Berita

Dokumen Dalam Perjalanan Wisata

DOKUMEN DALAM PERJALANAN WISATA

Tema diatas diambil oleh penulis dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang imigrasi dalam perjalanan wisata berikut dokume-dokumen apa yang harus diperhatikan dan dipenuhi. Bagi mahasiswa khususnya program studi Perhotelan akan mendapatkan pengetahuan tambahan yang kemungkinan akan dijumpai pada saat bekerja di hotel ketika tamu membutuhkan dokumen-dokumen yang diperlukan pada saat akan melakukan perjalanan ke luar negeri.

Dalam mematuhi aturan keimigrasian, wisatawan harus memperlengkapi diri dengan dokumen perjalanan (terutama wisatawan yang melakukan lintas batas wilayah suatu negara). Pengertian dokume perjalanaan adalah dokumen identitas yang diterbitkan oleh pemerintah atau organisasi untuk memfasilitasi seseorang dalam melakukan perjalanan lintas batas negara atau pariwisata internasional. Dokumen perjalanan digunakan untuk memastikan pemerintah negara tujuan wisata bahwa pemegang identitas tersebut aan kembali ke negara asalnya.

Dokumen-dokumen utama perjalanan, yaitu :

  1. Paspor, adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwewenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar bangsa. Paspor diperlukan untuk perjalanan intrnasional karena harus ditunjukkan ketika memasuki perbatasan suatu negara kemudian di beri cap (stempel) atau segel dengan visa yng dilakukan oleh petugas negara tempat kedatangan.
    Jenis-jenis paspor, meliputi :
    1. Paspor biasa (umum), biasanya untuk perjalanan regular termasuk berwisata, dan pemegang paspor jenis ini tidak mendapatkan kemudahan perlakuan dan harus membayar fiscal (bagi yang tidak memiliki Nomor Pemegang Wajib Pajak).
      DOKUMEN DALAM PERJALANAN WISATA
    2. Paspor diplomatic, diterbitkan guna mengidentifikasi sebagai perwakilan diplomatic dari negara asal, dan menikmati beberapa kemudahan perlakuan dan kekebalan di negara tempat bertugas. Passpor ini bersampul warna hitam dengan lambang burung garuda sehingga paspor diplomatic sering disebut paspor hitam.
      DOKUMEN DALAM PERJALANAN WISATA
    3. Paspor dinas (resmi), diterbitkan untuk kalangan teknika dan petuas administrasi dari suatu misi diplomatic seperti kedutaan dan konsulat atau pegawai negeri atau pemerintah yang betugas ke luar negeri. Paspor ini bersampul warna biru dengan burung garuda dan basa disebut paspor biru.
      DOKUMEN DALAM PERJALANAN WISATA
    4. Paspor orang asing, adalah paspor yang diberikan kepada seseorang yang bukan warga negaranya. Syarat dan ketentuan diatur oleh masing-masing negara.
    5. Paspor haji, diterbitkan khusus untuk para jamaah yang menunaikan ibadah haji pada musim haji. Tidak mendapatkan kemudahan dan wajib membayar fiscal. Paspor ini berwarna coklat dengan lambang Burung Garuda sehingga disebut paspor coklat.
      DOKUMEN DALAM PERJALANAN WISATA
    6. Paspor kelompok, diberikan untuk, misalnya kelompok perjalanan anak liburab sekolah. Semua anak dalam perjalanan cukup memiiki sebuah paspor kelompok selama perjalanan liburan itu berlangsung.
    7. Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP), adalah surat perjalanan Republik Indonesia yang dikeluarkan oleh Perwakilan RI (KBRI atau KJRI atau KRI) di luar negeri karena paspor hilang. SPLP memiliki masa berlaku lebih pendek daripada paspor.
    8. Paspor biometric, jenis paspor yang memiliki data biometric sebagai salah satu unsur pengaman paspor. Paspor jenis ini telah digunakan di beberapa negara, antara lain Malaysia, Amerika Serikat, Australia, Inggris, Jepang, Selandia Baru, dan Swedia.
       
  2. Visa dan ijin Keimigrasian
    Visa adalah dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah negara memberikan seseorang ijin untuk masuk ke negara tersebut dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu. Ijin Keimigrasian adalah bentuk lain dari visa yang diberikan untuk orang-orang yang memasuki wilayah suatu negara untuk jangka waktu tinggal yang relative lama tetapi tidak untuk menjadi warga negara tujuan.
    DOKUMEN DALAM PERJALANAN WISATA
     
  3. Tiket Perjalanan Wisata,
    Perjalanan wisata dapat dilakukan dengan menggunakan alat transportasi darat, laut, dan udara.Angkutan darat, laut, dan udara komersil menjual tiket. Tiket perjalanan adalah dokumen yang dibuat oleh perusahaan angkutan perjalanan baik penerbangan, bis, kereta api maupun kapal laut untuk menyatakan bahwa seseorang telah membeli kursi di angkutan.
    DOKUMEN DALAM PERJALANAN WISATA
    DOKUMEN DALAM PERJALANAN WISATA
    DOKUMEN DALAM PERJALANAN WISATA
    DOKUMEN DALAM PERJALANAN WISATA
     
  4. Kartu embarkasi dan debarkasi
    Embarkasi adalah tindakan penumpang (termasuk awak pesawat dan kapal) untuk naik keatas pesawat atau kapal untuk melakukan perjalanan lintas negara. Kartu embarkasi mencantunkan identitaas penumpang, tujuan kunjungan, negara, dan lama tinggal.Debarkasi adalah kegiatan penumpang (termasuk awak pesawat dan kapal) untuk turun dari pesawat atau kapal yang telah tiba di wilayah negara tujuan.

Sumber : Ismayanti, Pengantar Ilmu Pariwisata, 2010, Kompas Gramedia, Jakarta

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,466,665

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp