Berita

Apa Pekerjaan Manajer Penjualan Dan Pemasaran Internasional

Apa Pekerjaan Manajer Penjualan dan Pemasaran Internasional

Seorang manajer penjualan dan pemasaran internasional memainkan peran penting dalam mengelola kegiatan penjualan dan pemasaran organisasi mitra bisnis internasional. Ia memiliki tugas untuk membantu mengidentifikasi dan mengembangkan upaya penjualan dan pemasaran internasional dengan mitra bisnis internasional untuk membantu mereka mempromosikan dan menjual produk dan layanan.

Seorang manajer penjualan memainkan peran penting dalam mendukung perusahaan sehingga mereka dapat menumbuhkan pasar perusahaan melalui penjualan yang inovatif dan strategi pemasaran yang terintegrasi. Jalur karier individu ini bisa menjadi Manajer Regional atau Direktur Area.

Perusahaan-perusahaan yang sudah berskala internasional sangat tergantung dan sangat membutuhkan manajer penjualan dan pemasaran internasional karena merupakan ujung tombak perusahaan dalam mengembangkan pasar internasional.

Tentu saja seorang manajer penjualan dan pemasaran internasional memiliki nilai yang sangat tinggi bagi perusahaan sehingga tingkat salary yang ditawarkan oleh perusahaan paling rendah dua digit, dan jika kinerjanya baik take home pay yang diterima bisa sampai tiga digit. Ini bisa dijadikan cita-cita bagi generasi milenial dalam era globalisasi ini.

Apa Pekerjaan Manajer Penjualan dan Pemasaran Internasional

Tugas dan tanggung jawab seorang manajer penjualan dan pemasaran internasional yaitu:

  1. Bertanggung jawab untuk membantu dalam perencanaan dan pelaksanaan pameran dagang internasional dengan mitra bisnis negara tuan rumah atau secara mandiri sesuai kebutuhan.
  2. Mengkoordinasikan dan mengelola aset, pengiriman pesan, iklan sebelum rapat, pembuatan prospek, program, makan malam, acara, dan semua rapat lainnya yang terkait dengan acara ini.
  3. Mengkoordinasikan perencanaan dan pelaksanaan lokakarya internasional dengan distributor negara tuan rumah atau secara mandiri sesuai kebutuhan.
  4. Mengkoordinasikan dan mengelola presentasi, iklan pra pertemuan, pembuatan lead, agenda, fasilitas, dan aktivitas lain dalam program ini.
  5. Bertanggung jawab untuk mengoordinasikan kunjungan mitra bisnis.
  6. Bertanggung jawab untuk mengoordinasi kunjungan internasional.
  7. Membantu mengidentifikasi potensi pasar global untuk menentukan permintaan akan produk dan layanan.
  8. Mengembangkan dan mengelola pertemuan mitra bisnis internasional dan semua pertemuan regional lainnya.
  9. Bertanggung jawab untuk membantu mengarahkan rencana pemasaran dan penjualan mitra bisnis.
  10. Mengkoordinasikan dan membantu dalam memenuhi permintaan dan persyaratan mitra bisnis termasuk laporan perkiraan triwulanan, rencana dan laporan pemasaran, serta persyaratan bisnis lainnya.

Tugas dan tanggung jawab tersebut membutuhkan keterampilan yang yang harus dipelajari secara khusus dan terstruktur disertai dengan praktik-praktik yang up to date. Keterampilan yang dibutuhkan agar bisa menjadi manajer penjualan dan pemasaran internasional yaitu:

  1. Sales Skill
  2. Marketing Skill
  3. Management Skill

Nah, masing-masing keterampilan tersebut masih terdiri dari beberapa kompetensi yang harus dipenuhi. Tidak mudah untuk memiliki kompetensi-kompetensi dimaksud jika kita tidak fokus untuk mempelajarinya.Di Indonesia masih langka lembaga pendidikan tinggi yang khusus menyiapkan sumber daya manusia untuk menjadi manajer penjualan dan pemasaran internasional.

Politeknik NSC Surabaya menerima tantangan itu dengan membuka program studi diploma IV (bachelor degree) manajemen pemasaran internasional yang akan menyiapkan sumber daya manusia Indonesia untuk menjadi manajer penjualan dan pemasaran internasional yang handal dan bernilai tinggi bagi perusahaan.

Kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan diajarkan dalam bentuk mata kuliah - mata kuliah dan akan diampu oleh dosen dan praktisi yang ahli dan berpengalaman dalam manajemen pemasaran internasional.

Mata kuliah - mata kuliah yang diajarkan diantaranya :

  1. Basic Selling and Communication Skill
  2. Computer for Business Application
  3. Customer Complain
  4. Internet, Web, and Design
  5. Integrated Marketing Communication
  6. Customer behavior
  7. Design Product and Packaging
  8. Sales Plan
  9. Cross Culture Management
  10. Export-Import
  11. Marketing Information System
  12. E-Marketing
  13. Supply Chain Management
  14. Customer Relationship Management (CRM)
  15. Marketing Workshop
  16. Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE)

dan masih banyak lagi.

Melihat materi kuliah yang diajarkan, kompetensi yang akan diperoleh, dan keterampilan yang akan didapat, bisa menjamin kita akan memiliki nilai yang sangat tinggi. Diharapkan ke depan, perusahaan-perusahaan berskala internasional akan memesan tenaga pemasaran internasional yang handal dari Politeknik NSC Surabaya. Saat ini Politeknik NSC Surabaya sedang menambah jalinan kerja sama dengan beberapa perusahaan multinasional dan internasional.

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,749,463

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp