Berita

Potensi Bisnis Bidang Perhotelan Dan Pariwisata Di Industri 4.0

Potensi Bisnis Bidang Perhotelan dan Pariwisata di Industri 4.0

Usaha atau bisnis saat ini berkembang pesat dan semua kalangan pun dapat berwirausaha dengan modal kecil. Dan semua bidang dapat menjadi ide bisnis bagi seorang wirausaha atau entrepreneur. Termasuk dalam bidang perhotelan dan pariwisata pun semakin berkembang pesat.

Terlihat dari banyaknya hotel-hotel baru dan juga sarana prasarana yang mendukung kegiatan pariwisata. Dan semuanya bersaing ketat untuk menunjukkan keunggulan produk mereka masing-masing.

Ada beberapa hal yang menyebabkan bisnis di bidang perhotelan dan pariwisata semakin meningkat adalah :

  1. Jumlah penduduk Indonesia  yang saat ini berjumlah 267 juta jiwa.
  2. Indonesia sebagai sebuah  negara kepulauan, maka potensi wisata alam dan budayanya cukup menarik dan banyak pilihan wisata. 
  3. Dengan banyaknya perubahan yang terjadi pada industri 4.0 semakin banyak orang yang mengalami tingkat kejenuhan dimana mereka membutuhkan refreshing dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Sektor pariwisata yang didalamnya terdiri dari Industri Perhotelan dan Pariwisata merupakan salah satu sektor yang cukup siap dalam menghadapi Era Industri 4.0. Apabila kita lihat, dimana pelaku bisnisnya tidak hanya memasarkan produknya secara konvensional (offline) tetapi sudah secara online dalam konsep digital marketing, dengan menggunakan teknologi digital untuk memperluas jaringan pemasaran. Menurut Garth Simmons, COO Accor Hotel Indonesia, saat ini pasar wisatawan domestik atau komunitas lokal yang terbaik.

Perubahan struktur bisnis yang terjadi membawa dampak positif dan negatif bagi pelaku bisnis di bidang perhotelan dan pariwisata. Dampak Positifnya adalah masalah klasifikasi hotel bintang tidak selalu menjadi perhatian wisatawan. Karena dengan pemesanan online, maka rumah tinggal-pun bisa dijadikan pemesanan wisatawan saat mereka sedang berlibur ke suatu tempat wisata.

Sedangkan dampak negatifnya adalah dengan begitu mudahnya wisatawan melakukan pemesanan hotel atau tempat menginap secara langsung dapat memberikan dampak pada penurunan tingkat hunian hotel di suatu lokasi wisata tertentu.

Era Industri 4.0 saat ini banyak perubahan yang terjadi pada bisnis perhotelan dan pariwisata yang dipengaruhi oleh beberapa hal seperti perkembangan teknologi komunikasi, dan adanya generasi millennial yang memiliki peran penting pada sektor bisnis sehingga terjadi perubahan pola pikir dan sikap dari pelaku industrinya.

Potensi Bisnis Bidang Perhotelan dan Pariwisata di Industri 4.0 Potensi Bisnis Bidang Perhotelan dan Pariwisata di Industri 4.0

Agar perubahan yang terjadi dalam industri perhotelan dan pariwisata  tidak membawa dampak negatif bagi perubahan kinerja perusahaan hotel dan pariwisata, maka pelaku bisnis perhotelan dan pariwisata perlu melakukan terobosan dan inovasi strategis untuk menyikapi perubahan yang terjadi saat ini. Seperti misalnya membuat sebuah aplikasi yang memudahkan bagi wisatawan yang tidak saja untuk memesan hotel secara online  tapi juga mendapatkan service lainnya seperti mendapatkan fasilitas destinasi wisata di sekitar hotel tempat menginap, hingga melakukan perjalanan kuliner di lokasi-lokasi yang sudah di tentukan dalam aplikasi atau sesuai dengan pilihan wisatawan.

Terobosan dan inovasi produk berupa aplikasi tersebut yang memadukan beberapa komponen perhotelan dan pariwisata ini dapat memberikan keuntungan buat wisatawan dan pelaku bisnis perhotelan dan pariwisata.

Di satu sisi wisatawan diberikan kemudahan untuk membuat rencana perjalanan tanpa harus menggunakan jasa konsultan pariwisata. Sedangkan bagi pihak hotelnya sendiri, mereka akan mendapatkan keuntungan karena wisatawan tidak hanya diberikan pilihan penginapan tapi juga pelayanan tambahan lainnya yang mendukung rencana perjalanannya baik untuk berwisata ataupun berbisnis sesuai dengan kebutuhan para wisatawan tersebut.

Potensi Bisnis Bidang Perhotelan dan Pariwisata di Industri 4.0

Itulah gambaran perubahan yang terjadi pada bisnis perhotelan dan pariwisata pada Era Industri 4.0., dimana konsep pemasaran yang semula masih konvensional (offline) saat ini berubah drastis dengan adanya digital marketing. Dan perubahan tersebut merupakan potensi bisnis bagi pelaku bisnis yang berminat pada bidang perhotelan dan pariwisata.

Hal tersebut merupakan perubahan yang harus dihadapi oleh pelaku industri/bisnis serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang bekerja di bidang perhotelan dan pariwisata dan menjadi supporting menarik untuk bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh bagian pemasaran dan penjualan.

Author : Frima Maharani

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,928,269

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp