Berita

Prospek Pekerjaan Untuk Lulusan Pariwisata Di Tahun 2019

Prospek Pekerjaan untuk Lulusan Pariwisata di tahun 2019

Peluang dan prospek kerja lulusan pariwisata tentu sangat terbuka lebar tentunya dengan gaji dan tunjangan atau insentif yang sangat menjanjikan. Dunia Perhotelan dan Pariwisata akan terus mengalami perkembangan yang signifikan. Dilansir dari detik.com, industri pariwisata Indonesia akan menjadi sumber devisa negara sehingga pembangunan nasional semakin maju.

Pada tahun 2016, pariwisata indonesia penyumbang kedua sumber devisa negara sebesar US$ 13,568 miliar setelah CPO yang menyumbangkan devisa sebesar US$ 15,965 miliar. Kemudian menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, diperkirakan pariwisata akan menjadi penyumbang terbesar negara Indonesia di tahun 2019 mendatang.

Maka hal tersebut akan menjadi peluang bagi lulusan pariwisata semakin dibutuhkan oleh berbagai macam industri wisata dan pemerintah.

Tidak heran sekarang ini, jurusan pariwisata menjadi terbuka lebar untuk para mahasiswa. Berikut ini merupakan daftar peluang dan prospek kerja lulusan pariwisata yang harus diketahui yaitu :

1. Pengelola Tempat Wisata

2. Travel Blogger

3. Tour Guide

4. Wedding Organizer

5. Industri Makanan dan Minuman

6. Konsultan Pariwisata

7. Industri Penerbangan

8. Dosen Pariwisata

9. Perhotelan

10. Pemerintahan

11. Youtuber

12. Pengusaha

13. Pelayaran

14. Manajemen Restoran

15. Penyelenggara Konser, Festival, dan Pameran

 

Ada banyak sekali tempat kuliah jurusan perhotelan dan pariwisata baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Salah satunya Politeknik NSC Surabaya yang mempunyai program studi D3 Perhotelan.

Kompetensi Lulusan D3 Program Studi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya adalah

  1. Sikap dan perilaku seorang insane perhotelan yang professional sehingga memiliki etos kerja dan disiplin yang tinggi.
  2. Wawasan dan ketajaman visi dan misi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya bidang perhotelan seperti komputerisasi.
  3. Pengetahuan dan kemmapuan di bidang perhotelan seperti teori dan praktik F&B Service, F&B Production, Front Office, Housekeeping, Bar&Pastry dalam pengembangan serta penerapannya.

Prospek Pekerjaan untuk Lulusan Pariwisata di tahun 2019Prospek Pekerjaan untuk Lulusan Pariwisata di tahun 2019

Dengan memilih program studi perhotelan tersebut yang mempunyai kompetensi lulusan dapat memiliki peluang dan prospek kerja yang sangat bagus di dunia pariwisata.

Dan perlu diketahui dilansir dari Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu usaha mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun depan, Kementerian Pariwisata akan lebih fokus menggarap segmen pasar dari generasi milenial. Pasalnya, sebanyak 50 persen wisman yang datang ke Indonesia berasal dari generasi milenial. "Kami harus berterus terang, kami baru mulai fokus menggarap generasi milenial ini. Negara lain juga baru, jadi jangan khawatir," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya di sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia IV di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta (11/2).

Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani juga menangkap potensi dari generasi milenial. Sehingga, bisnis akomodasi melakukan penyesuaian untuk bisa menangkap selera mereka. Hariyadi mencermati turis milenial merupakan generasi yang tidak bisa lepas dari internet. Untuk itu, setiap hotel dan penginapan kini telah dilengkapi dengan layanan WiFi gratis. "WiFi  yang memiliki sinyal yang kuat harus ada," ujar Hariyadi.

Jadi dari hal tersebut diatas jelas adanya bahwa lulusan Diploma 3 program Studi Perhotelan mempunyai peluang dan prospek kerja yang besar dan sangat menjanjikan buat para lulusan perhotelan dan pariwisata.

 

Sumber :

1. https://kampusaja.com/
2. https://cnnindonesia.com/

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,443,260

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp