Berita

Fenomena Menjamurnya Coffee Shop Kekinian Di Dunia Perhotelan

Salah Satu Bisnis di Bidang Food And Beverages yang Cukup Menjanjikan

Sepanjang tahun 2019 hingga sekarang, bisnis kedai kopi semakin menjamur di Indonesia, Minum kopi di kafé pun sudah menjadi life style.   Masyarakat kekinian semakin gemar nongkrong dan gemar menghabiskan waktu di sebuah kedai kopi.

Kehadiran seorang barista menjadi sebuah kebutuhan kedai kopi yang ingin tetap eksis di kalangan pelanggan mereka. Di berbagai kota besar Indonesia, sangat lazim coffee shop yang mempekerjakan  barista dengan berbagai fasilitas dan honor yang menjanjikan.

Barista berasal dari bahasa Italia yang artinya orang yang bekerja di belakang meja untuk membuat kopi. Dalam hal ini barista harus mahir meracik kopi serta menguasai ilmu perkopian.

Fenomena Menjamurnya Coffee Shop Kekinian Di Dunia Perhotelan - Kampus Diploma Perhotelan D3 D4 Politeknik NSC Surabaya

Menurut Edy Panggabean (2012:14) Ilmu Barista terdiri atas 4 dasar yaitu : Mutu kopi, espresso machine, grinder, dan peracik. Sekarang ini Barista menjadi profesi yang cukup bergengsi dan telah diminati banyak orang. Sebab, ilmu perkopian yang diketahuinya dibutuhkan dalam bisnis kedai-kedai kopi, restoran, bar dan café, dan bisnis perhotelan lainnya.

Berikut beberapa contoh seni meracik kopi baik secara tradisional maupun modern :

  1. Traditional coffe brew yaitu kopi tubruk, moka express, French press, Vietnamese Drip, pourover, ibrik.
  2. Modern coffe brew yaitu espresso machine, syphon

Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Jawa Timur menyebut tren pertumbuhan kafe berbasis kopi meningkat 16 persen - 18 persen seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat perkotaan.

Ketua Apkrindo mengatakan geliat coffee shop di Surabaya bukan hanya di segmen atas dengan harga rerata Rp30.000-Rp70.000-an/gelas, tetapi juga segmen menengah ke bawah dengan harga di bawah Rp30.000-an. Di segmen menengah ke bawah bisa dilihat dari banyaknya kedai-kedai kopi kekinian yang menghadirkan inovasi menu-menu kopi yang unik dengan berbagai campuran.

Dari ulasan di atas, bisa dikatakan bahwa fenomena coffee shop  kekinian menjadi peluang bisnis besar yang bisa dimanfaatkan oleh kaum muda Indonesia. Peluang kopi untuk semakin dikenal dan mewabah di Indonesia, didukung dengan hadirnya perkembangan teknologi seperti metode aplikasi pengantaran yang dipesan secara online, serta pembayaran yang bisa dilakukan secara eletronik.

Pemasaran di era revolusi industri 4.0 yang menyatukan sistem offline dengan online menjadi jawaban bagi coffe shop kekinian untuk semakin menggaet pelanggan untuk mengenal dan mengonsumsi kopi.

Politeknik NSC Surabaya merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki Program Studi Perhotelan, dalam mata kuliah di prodi perhotelan diberikan Materi Bartending. Barista adalah salah satu sub materi yang ada di Mata Kuliah Bartending.

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang pembuatan minuman campuran, menciptakan resep-resep baru,  menghitung harga jual (cost) yang diperlukan serta menciptakan daya tarik tersendiri pada minuman yang dikelola tersebut.

Dari hasil perkuliahan tersebut, mahasiswa dapat mengaplikasikannya di tempat kerja dan tidak menutup kemungkinan bisa menjadikan sebuah bisnis yang bermanfaat, terutama di bidang food and beverages, contohnya seperti coffe shop kekinian  yang menjadi daya tarik untuk bisnis bagi generasi millenial.

Fenomena Menjamurnya Coffee Shop Kekinian Di Dunia Perhotelan - Kampus Diploma Perhotelan D3 D4 Politeknik NSC Surabaya Fenomena Menjamurnya Coffee Shop Kekinian Di Dunia Perhotelan - Kampus Diploma Perhotelan D3 D4 Politeknik NSC Surabaya

Fenomena Menjamurnya Coffee Shop Kekinian Di Dunia Perhotelan - Kampus Diploma Perhotelan D3 D4 Politeknik NSC Surabaya

 

Sumber : Panggabean Edi, 2012, The Secret of  Barista, Jakarta, PT. Wahyu Media
Foto : Program Studi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya
Author : Isnin Anmal

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 34,316,845

Informasi Lowongan Kerja Skala Nasional dan Internasional



Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp