Berita

Mahasiswa Prodi Akuntansi Terbiasa Dengan Akuntansi Perusahaan

Berita Prodi akuntansi diawali dengan kuliah perdana program studi akuntansi di akhir Februari 2020. Salah satu mata kuliah akuntansi yang diajarkan adalah laboratorium pengantar akuntansi.

Mahasiswa Prodi Akuntansi Politeknik NSC Surabaya Terbiasa Dengan Akuntansi Perusahaan

Dalam mata kuliah tersebut, para mahasiswa telah melewati dua mata kuliah dasar-dasar akuntansi dan mulai diperkenalkan dengan kasus akuntansi dalam perusahaan, ada dua kasus akuntansi perusahaan jasa dan dua kasus akuntansi perusahaan dagang yang dipersiapkan dosen untuk dikerjakan bersama-sama dengan para mahasiswa.

Untuk dua kasus perusahaan jasa akan diselesaikan oleh para mahasiswa dengan deadline sebelum UTS, dan dua kasus perusahaan dagang akan diselesaikan oleh para mahasiswa sebelum UAS. Para mahasiswa diberi fasilitas komputer dalam ruang laboratorium dengan program aplikasi Microsoft Excel dalam penyelesaiannya.

Laporan yang dihasilkan dalam setiap penyelesaian kasus adalah laporan Neraca, Laba Rugi, dan Ekuitas. Para mahasiswa juga mampu tidak hanya menghasilkan namun juga mampu untuk menganalisis laporan-laporan yang dihasilkan.

Beberapa tahapan akuntansi manual harus dilalui mahasiswa dengan bantuan Excel mulai dari input transaksi bisnis ke dalam bahasa akuntansi, jurnal umum, jurnal khusus, buku hutang dan piutang, buku besar, trial balance, dan neraca lajur.

Melalui proses panjang tersebut diharapkan akan meningkatkan ketrampilan dan nalar para mahasiswa dalam mengubah bahasa bisnis menjadi bahasa akuntansi (jurnal umum dan jurnal khusus), klasifikasi dalam buku hutang piutang, laporan risiko piutang tak tertagih, klasifikasi dalam buku besar, ketelitian dalam penyiapan trial balance, neraca lajur, dan tentunya penyajian laporan keuangan perusahaan jasa dan dagang.

Sedangkan, pada mata kuliah akuntansi madya 1, para mahasiswa diarahkan pada penyelesaian soal-soal umum pada masing-masing akun harta lancar dan tetap. Contohnya adalah penyelesaian soal kas kecil, dan rekonsiliasi kas dan bank, proses pembuatan laporan arus kas, soal-soal piutang (misalkan analisis risiko piutang), dan soal-soal berkenaan kebijakan penyusutan aktiva tetap.

Mahasiswa Prodi Akuntansi Politeknik NSC Surabaya Terbiasa Dengan Akuntansi Perusahaan Mahasiswa Prodi Akuntansi Politeknik NSC Surabaya Terbiasa Dengan Akuntansi Perusahaan

Dengan soal-soal di atas para mahasiswa mulai terbiasa dengan beberapa problem akuntansi perusahaan yang berkenaan dengan kebijakan, perhitungan, dan jurnal-jurnal kas kecil, menganalisis dan menyiapkan laporan rekonsiliasi kas dan bank, daftar umur dan risiko piutang.

Selain itu mengenal beberapa metode penyusutan, menganalisis aktiva-aktiva tetap perusahaan, menerapkan metode yang tepat untuk penyusutan aktiva tetap tersebut, menyiapkan laporan penyusutan aktiva tetap, dan memahami efek penyusutan pada neraca sebagai bekal mereka saat terjun dalam dunia bisnis.

Oleh: Thomas Khrisna Sidharta, M.Si.
(Dosen tetap Prodi Akuntansi NSC Surabaya)

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,996,043

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp