Mata Kuliah Housekeeping diampu oleh Ibu Riris Yuniarsih ,S.ST.Par., M.M., M.MPar , beliau menjelaskan bahwa tugas pembuatan Folding Towel   ini dilakukan secara individu, setiap mahasiswa membuat minimal 5 kreasi dan harus di dokumentasikan bisa dengan kreasi foto ataupun video.

Berikut salah satu contoh tugas dari materi Folding Towel:

Begini Cara Mahasiswa Perhotelan Melakukan Kegiatan Praktek Dimasa Pandemi COVID-19 Begini Cara Mahasiswa Perhotelan Melakukan Kegiatan Praktek Dimasa Pandemi COVID-19

sSelain Mata Kuliah Housekeeping II, di Prodi Perhotelan juga terdapat Mata Kuliah Pastry II. Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dasar patisserie, peralatan dan bahan khusus patisserie, adonan batter, cake, biskuit, pastry, dan bread. Pada saat UTS minggu lalu, Mata Kuliah Pastry yang diampu oleh Dosen Bapak Kristian Triatmaja Raharja , S.Pd.,M.Kes memberikan tugas kepada mahasiswa-mahasiswi Perhotelan Semester 2 untuk membuat video tutorial kreasi olahan pastry. Adapun ketentuan dari tugas tersebut, yaitu produk pastry yang dimaksud adalah produk pastry yang sudah dibahas dan dipraktekkan di Mata Kuliah Pastry I dan Pastry II, video berdurasi maksimal 3 menit, video harus menunjukkan dengan jelas alur proses pembuatan product (preparing, processing, finishing), video diunggah pada salah satu media (Instagram atau Youtube).

Menurut beliau selaku Kaprodi Perhotelan, pembelajaran  selama ini tetap berlangsung sesuai dengan jadwal dan kurikulum yang sudah dibuat, hanya saja tempatnya yang berbeda, yaitu yang biasanya praktek di laboratorium lengkap dengan  peralatan yang ada di kampus, sekarang mahasiswa-mahasiswi  praktek dirumah masing-masing.

Berikut contoh hasil olahan dari praktek pastry :

Begini Cara Mahasiswa Perhotelan Melakukan Kegiatan Praktek Dimasa Pandemi COVID-19 Begini Cara Mahasiswa Perhotelan Melakukan Kegiatan Praktek Dimasa Pandemi COVID-19

Praktik #dirumahaja
Belajar #dirumahaja

 

Author : Isnin Amal

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 34,014,776

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp