Berita

PENTINGNYA KEAHLIAN MANAJERIAL DI ERA REVOLUSI INDUTRY 4.0

PENTINGNYA KEAHLIAN MANAJERIAL DI ERA REVOLUSI INDUTRY 4.0

Di Indonesia saat ini sudah dihadapkan dengan adanya revolusi industry 4.0. Hampir seluruh perusahaan saat ini sudah mulai memasuki babak baru dengan kehadiran Revolusi Industry 4.0 ditahun ini.

Dalam dunia pendidikan banyak perguruan tinngi yang dituntut untuk bisa menghasilkan para lulusan yang siap bekerja, tidak hanya untuk level low management tetapi juga harus siap berkarier di level midle hingga top management.

Dalam hal ini para lulusan perguruan tinggi diharapkan harus memiliki keahlian tidak hanya dalam satu bidang saja, akan tetapi harus memiliki keahlian di berbagai bidang. Para lulusan perguruan tinggi akan menjadi para pemimpin masa depan yang harus siap dengan kemampuan manajerialnya dimasa depan.

Yang menjadi pertanyaan kita saat ini, seberapa siapkan para lulusan untuk bisa memiliki keahlian manajerial dalam ruang lingkup pekerjaannya yang dimulai dari level bawah?

Jika kita mengetahui keahlian manajerial merupakan keahlian yang dimiliki oleh setiap orang yang memiliki askes untuk meningkatkan produksi sebuah usaha agar dapat terus berjalan dan berkembang. Selain itu keahlian tersebut juga dapat mempertahankan konsistensi suatu perusahaan yang dipimpin berdasarkan pengalaman dan skill yang dimiliki.

PENTINGNYA KEAHLIAN MANAJERIAL DI ERA REVOLUSI INDUTRY 4.0

Adapun keahlian manajerial yang harus dimiliki meliputi :

  1. Keahlian Teknikal (Technical Skill). Kemampuan memahami jenis-jenis pekerjaan yang dikelola mulai dari rutinitas harian hingga rangkaian kegiatan yang harus dilakukan dalam upaya mencapai target yang telah di tetapkan.
  2. Keahlian Interpersonal ( Interpersonal Skill). Keahlian ini berkaitan dengan mengarahkan dan mengontrol agar orang—orang yang ada di dalam perusahaan bertindak untuk mencapai tujuan perusahaan. Untuk mensosialisasikan visi, misi hingga program perusahaan dibutuhkan keahlian untuk bisa berkomunikasi dengan berbagai orang yang terlibat dalam perusahaan. Keberhasilan dalam mengarahkan karyawan merupakan salah satu kunci keberhasilan kepemimpinan manajer.
  3. Keahlian Konseptual (Conseptual Skill). Keahlian konseptual adalah keahlian untuk berpikir abstrak, menganalisis, dan mendiagnosis dan mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan keadaan yang terjadi. Serta keahlian ini merupakan Kemampuan untuk memahami (analisis) hubungan yang terdapat diantara berbagai pekerjaan dalam sebuah perusahaan.
  4. Keahlian Pengambilan Keputusan (Decision Making Skill), Keahlian dalam mengambil keputusan menggunakan informasi yang ada untuk menentukan alokasi sumber daya. Beberapa tahapan dalam pengambilan keputusan meliputi :
    • Mendefinisikan masalah, mengumpulkan fakta, dan mengidentifikasi berbagai alternatif solusi dari berbagai masalah yang mungkin akan dihadapi oleh perusahaan.
    • Mengevaluasi berbagai alternatif yang ada, melihat kelebihan dan kekurangan setiap solusi yang ada, serta memilih alternatif yang terbaik dengan mempertimbangkan kondisi yang harus dihadapi.
    • Mengimplementasikan pilihan yang telah dibuat ke dalam suatu perencanaan, secara berkala melakukan kontrol terhadap pelaksanaan, dan mengevaluasi apakah pilihan yang telah diambil sudah benar-benar tepat
  5. Keahlian Mengatur Waktu (Time Management Skill). Keahlian ini berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk mengalokasikan waktunya dengan cara yang paling efektif. Kemampuan perencanaan waktu ini menentukan bagaimana mengatur agar semua perencanaan dapat dijalankan sesuai dengan rencana awal. Adapun beberapa hal yang harus dilakukan dalam pengelolaan waktu seperti :
    • Menyusun Prioritas yang tepat.
    • Menjadwalkan interval waktu yang panjang untuk pekerjaan-pekerjaan penting.
    • Meminimalisasi Gangguan.
    • Membuat tujuan-tujuan jangka pendek.
    • Mendelegasikan sebagian pekerjaan kepada karyawan.

PENTINGNYA KEAHLIAN MANAJERIAL DI ERA REVOLUSI INDUTRY 4.0

Di era revolusi industry 4.0 saat ini berbagai macam pekerjaan teknis pada level low management telah banyak tergeser akibat kemajuan teknologi yang semakin cepat. Oleh karena itu sebagai mahasiswa lulusan perguruan tinggi akan memiliki tantangan tersendiri dalam menghadapi persaingan dunia kerja.

Bisa jadi ini menjadi suatu tantangan atau bahkan bisa menjadi peluang bagi para lulusan perguruan tinggi untuk bisa lebih cepat mencapai jabatan lebih tinggi di level midle hingga top management. Untuk itu keahlian manajerial setiap lulusan perguruan tinggi harus dimiliki agar lulusan bisa memiliki jenjang karier yang lebih baik dimasa depan.

PENTINGNYA KEAHLIAN MANAJERIAL DI ERA REVOLUSI INDUTRY 4.0

 

Author

 

By Nina Triolita, S.E.,M.M.

 

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,419,320

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp