Berita

Pengertian Dan Hubungan Antara Administrasi, Organisasi Dan Manajemen.

Pengertian Dan Hubungan Antara Administrasi, Organisasi Dan Manajemen.

A. Pengertian Administrasi

Administrasi berasal dari kata Ad dan Ministrare yang dapat disamakan dengan asal kata To dan Serve yang artinya melayani. Dengan demikian pengertian administrasi dapat terbagi dalam:

  1. Administrasi dalam arti Institusionil, yang mana administrasi dimaksudkan sebagai keseluruhan orang/kelompok orang-orang yang sebagai suatu kesatuan menjalankan proses kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan bersama
  2. Administrasi dalam arti fungsionil, yang dimaksud dengan fungsionil ialah segala kegiatan dan tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan (termasuk juga didalamnya tindakan untuk menentukan tujuan itu sendiri, atau dengan kata lain bersifat melihat kedepan, artinya melihat kepada pencapaian tujuan pada masa yang akan datang.
  3. Administrasi sebagai proses, sebagai proses administrasi berarti keseluruhan proses yang berupa kegiatan-kegiatan, pemikiran-pemikiran, pengaturan-pengaturan sejak dari penentuan tujuan sampai penyelenggaraan sehingga tercapainya suatu tujuan.

Dengan demikian dapat disimpulkan pengertian administrasi merupakan segenap proses penyelenggaraan kegiatan tata usaha yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dalam kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Agar suatu administrasi dalam suatu organisasi dapat berjalan dengan tertib dan lancar, perlunya memperhatikan faktor-faktor dalam administrasi, yaitu:

  1. Sekelompok orang
  2. Kerjasama
  3. Tujuan tertentu

 

B. Unsur-Unsur Administrasi , Organisasi, dan Manajemen

1. Unsur-Unsur Administrasi

  1. Pengorganisasian (Organizing)
  2. Manajemen (Management)
  3. Kepegawaian (Personalia)
  4. Relationship/Communication
  5. Keuangan (Finansial)
  6. Perbekalan (Logistic)
  7. Ketatausahaan (Recording)
  8. Hubungan Masyarakat (Public Relation)

 

2. Unsur-Unsur Organisasi

Istilah organisasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “organon” atau dalam bahasa Latin “organum” yang berarti alat, bagian, anggota, atau badan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) organisasi adalah kesatuan (susunan) yangterdiri atas bagian-bagian (orang) dalam perkumpulan untuk mencapai tujuan tertentu; kelompok kerja sama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama. Ada tujuh unsur organisasi yang harus diketahui, yaitu sebagai berikut :

  1. Manusia (Men)
  2. Sasaran (Goal)
  3. Tempat Kedudukan (Place)
  4. Pekerjaan (Job)
  5. Teknologi (Technology)
  6. Struktur (Structure)
  7. Lingkungan (Environment)

 

3. Manajemen

George R. Terry menyatakan bahwa manajemen perkantoran dapat diartikan sebagai perencanaan, pengawasan dan pengorganisasian pekerjaan kantor serta menggerakkan mereka yang melaksanakan pekerjaan kantor tersebut untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu. Unsur manajemen itu lebih dikenal dengan istilah “The Six M in Management”.  Keenam unsur “M” tersebut mutlak diperlukan dalam manajemen. Keenam unsur tersebut adalah sebagai berikut :

* Sarana Fisik, terdiri dari : 1. Material
2. Machines
3. Money
* Sarana Non Fisik, meliputi : 4. Methods
5. Market
* Sumber daya manusia, yaitu : 6. Men

 

C. Hubungan antara Administrasi, Manajemen, dan Organisasi

Dari ketiga pengertian administrasi, organisasi, dan manajemen dapat ditarik kesimpulan bahwa:

Administrasi mempunyai arti yang lebih luas daripada manajemen. Administrasi, sesuai dengan prosesnya ialah menentukan tujuan dan kebijaksanaan, sedangkan organisasi sebagai wadah untuk mencapai tujuan. Adapun manajemen merupakan pelaksanaannya yang satu sama lainnya saling berhubungan dan saling berkaitan sehingga tujuan dapat tercapai. Administrasi terdiri dari organisasi dan manajemen, sedangkan inti manajemen adalah kepemimpinan, sesuai dengan tingkat-tingkatnya, maka kemampuan manajemen (managerial skill) meliputi kemampuan konsepsional, kemampuan melakukan hubungan dengan manusia yang lain (human skill), dan kemampuan teknis (tecnical skill).

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,327,385

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp