Berita

Inventarisasi Adalah Sesuatu Yang Penting, Benarkah?

-Inventarisasi Peralatan Di Laboratorium Service Dan Bar Prodi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya-

Inventarisasi berasal dari kata “inventaris” yang berarti daftar barang – barang. Jadi inventarisasi adalah kegiatan untuk mencatat dan menyusun barang – barang/ bahan yang ada secara benar menurut ketentuan yang berlaku.

Inventarisasi ini dilakukan dalam rangka penyempurnaan pengurusan dan pengawasan yang efektif terhadap barang – barang milik instansi. Inventarisasi juga memberikan masukan yang sangat berharga bagi efektivitas pengelolaan sarana dan prasarana.

Inventarisasi dilakukan terhadap barang – barang yang tidak habis pakai. Barang – barang tersebut dibeli atau diadakan dengan mempergunakan dana yang bersumber dari Anggaran suatu institusi baik seluruhnya maupun sebagian.

Daftar Inventarisasi yang dibuat secara berkala sekurang – kurangnya enam bulan  sekali itu perlu memperhatikan perkembangan barang termasuk juga pengurangannya. Dengan adanya inventarisasi secara continue ini diharapkan kegiatan administrasi akan berjalan secara berdaya dan berhasil guna pula.

Inventarisasi mempunyai tujuan pokok sebagai berikut:

  1. Inventarisasi bermaksud memudahkan pelaksanaan kegiatan pengawasan/kontrol, baik dalam penggunaan keuangan maupun dalam menilai tanggung jawab pemeliharaan dan penghematan barang milik institusi.
  2. Inventarisasi dapat membantu pimpinan dalam merencanakan, mengadakan, menyalurkan, menyimpan dan memelihara serta menghapus barang secara bertanggung jawab.
  3. Inventarisasi mempercepat proses pembuatan laporan, baik yang harus disampaikan secara tetap pada setiap triwulan, semester atau tahunan maupun yang harus disampaikan secara berkala apabila diminta oleh atasan.

Inventarisasi Adalah Sesuatu Yang Penting - Politeknik NSC Surabaya

Politeknik NSC Surabaya merupakan Perguruan Tinggi Vokasi yang mempunyai Program jurusan di bidang hospitality, yaitu Program Studi Diploma 3 Perhotelan dan Program studi Diploma 4/ Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan.

Dilihat dari perkembangan dunia hospitality saat ini yang semakin hari semakin baik, Politeknik NSC mempunyai laboratorium untuk menunjang setiap kegiatan praktiknya. Salah satu contoh yaitu Laboratorium Service dan Bar yang merupakan laboratorium untuk praktik pada mata kuliah Food and Beverages Service dan mata kuliah Bartending.

Inventarisasi Adalah Sesuatu Yang Penting - Politeknik NSC Surabaya Inventarisasi Adalah Sesuatu Yang Penting - Politeknik NSC Surabaya

Salah satu kegiatan praktik pada mata kuliah Food and Beverages Service dan Bartending, yang diampu oleh Ibu Endah Lestari S.ST.Par.,M.MPar, yaitu tentang Inventarisasi Peralatan. Dosen Mata Kuliah  mengarahkan mahasiswa untuk  membantu petugas laboratorium dalam pencatatan peralatan laboratorium sekaligus melaksanakan praktik.

Peralatan yang ada di Laboratorium Service dan Bar ini merupakan barang yang ada di restoran maupun bar, seperti glassware (peralatan dari gelas), Chinaware (peralatan makan dan minum dari keramik), Silverware (peralatan dari perak, contoh spoon, fork, dinner knife), buffet set (peralatan prasmanan),  linen and table accessories (perlengkapan meja tamu), plasticware (peralatan dari plastic/mika).  Untuk peralatan Bar contohnya seperti Jigger, Shaker, bottle opener, cocktail strainer, dll.

Inventarisasi Adalah Sesuatu Yang Penting - Politeknik NSC Surabaya Inventarisasi Adalah Sesuatu Yang Penting - Politeknik NSC Surabaya Inventarisasi Adalah Sesuatu Yang Penting - Politeknik NSC Surabaya

Sebelum melaksanakan praktik inventaris sebelumnya mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok, hal ini dilakukan dengan tujuan agar proses pendataan menjadi lebih cepat. Meskipun jenisnya hanya beberapa, tetapi setiap jenis memiliki banyak items, seperti chinaware saja memiliki banyak jenis yatu dinner plate, salad plate, BnB plate, tea and coffe cup, saucer, rice bowl, pickle dish, chilidish, dsb.

Dari kegiatan praktik ini mahasiswa selain belajar menginventarisasi peralatan, pembelajaran inventarisasi ini dipercaya mampu menumbuhkan rasa memiliki dalam perawatan peralatan yang mereka gunakan dalam kegiatan praktik.

 

Author : Isnin Amal Nuari – Laboran Hotel
Editor : D.K.S

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,996,107

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp