Berita

Politeknik Terbaik Di Jawa Timur Versi Webometric

Politeknik Terbaik di Jawa Timur versi Webometric

Tentang Webomatrics

"Peringkat Webometrics dari Universitas Dunia" adalah inisiatif dari Lab Cybermetrics, sebuah kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol.  CSIC adalah salah satu organisasi riset dasar pertama di Eropa.

Cybermetrics Lab, bagian dari CSIC, dikhususkan untuk analisis kuantitatif Internet dan konten web khususnya yang terkait dengan proses generasi dan komunikasi ilmiah pengetahuan ilmiah. Ini adalah disiplin baru yang muncul yang disebut Cybermetrics atau Webometrics.

The Cybermetrics Lab menggunakan metode kuantitatif telah merancang dan menerapkan indikator yang memungkinkan kita untuk mengukur aktivitas ilmiah di Web.

Tujuan dari rangking adalah untuk mempromosikan publikasi web, mendukung inisiatif akses terbuka, akses elektronik ke publikasi ilmiah dan ke materi akademis lainnya. Namun indikator web juga sangat berguna untuk keperluan pemeringkatan karena tidak didasarkan pada jumlah kunjungan atau desain halaman tetapi pada kinerja global dan visibilitas universitas.

Karena peringkat lain hanya berfokus pada beberapa aspek yang relevan, khususnya hasil penelitian, peringkat berdasarkan indikator web mencerminkan keseluruhan gambar dengan lebih baik, karena banyak kegiatan profesor dan peneliti lainnya ditunjukkan oleh keberadaan web mereka.

Peringkat webometrics memiliki cakupan yang lebih besar daripada peringkat serupa lainnya. Pemeringkatan ini tidak hanya berfokus pada hasil penelitian tetapi juga pada indikator lain yang mungkin mencerminkan kualitas global yang lebih baik dari akademisi dan lembaga penelitian di seluruh dunia.

Kami bermaksud memotivasi lembaga dan akademisi untuk memiliki kehadiran web yang mencerminkan aktivitas mereka secara akurat. Jika kinerja web suatu institusi berada di bawah posisi yang diharapkan sesuai dengan keunggulan akademis mereka, otoritas universitas harus mempertimbangkan kembali kebijakan web mereka, mempromosikan peningkatan substansial volume dan kualitas publikasi elektronik mereka.

Calon mahasiswa harus menggunakan kriteria tambahan jika mereka mencoba memilih universitas. Peringkat webometrics berkorelasi baik dengan kualitas pendidikan yang disediakan dan prestise akademik, tetapi variabel non-akademik lainnya perlu diperhitungkan.

Pemeringkatan webometric dilakukan setiap 6 bulan sekali yaitu pada bulan Januari dan Juli setiap tahunnya, dengan demikian masyarakat akan memperoleh informasi yang up to date tentang kualitas aktivitas ilmiah perguruan tinggi di web mereka.

Politeknik NSC Surabaya merupakan perguruan tinggi swasta di Surabaya yang mempublikasikan aktivitas ilmiahnya di web sehingga dapat dilihat oleh masyarakat dan dideteksi oleh webometric.

Daftar Peringkat Webometric Politeknik Negeri dan Swasta se Jawa Timur
Sumber: Data diolah dari Webometric Report, July 2019 Edition

Di provinsi Jawa Timur terdapat 29 perguruan tinggi berbentuk politeknik, negeri dan swasta, yang tersebar di beberapa kota di Jawa Timur. Penilaian peringkat webometric didasarkan penilaian kriteria presence, impact, openness, dan excellence.

Berdasarkan data pada tabel di atas maka peringkat webometric tertinggi yaitu Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Peringkat PENS dibandingkan seluruh perguruan tinggi di Indonesia berada pada urutan 28, sedangkan bila dibandingkan dengan seluruh perguruan tinggi di dunia berada pada urutan 3208. Peringkat PENS ini tentu masih harus ditingkatkan agar masuk jajaran Top World Class University.

Peringkat Politeknik NSC Surabaya dibandingkan seluruh perguruan tinggi di Indonesia berada pada urutan 478, sedangkan bila dibandingkan dengan seluruh perguruan tinggi di dunia berada pada urutan 15.431. Namun jika dilihat dari tabel di atas maka Politeknik NSC menempati urutan ke-8 jika dibandingkan seluruh politeknik yang ada di Jawa Timur.

Peringkat Webometric Politeknik Swasta di Jawa Timur
Sumber: Data diolah dari Webometric Report, July 2019 Edition

Berdasarkan tabel di atas, Politeknik NSC menempati peringkat 1 dibandingkan seluruh politeknik swasta di Jawa Timur. Hal ini menggambarkan bahwa aktivitas ilmiah yang dilakukan Politeknik NSC ter publikasikan dengan baik kepada masyarakat melalui web yang dimilikinya.

Berdasarkan data-data yang ada, maka dapat menjadi informasi yang penting bagi masyarakat dalam memilih Politeknik NSC Surabaya sebagai tempat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,505,004

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp