Berita

Pengabdian Masyarakat “Pelatihan Masyarakat Produktif Kawasan Terpadu”, Bersama Kementrian Ketenagakerjaan RI Wonosalam, Jombang Jawa Timur

Sebagai wujud pengamalan tridharma perguruan tinggi Politeknik NSC Surabaya yang bekerjasama dengan Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia memberikan pelatihan kepada masyarakat mengenai Pelatihan Masyarakat Produktif dengan Pengolahan Limbah Kulit Buah Manggis dan Pemanfaatan Buah Salak di Wonosalam Jombang Jawa Timur dari tanggal 11 Desember – 13 Desember 2018.

Pengabdian Masyarakat Pelatihan Masyarakat Produktif Kawasan Terpadu, Bersama Kementrian Ketenagakerjaan  RI Wonosalam, Jombang Jawa Timur Pengabdian Masyarakat Pelatihan Masyarakat Produktif Kawasan Terpadu, Bersama Kementrian Ketenagakerjaan  RI Wonosalam, Jombang Jawa Timur

Buah manggis dan salak merupakan hasil utama dari daerah Wonosalam Jombang Jawa Timur, untuk itu potensi ini harus digarap dengan baik sehingga menghasilkan produk yang kompetitif dan siap jual di pasaran. Biji salak dan kulit manggis diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan produk makanan yang meiliki nilai jual dan sebagai pendorong masyarakat untuk menggerakkan roda perekonomian.

Berawal dari tidak dipakainya isi buah salak yang dibuang dan tidak dimanfaatkan dan kulit buah manggis yang tidak terpakai, untuk itu Politeknik NSC Surabaya memanfaatkan potensi itu untuk membuat produk olahan dari kulit buah manggis yang kaya oksidan tinggi dibuat menjadi Bolu Kulit Manggis,Sirup Manggis, Selai Manggis, Mie Kulit Manggis. Biji salak juga bisa dibuat menjadi Kopi Biji Salak,Risoles Salak, Selai Salak, Pancake Salak sebagai alternatif olahan dari biji buah salak.

Materi hari pertama mengenai Manajemen Pemasaran disampaikan oleh Dosen Administrasi Bisnis Bapak M.Saifuddin, S.Pd., M.SM, diharapkan dari materi ini peserta bisa memasarkan potensi yang ada di daerahnya ke masyarakat luas. Materi pengolahan produk buah manggis dan biji buah salak disampaikan oleh Dosen Perhotelan Mafisa Restami, S.Pd., M.Pd dan Kristian Triatmaja Rahardja, S.Pd., M.Kes.

Pengabdian Masyarakat Pelatihan Masyarakat Produktif Kawasan Terpadu, Bersama Kementrian Ketenagakerjaan  RI Wonosalam, Jombang Jawa Timur Pengabdian Masyarakat Pelatihan Masyarakat Produktif Kawasan Terpadu, Bersama Kementrian Ketenagakerjaan  RI Wonosalam, Jombang Jawa Timur

Dengan dibantu mahasiswa Jurusan Perhotelan Politeknik NSC Surabaya memberikan paparan dan praktek langsung kepada peserta pelatihan mengenai cara pembuatan produk tersebut. Peserta sangat antusias dalam mengikuti praktek langsung pengolahan produk ini. 

Pengabdian Masyarakat Pelatihan Masyarakat Produktif Kawasan Terpadu, Bersama Kementrian Ketenagakerjaan  RI Wonosalam, Jombang Jawa Timur Pengabdian Masyarakat Pelatihan Masyarakat Produktif Kawasan Terpadu, Bersama Kementrian Ketenagakerjaan  RI Wonosalam, Jombang Jawa Timur Pengabdian Masyarakat Pelatihan Masyarakat Produktif Kawasan Terpadu, Bersama Kementrian Ketenagakerjaan  RI Wonosalam, Jombang Jawa Timur

Dengan melaksanakan pengabdian masyarakat diharapkan dapat menemukan permasalahan yang terjadi di masyarakat dan dapat menjadi sebuah program penelitian dan hasil penelitian akan menjadi solusi yang bermanfaat besar bagi masyarakat.

Semoga hasil pemikiran dari Dosen dan Mahasiswa Politeknik NSC Surabaya dapat membantu masyarakat Wonosalam dalam maenggerakkan perekonomiannya dengan dukungan dari Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Untuk itu kerjasama yang telah terjalin agar terus dapat ditingkatkan di masa yang akan datang. 

 

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,290,975

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp