Berita

Pengaturan Display Produk Untuk Menarik Minat Konsumen

Pengaturan Display Produk Untuk Menarik Minat Konsumen
Sumber gambar : Arsindociptakaras.com

Saat ini banyak sekali kita jumpai beberapa toko dengan konsep klasik maupun modern. Dengan adanya kemajuan teknologi secara tidak langsung mampu merubah lifestyle seseorang mengikuti perkembangan yang modern. Semua orang tidak ada yang bisa lepas dengan keberadaan sosial media dalam setiap aktivitas mereka. Dengan adanya social media maka masyarakat tidak hanya sekedar membutuhkan barang yang mereka inginkan, namun ada tututan akan display tempat dimana mereka membeli produk tersebut.

Meskipun saat ini bisa kita lihat telah terjadi pergeseran minat para masyarakat, tidak hanya membeli produk saja, namun mereka akan memposting tempat dimana mereka membeli barang tersebut. Untuk itu kita bisa melihat  penjual toko pakaian  yang menata produk dengan display yang menarik bukan karena model pakaiannya namun juga harus menyediakan tempat yang nyaman dan menarik. Hal ini juga menjadi kebutuhan bagi bisnis kuliner, hal yang dibutuhkan konsumen tidak hanya makanan yang enak dan harga yang murah namun juga desain tempat penjualannya pun juga menjadi salah satu alasan konsumen untuk datang tempat tersebut.

Pengaturan tata ruang toko merupakan persyaratan yang penting, meskipun hal tersebut masuk dalam kategori pelayanan tidak langsung. Ruang toko yang menarik akan membuat pengunjung toko merasa betah dan senang berada di dalam toko. Dengan demikian kemungkinan untuk berbelanja semakin besar. Berikut ini beberapa indikator dalam merancang display tok yang baik menurut Sopiah & Etta Mamang Sangadji dalam Bukunya Salesmanship tahun 2016 yang menjelaskan :

  1. Mendesain toko harus sesuai dengan image dan strategi toko yang ingin dibangun
  2. Mendesain toko ditujukan sebagai suatu upaya untuk mmpengaruhi perilaku konsumen secara positif
  3. Mendesain toko harus mempertimbangkan sumber daya ( uang, pengetahuan, dan waktu) yang dimiliki perusahaan.
  4. Mendesain toko harus flexible.

 

Pengaturan Display Produk Untuk Menarik Minat Konsumen
Sumber gambar : Arsindociptakaras.com

Dalam penataan desain juga harus bisa memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Barang-barang hendaknya dikelompokkan  menurut jenisnya.
  2. Setiap kelompok barang hendaknya diberi lokasi ruang (space) yang sesuai dengan banyak sedikitnya kelompok barang.
  3. Untuk barang-barang yang mahal ( ada kemungkinan mudah dicuri) harus ditempatkan di tempat khusus dengan pengamanan lebih seperti penutup berkunci, sehingga penjualannya harus melalui pelayanan khusus.

 

Pengaturan Display Produk Untuk Menarik Minat Konsumen
Sumber gambar : Arsindociptakaras.com

Penataan display layout toko menjadi hal penting yang tidak bisa kita pandang sebelah mata. Selain untuk menjadi salah satu bentuk pelayanan tidak langsung, desain toko juga bisa menjadi salah satu media yang membantu pemasaran produk kita melalui pelanggan kita. Banyak pembeli yang pada saat mmebeli memotret produk kita lalu mempostingnya di media social. Hal ini tentu dapat menjadi salah satu peluang promosi bagi pemasaran produk dan toko kita. Adapun persyaratan yang harus dipenui dalam menentukan layout Display suatu barang yaitu :

  1. Mudah dilihat.
    Setiap produk harus dapat dengan mudah memberi informasi langsung kepada pembeli hanya dengan melihatnya. Dengan memperlihatkan model, merek, jenis, ukuran, dan menghadap ke depan. Sehingga konsumen dapat dengan mudah melihat dan tertarik dengan produk yang kita tampilkan.
     
  2. Mudah Dicari
    Pentingnya pengelompokan produk adalah supaya pembeli dapat dengan mudah menemukan barang yang mereka inginkan. Konsumen dapat menemukan produk yang mereka ingikan dengan mudah bahkan bisa membandingkan antar jenis produk yang ada.
     
  3. Mudah Diambil
    Pembeli akan merasa puas jika dapat secara langsung menyetuh prduk yang diinginkan. Dengan memberikan kemudahan pengambilan produk maka konsumen akan dapat mengambil dan memilih produk tanpa terlebih dahulu meminta bantuan pelayan toko. Tentu saja hal ini dapat memberikan efisiensi jumlah pegawai toko bagi keuangan pemilik usaha.
     
  4. Menarik
    Penempatan barang harus disesuaikan dengan pengelompokkan jenis produk. Kombinasi desain ukuran,model, gambar, ukuran dan warna akan sangat menarik jika memiliki desain yang bagus. Dengan adanya desain yang menarik akan mampu membuat kosumen tertarik membeli produk kita.
     
  5. Penerangan
    Penerangan toko yang baik akan memberi dampak terhadap kualitas produk yang ingin dibeli. Dengan adanya penerangan yang baik maka akan memperjelas kualitas produk yang ingin pelanggan kita beli.
     
  6. Aman
    Hal terpenting dalam desain diplaytoko adalah keamanan produk yang kita jual. Semua produk harus benar-benar aman dan tidak membahayakan bagi pembeli maupun penjual dalam mendisplay produknya.

Diantara persyaratan diatas tentunya masih banyak sekali hal-hal yang dapat menunjang display toko anda supaya lebih menarik. Konsumen saat ini tidak hanya membutuhkan pemenuhan terhadap barang yang mereka inginkan. Namun hal yang dulunya masuk dalam kategori pelayanan tidak langsung saat ini menjadi salah satu persyaratan untuk bisa menarik konsumen. Dengan konsumen merasa nyaman berbelanja di toko kita, maka akan timbul loyalitas pelanggan yang membuat pelanggan terus memilih toko kita sebagai tempat memenuhi kebutuhan mereka. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dalam mendisplay produk-produk di toko anda. Terima kasih
 

Sumber :
Sopiah & Etta Mamang. 2016. Salesmanship ( Kepenjualan ). Malang : Bumi Aksara.
http://arsindociptakarya.com/desain-interior-butik-menarik-yang-terang/
http://ilmu-ekonomi-id.com/

 

 

 

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,468,513

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp