Berita

Inovasi Alumni : Rancang Bangun Casing Komputer Small Form Factor Omcase-F4 Berdimensi SFX Menggunakan Bahan Dasar Akrilik

Rancang Bangun Casing Komputer Small Form Factor Omcase-F4 Berdimensi SFX Menggunakan Bahan Dasar Akrilik

Sesuai pedoman Tugas Akhir Politeknik NSC Surabaya, dapat dideskripsikan bahwa Tugas Akhir adalah suatu karya cipta atau karya tulis akhir kuliah Program Diploma III (D3) yang setingkat mata kuliah dengan beban 4 SKS. Tugas akhir tersebut dapat dilaksanakan oleh satu (I) atau beberapa mahasiswa baik dalam satu (I) prodi atau lintas prodi.

Tugas Akhir diharapkan juga dapat memberikan usulan-usulan ataupun alternatif perbaikan proses operasi. Hal lain yang diharapkan adalah Tugas Akhir dapat menjadi problem solving pengembangan proses operasi. Topik pembahasan dalam Tugas Akhir mahasiswa dapat dikelompokkan dalam:

  1. Desain dan Manufaktur
    Topik ini direalisasikan dengan mengembangkan cara berkerja yang profesioal pada mahasiswa dengan landasan berfikir dalam mengumpulkan, memilih, mengolah (analisis) secara sederhana, menyusun dan memutuskan, dalam sebuah dokumen detail yang siap untuk diterapkan. Kegiatan tersebut dapat didukung perangkat lunak yang sesuai dengan permasalahan terapan yang dihadapi.
     
  2. Kaji Analisis Terapan
    Kajian pada topik ini, lebih menitik beratkan pada identifikasi dan penentuan akar masalah serta pengidentifikasian faktor-faktor yang berkontribusi pada sebuah permasalahan. Kegiatan ini diakhiri dengan proses pembuatan dokumen hasil analisis terapan dalam bentuk laporan dan dokumen pendukung lainnya.

Era milineal sekarang ini mahasiswa dituntut untuk bisa berinovasi dalam sebuah karya yang dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya. Karya-karya yang kreatif dan inovatif dapat melatih dan mengeksplorasi kemampuan otak setiap mahasiswa yang menuntut ilmu di Perguruan Tinggi.

Salah satu lulusan program studi Teknologi Komputer Politeknik NSC Surabaya tahun 2017/2018 yaitu Fernando Hans Pratama berinovasi dalam Tugas Akhirnya dengan nama “Rancang Bangun Casing Komputer Small Form Factor Omcase-F4 Berdimensi SFX Menggunakan Bahan Dasar Akrilik”.

Pertumbuhan dan perkembangan teknologi kian hari kian maju dan cepat, sehingga mau tidak mau menuntut kita sebagai manusia untuk bekerja dan berkembang semakin cepat pula. Penggunaan sistem yang serba terkomputerisasi seringkali kita temui semakin pesat berkembang akhir-akhir ini. Tak lepas dari itu, kemudahan penggunaan teknologi adalah hal-hal yang digemari dan lebih dipilih oleh masyarakat di abad milenial ini dengan alasan karena lebih praktis dan simple. Sedangkan penggunaan komputer dengan performa memadai dan mudah dibawa, hampir dipastikan selalu bertentangan dengan rentang harga yang tinggi dan tidak terjangkau oleh sebagian kalangan yang memiliki budget terbatas untuk memiliki casing yang kecil dan hemat ruang, belum lagi casing komputer yang dalam stereotipe kebanyakan orang adalah barang yang berukuran besar dan berat.

Beberapa orang lebih memilih membeli laptop yang ringan dan bisa di bawa kemana saja dibandingkan desktop komputer personal yang besar dan tidak praktis jika ingin di pindah tempatkan. Namun tentu saja komponen laptop tidak bisa diupgrade seperti desktop PC yang dimana kita lebih diberi kemudahan untuk melakukan upgrade pada perangkat komputer kita.

Melalui “Rancang Bangun Casing Komputer “OMcase-F4” Berdimensi Mini ITX” diharapkan rancangan ini dapat memberi berbagai manfaat :

  1. Mengubah stereotipe bahwa harga PC Desktop selalu tinggi dan casing SFX selalu mahal.
  2. Menghemat tempat yang akan digunakan calon pengguna untuk meletakkan casing komputer.
  3. Memberikan kustomisasi yang dapat disesuaikan dengan pribadi dan kebutuhan calon  pengguna.

Perancangan gambar vector rancang bangun ini menggunakan aplikasi software “Corel Draw Graphic Suite X7” sebagai medianya. Bahan yang digunakan yaitu Full Akrilik ketebalan 4mm dan pengunci rangka Snap Lock dengan sistem PnP, sedangkan untuk spesifikasinya adalah Mini ITX Motherboard -GPU length up to 300mm, SFX Power Supply Only, GPU Riser Card Included, Low Profile HSF Supported, Clear Side Panel (Optional), Fully Customizable (Optional).

Rancang Bangun Casing Komputer Small Form Factor Omcase-F4 Berdimensi SFX Menggunakan Bahan Dasar Akrilik

Alasan alumni memilih untuk membuat rancang bangun ini adalah berawal dari hobi berkutat di bidang hardware, dan kepuasan pribadi dengan part-part komputer yg berukuran kecil, compact, dan hitech. Munculah keinginan untuk mewujudkan angan-angan memiliki custom case sendiri yang berukuran kecil, compact, tapi bisa dimasukkan komponen spesifikasi tinggi. Hasil karyanya ini masih dalam tahap prototype, dan tidak menutup kemungkinan akan dilakukan riset yang lebih dari yang sudah ada.

Berikut ini biodata sang perancang Casing Komputer Small Form Factor Omcase-F4 Berdimensi SFX Menggunakan Bahan Dasar Akrilik:

Rancang Bangun Casing Komputer Small Form Factor Omcase-F4 Berdimensi SFX Menggunakan Bahan Dasar Akrilik

Nama lengkap : Fernando Hans Pratama, A.Md.T
Bekerja di : PT. Andalan 21 Express
Posisi : IT
Jobdesc : Maintenance sistem, Monitoring jaringan, supervising instalasi jaringan.
Testimoni :
Pengalaman kuliah saya di NSC terasa sangat fun, seru, dan menyenangkan, karena para dosen di NSC adalah tenaga-tenaga terdidik dan kompeten di bidangnya, serta sangat menguasai materi yang akan diberikan kepada saya sebagai mahasiswa mereka. Jam kuliah juga sangat fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan jam kerja saya. Kawan-kawan dan pegawai di Politeknik NSC Surabaya juga asik dan seru. Saking asyiknya kuliah disini, tidak terasa kalau sekarang saya sudah menjadi alumni

 

Author:
Ni Nyoman Aditya Purbana Maharani, S.Sos., M.M.
Rancang Bangun Casing Komputer Small Form Factor Omcase-F4 Berdimensi SFX Menggunakan Bahan Dasar Akrilik

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,470,779

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp