Berita

Human Relation Dalam Administrasi

human Relation administrasi bisnis politeknik nsc surabaya

Hubungan manusia (human relation) dalam suatu organisasi/perusahaan harus berjalan sehingga dapat melakukan interaksi antara satu dengan yang lainnya. Hubungan manusia dalam suatu organisasi sangat dibutuhkan agar setiap kegiatan, program yang dibuat dapat diselesaikan secara akurat melalui kerja sama antara anggota organisasi tersebut.

Kerja sama antara orang-orang yang berada dalam sebuah organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan merupakan pengertian  dari administrasi. Kerja sama ini di landasi dengan adanya hubungan antara mereka di dalamnya, melakukan interaksi dengan baik dan mengajak sehingga bersama-sama dalam melakukan tugas tanpa harus menunggu.

Oleh karena itu dibutuhkan yang namanya hubungan antara sesama dalam konteks ini “hubungan manusia” yang mana dalam menjalankan administrasi tentunya harus ada kerja sama yang didasari dengan melakukan komunikatif-persuasif-sugestif. Komunikasi dibutuhkan dalam administrasi untuk membangun kerja sama dalam penyelesaian pekerjaan dan tugas yang menjadi beban dari masing-masing karyawan.

Keputusan yang telah diambil seorang pimpinan harus dilaksanakan secara cepat dan tepat. Untuk melaksanakan keputusan tersebut perlu diperhatikan pentingnya unsur manusia, yakni hubungan antar manusia (human relations). Hal ini dilakukan karena proses dalam administrasi akan selalu melibatkan unsur manusia dan diakhiri pula oleh manusia.

Namun perlu disadari bahwa manusia yang dimaksudkan bukan semata-mata manusia dalam wujudnya saja, melainkan harus diperhatikan pula manusia dalam sifat/wataknya, pribadi dan aspek-aspek lain yang melekat pada dari manusia tersebut. Jadi human relations menitikberatkan hubungan yang ditinjau dari segi human-nya manusiawinya.

Jadi human relations itu sangat penting dalam sebuah administrasi apa pun, baik administrasi publik maupun administrasi bisnis. dikarenakan administrasi tersebut membutuhkan kerja sama yang dilandasi dengan komunikasi yang sehat antar pribadi karyawan dalam suatu organisasi.

Dengan demikian hubungan antara manusia juga memberikan sebuah nuansa yang baik bagi anggota dengan pimpinan karena tujuan dari kerja sama tersebut adalah bagaimana untuk menghasilkan dan menjaga kesejahteraan dan keharmonisan bersama dalam suatu hubungan sehingga tidak terjadi gejolak dalam melakukan sebuah tugas yang telah di berikan oleh pimpinan kepada anggotanya.

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,873,374

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp