Berita

Proses Pembelajaran Lab Akuntansi Sebelum Dan Setelah COVID-19

Pada hakikatnya pembelajaran yang efektif merupakan proses belajar mengajar yang bukan saja terfokus kepada hasil yang dicapai peserta didik, namun bagaimana proses pembelajaran yang efektif mampu memberikan pemahaman yang baik, kecerdasan, ketekunan, kesempatan dan mutu serta dapat memberikan perubahan perilaku dan mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka.

Proses Pembelajaran Lab Akuntansi Sebelum dan Setelah COVID-19 - Politeknik NSC Surabaya

Untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif, diperlukan pula faktor-faktor pendukung tertentu seperti lingkungan belajar, keahlian dosen dalam mengajar, fasilitas dan sarana yang memadai serta kerja sama yang baik antara dosen dan mahasiswa.

Dengan faktor-faktor pendukung tersebut diharapkan dapat menciptakan sekaligus memelihara kondisi dan suasana belajar yang kondusif, optimal dan menyenangkan sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan tujuan pembelajaran prestasi dapat dicapai dengan maksimal.

Selain itu keberhasilan peserta didik tidak hanya berupa hard skill, tetapi juga soft skill. Kedua keahlian tersebut perlu diberikan kepada peserta didik sehingga mutu lulusan peserta didik dapat diterima di dunia kerja, karena akan mempengaruhi keberhasilan peserta didik nantinya.

Politeknik NSC Surabaya merupakan salah satu lembaga tinggi vokasi dimana proses pembelajaran bersifat menyeluruh, tidak hanya pengembangan hard skill (contoh: pengetahuan dan teknis) saja, namun diimbangi pula pengembangan soft skill (contoh: kemampuan komunikasi, kejujuran, ramah, sopan dll).

Proses Pembelajaran Lab Akuntansi Sebelum dan Setelah COVID-19  Proses Pembelajaran Lab Akuntansi Sebelum dan Setelah COVID-19

Proses dan prosedur pendidikan yang dijalankan oleh Politeknik NSC Surabaya mengarah pada capaian outcome yang dihasilkan, yaitu menghasilkan mahasiswa yang memiliki atitude  baik dan skill yang dibutuhkan dunia kerja. Dan proses evaluasi dan monitoring terhadap materi yang diberikan oleh tenaga pendidik kepada peserta didik juga dijalankan.  Untuk mendukung proses belajar mengajar, Politeknik NSC Surabaya juga menyediakan fasilitas laboratorium diantaranya penyediaan laboratorium komputer, laboratorium perhotelan, dan laboratorium simulasi bisnis.

Pada saat pandemi COVID-19 seperti saat ini,  Politeknik NSC Surabaya tengah melakukan model pembelajaran pendidikan jarak jauh (distance learning) agar pembelajaran tidak terhenti. Adanya teknologi memberikan banyak pilihan pembelajaran yang dapat dinikmati dan mudah untuk diakses, diantaranya dengan cara aplikasi pembelajaran berbasis digital seperti e-journal, e-library dan sebagainya.

Salah satu model pembelajaran yang mulai diterapkan sekarang adalah menurut Munir yaitu model e-learning, e-learning lebih ditujukan sebagai usaha untuk membuat sebuah transformasi proses pembelajaran yang ada disekolah atau perguruan tinggi dalam bentuk digital yang dijembatani oleh internet.

Selain itu home learning yang tengah dilakukan saat ini kepada peserta didik dalam melakukan transfer ilmu, antara lain menggunakan fasilitas daring yang paling sederhana melalui grup Whatsapp, jika ingin mengadakan tatap muka virtual dengan menggunakan aplikasi google classroom atau Zoom. Hal ini dimaksudkan agar proses belajar tetap berjalan dan mencegah penyebaran virus corona tidak semakin meluas.

Model pembelajaran pendidikan jarak jauh (distance learning) untuk Mata Kuliah (MK) Lab. Akuntansi Biaya dilaksanakan dengan memberikan kasus yang dikirimkan melalui e-mail ke peserta pendidik, contoh kasus yang tidak jelas diberikan dengan cara melalui Whatsapp group atau call.  Jawaban dari kasus tersebut akan dikirim kembali via surel, sehingga dapat diketahui keaktifan dari peserta didik dalam menempuh pembelajaran MK Lab Akuntansi Biaya tersebut.

 

Author : Ita Megasari

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 34,014,764

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp