Berita

Kelola Keuangan Anda Di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 diprediksi akan berakhir di pertengahan tahun, atau sekitar bulan Mei – Juni 2020. Tetapi apakah benar demikian?? Bagaimana jika tidak? Banyak spekulasi yang berkembang entah dari kalangan peneliti, kalangan tenaga medis dan kesehatan, hingga dari kalangan dalam tanda kutip “Orang Pintar” yang lekat di masyarakat Indonesia yang kaya budaya dan suku, yang menyatakan dan meramalkan kapan Pandemi Covid-19 akan berakhir.

Terlepas dari prediksi – prediksi para ahli, sudah seyogianya kita lebih waspada dan melakukan antisipasi bagaimana mengelola keuangan kita di masa yang tidak pasti ini. Tetapi sebelum membahas kiat – kiat  apa saja yang dapat kita lakukan, kita harus mengetahui Aturan Budgeting. Perahkan Anda mendengar aturan 50/30/20? Atau Anda jangan – jangan sudah mempraktikkannya??

Apa sih pentingnya mengaplikasikan rumus ini? Karena budgeting pengeluaran sangat penting dilakukan untuk mengontrol keinginan manusia yang tidak ada habisnya, atau bisa ditulis “Keinginan vs Kebutuhan”. Rumus praktis 50/30/20 ini dipopulerkan oleh Elizabeth Warren dalam bukunya yang berjudul “All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan”.

KELOLA KEUANGAN ANDA DI MASA PANDEMI - Manajemen Pemasaran Internasional - Politeknik NSC Surabaya

50% Needs (Kebutuhan)

Dari gaji atau pendapatan yang Anda dapatkan, pastikan 50% digunakan untuk pengeluaran yang sifatnya wajib dan merupakan kebutuhan primer, seperti: biaya hidup sehari – hari, cicilan, tagihan, asuransi kesehatan/ BPJS, transportasi, dan lain – lain.

30% Wants (Keinginan)

Pastikan tidak lebih dari 30% penghasilan atau take home pay Anda yang digunakan untuk memenuhi keinginan, seperti: hobi, belanja, makan di luar dengan keluarga, dan lain – lain.

20% Savings (Tabungan)

Minimal 20% dari penghasilan harus ditabung atau diinvestasikan untuk masa depan. Yang perlu menjadi catatan, jumlah ini adalah jumlah minimal yang disesuaikan dengan tujuan keuangan Anda.

Antisipasi dan kewaspadaan dalam menghadapi Pandemi Covid-19 harus ditingkatkan terutama dalam pengelolaan pengeluaran dan keuangan. Berikut adalah beberapa kiat yang dapat Anda lakukan:

  1. Perbesar Dana Darurat
    Pandemi Covid-19 mengajarkan kita betapa pentingnya memiliki dana cadangan karena ketidakpastian keuangan. Anda patut bersyukur apabila kondisi keuangan Anda tidak terpengaruh, seperti tetap mendapatkan gaji atau bahkan THR. Tetapi masih banyak saudara – saudara kita di luar sana yang harus mengalami penurunan omset, pendapatan, bahkan PHK. Apabila Anda belum memiliki dana darurat, Anda dapat menjual beberapa aset yang Anda miliki.
     
  2. Restrukturisasi Utang
    Cobalah ajukan restrukturisasi utang apabila Anda memiliki kewajiban yang harus dibayarkan tiap bulannya. Demi memastikan cashflow hidup sehari – hari dapat berjalan baik, coba ajukan perpanjangan tenornya, tetapi dengan risiko hitungan akhir yang memang lebih mahal.
     
  3. Tunda Investasi
    Sebaiknya tunda investasi apabila Anda tidak memiliki dana lebih, kecuali ada uang kas yang jumlahnya cukup banyak, Anda dapat mencoba berinvestasi. Para ekonom percaya setiap 10 tahun sekali biasanya terjadi krisis besar, contohnya seperti saat ini. Inilah saatnya Anda yang memiliki dana lebih dapat memborong saham murah dan properti murah yang memiliki fundamental yang bagus.
     
  4. Cari Cashflow Tambahan
    Kita tidak boleh berdiam diri, apalagi dengan work from home (WFH) maka waktu di rumah saja akan lebih banyak. Anda bisa mencoba mencari penghasilan tambahan dengan memanfaatkan teknologi dan lebih kreatif dalam melihat peluang.
     
  5. Atur Ulang Budget
    Saatnya mengatur ulang pengeluaran kita dengan memprioritaskan kebutuhan utama seperti sandang, pangan, papan. Pastikan pula kita lebih menghemat pengeluaran tersebut misalkan dengan memasak sendiri di rumah.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan semoga kondisi saat ini semakin membaik serta Pandemi Covid-19 segera selesai. Terima Kasih.

 

Author : Evada El Ummah Khioro, S.Ab., M.Ab.

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 34,013,829

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp