Berita

Tips Mengatur Time Management Yang Baik Agar Sukses Kerja Sambil Kuliah

Mahasiswa Politeknik NSC Surabaya yang kerja sambil kuliah, sebagian besar pandai mangatur waktu atau bahasa kerennya tume management. Bagaimana tidak, mereka bekerja dari pagi hingga sore, lalu ke kampus untuk kuliah hingga malam, sehingga mengatur waktu dalam sehari membutuhkan kedisiplinan yang tinggi.

Time Management merupakan keterampilan mengatur waktu yang tersedia dalam sehari dengan memilih dan memilah aktivitas yang layak mendapatkan prioritas dikerjakan. Dalam time management kita harus memilah terlebih dahulu aktivitas-aktivitas yang biasa kita kerjakan ke dalam kelompok-kelompok sebagai berikut:

  1. Aktivitas yang PENTING dan MENDESAK
  2. Aktivitas yang TIDAK PENTING tapi MENDESAK
  3. Aktivitas yang PENTING tapi TIDAK MENDESAK, dan
  4. Aktivitas yang TIDAK PENTING dan TIDAK MENDESAK

Kalau waktu kita terbatas sedangkan begitu banyak aktivitas yang harus dilakukan, maka solusinya harus menggunakan time management.

Pilihlah aktivitas yang penting dan mendesak untuk dikerjakan terlebih dahulu misalnya bekerja dan kuliah. Jika di antaranya masih ada waktu yang tersisa, kita bisa memilih aktivitas yang  tidak penting namun mendesak misalnya mengerjakan sesuatu yang apabila ditunda akan menjadi beban di kemudian hari. Jika pun kita masih memiliki waktu lebih, maka selanjutnya bisa kita pilih aktivitas yang penting namun tidak mendesak. Dan terakhir baru kita bisa kerjakan aktivitas yang tidak penting dan tidak mendesak.

Jika waktu kita tidak cukup mengerjakan aktivitas-aktivitas tersebut semua maka langkah cerdas yang bisa kita ambil yaitu kita kerjakan saja aktivitas-aktivitas yang mendesak, dan kita tunda aktivitas-aktivitas yang tidak mendesak. Lebih jelasnya dapat dilihat seperti pada gambar berikut:

Time Management yang Baik Agar Sukses Kerja Sambil Kuliah

Sumber: Time Management

Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, mahasiswa Politeknik NSC Surabaya yang menguasai time management skill ini bisa menjalankan pekerjaan dan kuliah secara bersamaan, dan bisa menyelesaikan studinya tepat waktu. Tapi bagi yang tidak menguasainya akan kerepotan dan pada akhirnya harus memilih fokus pada pekerjaannya atau fokus pada kuliahnya.

Sebagian besar mahasiswa NSC bisa lulus tepat waktu, itu berarti mereka menguasai time management skill dengan baik. PEKERJAAN LANCAR, KULIAH JALAN.

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,749,423

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp