Berita

Mahasiswa NSC Sudah Dapat Kerja Sebelum Lulus

Politeknik NSC Surabaya merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi di Surabaya. Politeknik merupakan jenjang pendidikan kelanjutan dari SMK yang juga menyelenggarakan pendidikan vokasi. Lalu apa bedanya?

Menurut Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), lulusan SMK masuk dalam jenjang level 2, sedangkan lulusan Politeknik jika lulusan program Diploma III masuk dalam jenjang level 5, dan jika lulusan program Diploma IV masuk dalam jenjang level 6, sama dengan lulusan sarjana pada universitas.

Indonesian Qualification Framework
IQF = Indonesia Qualification Framework

Pada gambar di atas dapat dilihat posisi jenjang level setiap pendidikan yang ditempuh. Masyarakat Indonesia terutama generasi milenial diharapkan terus meningkatkan jenjang pendidikannya agar tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia dari luar terutama di era globalisasi.

Setiap jenjang pendidikan memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki 3 (tiga) hal utama yaitu sikap/attitude, kemampuan kerja/skill, dan penguasaan pengetahuan/knowledge. Semakin tinggi jenjang pendidikan diharapkan lulusannya memiliki attitude yang lebih baik, skill yang lebih kompeten, dan knowledge yang lebih tinggi .

nilai yang terkandung dalam setiap jenjang level KKNI/IQF
Nilai-nilai yang terkandung dalam setiap jenjang level KKNI/IQF

Jadi dapat dikatakan bahwa lulusan Politeknik seharusnya memiliki:

  1. attitude yang lebih baik dari lulusan SMK/SMA,
  2. skill yang lebih kompeten dari lulusan SMK/SMA, dan
  3. knowledge yang lebih tinggi dari lulusan SMK/SMA

Kemampuan kerja/skill sangat disyaratkan oleh perusahaan dalam menerima karyawan, untuk itu selain attitude dan knowledge, Politeknik NSC Surabaya sangat memberi perhatian tentang peningkatan kemampuan kerja/skill mahasiswanya dengan menggunakan model pembelajaran 60% praktik dan 40% teori.

Hasil dari model pembelajaran ini saat ini sudah terlihat dengan banyaknya mahasiswa NSC yang sudah bekerja bahkan sebelum lulus.

Berikut perbandingan data mahasiswa yang sudah bekerja tahun akademik 2018/2019.

Mahasiswa NSC Sudah Dapat Kerja Sebelum Lulus

Pada tabel tersebut dapat dilihat bahwa sebanyak >50% mahasiswa NSC yang berada di program studi D3 perhotelan, administrasi bisnis, dan akuntansi sudah bekerja. Hal ini membuktikan bahwa sebagian besar mahasiswa NSC telah dibekali dengan kemampuan kerja/skill.

Sebelum lulus kuliah, Politeknik NSC akan memberi kesempatan mahasiswa untuk mengikuti uji sertifikasi kompetensi/profesi melalui LSP Poltek NSC. Mahasiswa yang lulus ujian ini akan memperoleh sertifikat kompetensi/profesi yang diterbitkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Dengan bekal ijazah dan sertifikat profesi ini, maka mahasiswa yang belum bekerja akan mudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan skill yang dimilikinya.

 

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,504,987

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp