Berita

Dosen Program Studi Perhotelan Menjadi Nara Sumber Bidang Pariwisata Di Makassar Dan Lombok

Dosen Program Studi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya Menjadi Nara Sumber Bidang Pariwisata di Makassar dan Lombok

Surabaya – Politeknik NSC Surabaya menugaskan salah satu dosen program studi Perhotelan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai nara sumber di Makassar (Sulawesi Selatan) dan Lombok beberapa minggu yang lalu pada Bulan Maret 2020.

Salah satu dosen program studi Perhotelan yang memiliki latar belakang Pendidikan pariwisata telah melaksanakan salah satu Tri Darma sebagai kewajiban yang harus dilakukan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat tentang pariwisata khususnya pemantapan tentang Tour Leader dan Tour Guide. Dosen program studi perhotelan yang ditugaskan yaitu Ibu Yuniawati Ekaningrum, SE., M.Sc.

Pada awal bulan Maret tepatnya tanggal 04 Maret 2020 memberikan pemantapan pariwisata khususnya tentang materi Tour Leader dan Tour Guide didepan peserta yang tergabung dalam asosiasi AMPHURI (Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia). Acara ini dihadiri + 38 peserta bertempat di Hotel Amaris Hertasining, Jl. Letjen Hertasning No. 63D Masale, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Peserta pemantapan yang tergabung dalam AMPHURI berasal dari Takalar, Kota Palu, Mamuju Utara, Gowa, Kota Parepare, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Sinjai, Wajo, Kota Makassar, dan ada yang dari Jawa yaitu Bantul dan Bandung bahkan ada peserta yang datang dari kota Jayapura.

Dosen Program Studi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya Menjadi Nara Sumber Bidang Pariwisata di Makassar dan Lombok Dosen Program Studi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya Menjadi Nara Sumber Bidang Pariwisata di Makassar dan Lombok

Antusiasme peserta ditunjukkan dengan anttention yang luar biasa padahal peserta rata-rata adalah Tour Leader dan Tour Guide di Biro Perjalanan Wisata yang konsentrasi pada Ibadah Haji dan Umroh. Peserta merasa bahwa dengan pertemuan dan pemantapan yang diberikan nara sumber berkaitan tentang Tour Leader dan Tour Guide membuka wawasan mereka karena mendapatkan update knowledge serta informasi baru terutama setelah ada berita penutupan sementara ibadah ke Arab Saudi dikarenakan adanya virus Corona (Covid 19).

Selama acara berlangsung terjadi interaksi yang intens antara nara sumber dan peserta karena memang skenarionya dibuat tidak monoton yang bisa membuat peserta boring. Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala bidang Haji dan Umroh Kementerian Agama Sulawesi Selatan, dianjutkan sambutan dari Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Selatan, setelah itu dilakukan Ice breaking oleh naras umber kepada peserta agar supaya peserta tidak tegang tapi bisa menerima pelatihan dengan antusias yang luar biasa.

Selanjutnya di bulan yang sama tepatnya tanggal 11 Maret 2020, dengan materi yang sama seperti di Makassar, dosen program studi Perhotelan (Yuniawati Ekaningrum) melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di Lombok.

Acara pemantapan materi dilakukan di Grand Madani Hotel, berlokasi di Jl. Udayana No. 20 Monjok Bar, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Peserta berjumlah + 20 berasal dari beberapa Biro Perjalanan Wisata yang konsentrasi pada Ibadah Haji dan Umroh, antara lain: PT Nabila Inti Persada, PT Samira Ali Wisata, PT Mudahan Tillah, BMT Al Hasan Pusat, PT Safina Dania Wisata, PT Musafir Lintas Sahara, BMT Al Hasan Rensing, BMT Al Hasan Batukliang, dan Kamandre Tour and Travel.

Dosen Program Studi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya Menjadi Nara Sumber Bidang Pariwisata di Makassar dan Lombok Dosen Program Studi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya Menjadi Nara Sumber Bidang Pariwisata di Makassar dan Lombok

Acara di Lombok mulai jam 11.30 WITA, mengingat mulainya siang hari maka tugas nara sumber memperkenalkan diri terlebih dahulu kemudian dilanjutkan melakukan Ice Breaking kepada peserta dengan tujuan supaya rilex, tidak mengantuk dan keep spririt. Semua peserta mayoritas berprofesi sebagai Tour Leader dan Tour Guide dan usia peserta beranekaragam ada yang yunior ada yang sudah senior, dan semuanya sangat antusia luar biasa.

Materi yang diberikan merupakan satu kesatuan, pertama yang disampaikan tentang Biro Perjalanana Wisata dan yang perlu diperhatikan tiga hal yaitu komponen Produk, Pelayanan, dan Pengelolaan, selanjutnya pemantapan tentang materi Tour Leader dan Tour Guide. Di profesi Tour Leader dan Tour Guide disampaikan juga harus memiliki sertiikat kompetensi yang nantinya berpengaruh terhadap kondisi Biro Perjalanan Wisata pada saat penilaian.

Setelah kembali dari kota Makassar (Sulawesi Selatan) dan Lombok ada kebanggaan dan kepuasan telah berbagi ilmu dan pengalaman yang bermanfaat buat masyarakat sebagai pelaku di industry pariwisata. Lelah dan capai tidak terasa karena dinikmati dan mendapatkan pengalaman yang luar biasa karena bertemu dengan orang-orang yang luar biasa.

Dosen Program Studi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya Menjadi Nara Sumber Bidang Pariwisata di Makassar dan Lombok Dosen Program Studi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya Menjadi Nara Sumber Bidang Pariwisata di Makassar dan Lombok

Author, Yuniawati Ekaningrum, S.E. M.Sc.

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,916,908

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp