Berita

Persiapan Menjawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja

Kesempatan yang senantiasa dinantikan oleh pelamar kerja adalah saat mendapatkan kesempatan untuk interview. Tetapi perlu diperhatikan bahwa bila saat itu tiba maka kita juga harus mempersiapkan diri untuk beberapa hal yang sekiranya akan kita lalui yaitu : kesiapan diri kita dalam menjawab pertanyaan saat di interview. Beberapa pertanyaan yang mungkin anda temui adalah mengenai : Latar Belakang Pribadi, Motivasi Kompetensi, Komitmen, Perencanaan Karier.

Contoh Pertanyaan :

  1. Latar belakang keluarga anda ?
  2. Aktifitas lain yang ditekuni ?
  3. Organisasi yang pernah ditekuni ?
  4. Pekerjaan yang diinginkan ?
  5. Mengapa ingin kerja ?
  6. Mengapa ingin bekerja di perusahaan kami ?
  7. Mengapa tidak memilih perusahaan lain yang sejenis ?
  8. Apakah bersedia di tempatkan di semua wilayah ?
  9. Gaji yang diinginkan ?
  10. Fasilitas apa yang anda inginkan ?
  11. Ketrampilan yang dimiliki ?
  12. Product Knowledge ?
  13. Coorporate knowledge ?
  14. Pimpinan yang diharapkan ?
  15. Kelebihan dan kelemahan utama anda ?
  16. Rencana study lanjutan / kursus / bidang apa ?
  17. Sasaran karier ?
  18. Mengapa kami harus menerima anda ?
  19. Hobby anda ?
  20. Relasi anda ?
  21. Sudah pernah kerja ?
  22. Kondisi pekerjaan terakhir ?
  23. Alasan terakhir ?
  24. Sebutkan kesenangan dan kesedihan pribadi yang pernah saudara peroleh ?
  25. Apa yang akan anda berikan kepada perusahaan jika diterima kerja ?
  26. Apa saudara punya kenalan / saudara di perusahaan ini ?

Memenuhi panggilan wawancara, berarti anda harus siap menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar wawancara. Walaupun wawancara kerja bukan peristiwa mendebarkan lagi dalam hidup anda, tetapi dalam menjawab pertanyaan seputar wawancara anda tetap perlu berhati-hati.

Strategi Menjawab Pertanyaan Wawancara :

1. Pasti dan Tegas
Tidak boleh diralat

2. Sistematis
Tidak ragu – ragu

3. Meyakinkan
Jangan sekali – sekali bilang mungkin, mudah – mudahan, saya coba, saya usahakan

4. Jangan Menyela
Sebelum pertanyaan selesai jangan menyela

5. Jangan Hanya Menjawab Ya atau Tidak
Tunjukkan kalau anda mampu dalam berkomunikasi

Persiapan Menjawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja

Contoh Pertanyaan Umum Yang Bisa diajukan Dalam Wawancara Beserta Petunjuk Jawabannya:

1. Apa yang menyebabkan anda tertarik pada pekerjaan baru ini
Jika anda dihadapkan pada pertanyaan seperti ini, dalam menjawabnya anda harus menunjukkan bahwa anda mengenal perusahaan ini dengan baik. Dan katakan bahwa anda membutuhkan tantangan seperti yang ada di perusahaan ini. Jangan lupa untuk menyakinkan pewawancara bahwa anda akan memberikan konstribusi yang berarti pada perusahaan jika kelak diterima.

2. Seberapa jauh anda mengenal perusahaan ini ?
Dalam menjawabnya, jabarkan pengetahuan anda tentang perusahaan, seperti tahun didirikan, produk dan jasa yang dihasilkan, prestasi dan reputasi perusahaan. Tetapi tentu saja tidak perlu melebih-lebihkan penjelasan anda. Jangan sampai anda memberikan penjelasan yang salah sehingga anda terkesan sok tahu tentang perusahaan.

3. Apa kelemahan dan kekuatan anda
Dalam menjawabnya, usahakan untuk menekankan kekuatan anda sesuai dengan uraian pekerjaan yang ditawarkan. Termasuk keahlian, ketrampilan dan karakter positif yang mendukung pekerjaan anda,  seperti tekun, percaya diri, mandiri, mudah beradaptasi, dll. Kemudian samarkan kelemahan anda dengan mengungkapkannya secara positif. Misalnya “Kalau Bekerja Saya Suka Lupa Waktu”.

4. Bagaimana anda menggambarkan diri anda 1 tahun mendatang ?
Gambarkan bahwa anda sangat bersemangat dalam meniti karir di perusahaan ini. Dan katakan  bahwa anda akan terus memberi konstribusi bagi kemajuan perusahaan. Bahkan bukan tidak mungkin kalau suatu saat nanti anda akan menjadi seseorang yang cukup diperhitungkan dalam perusahaan ini.

5. Kontribusi seperti apa yang akan anda berikan pada perusahaan ini ?
Katakan bahwa anda akan bekerja keras dengan mengerahkan segala kemampuan, keahlian, ketrampilan, dan kreativitas yang anda miliki pada perusahaan. Agar lebih menyakinkan, jelaskan apa saja yang telah anda capai di perusahaan anda saat ini berikut prestasi-prestasi yang telah anda raih. Tunjukkan bahwa anda memang sangat berharga dan perusaahaan manapun tidak akan menyesal mengajak anda bergabung.

6. Berapa gaji yang anda inginkan ?
Menjawab pertanyaan ini anda tidak boleh menyebutkan angkanya, itu dulu tapi saat ini diperlukan kebijakan untuk dapat menyebutkan angka yang diinginkan secara profesional. Jawablah dengan diplomatis dan bijaksana. Anda tidak boleh terkesan mencari gaji yang tinggi, sedang kemampuan anda dalam perusahaan atau kantor tempat anda bekerja belum tahu seberapa kemampuan anda. Mungkin akan lebih baik bila anda menjawabnya dengan kalimat “Saya rasa perusahaan nanti yang akan menilai sesuai dengan apa yang bisa saya berikan untuk perusahaan”. Bila harus menyebutkan angka paling tidak anda harus mengetahui seberapa besar kemampuan anda untuk dapat mengerjakan pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan Upah Minimun Regional (UMR) ini adalah dasar pokok anda untuk menjawab mengenai gaji yang diinginkan atau bisa dalam bentuk angka.

7. Fasilitas apa saja yang anda harapkan bila anda bekerja disini ?
Anda harus menjawabnya “itu kebijakan perusahaan, dan tentu saja sama dengan teman-teman lainnya”.

Persiapan Menjawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja

Kesimpulannya, anda harus menampilkan kualitas diri anda secara positif. Dan buatlah kesan yang sangat menarik bagi si pewawancara. Sehingga mereka akan berfikir seribu kali untuk menolak anda. Dan anda adalah kandidat pilihan yang diharapkan oleh perusahaan tersebut. “SUKSES UNTUK ANDA”.

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,470,678

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp