Berita

ADMINISTRASI PROFESIONAL DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 SAAT INI

ADMINISTRASI PROFESIONAL DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 SAAT INI

Pekerjaan yang menyangkut administrasi atau clerk bukan jenis pekerjaan banyak orang. Pekerjaan ini sangat sesuai bagi anda yang suka kerapian, mengatur dan mengorganisir kegiatan, serta tidak keberatan untuk menghabiskan waktu dengan berbagai detail laporan kerja. Ada beberapa keuntungan yang anda dapat jika bekerja sebagai staf administrasi profesional. Salah satunya, anda akan mengenal banyak orang termasuk pimpinan- pimpinan yang pastinya akan anda cari saat butuh tanda tangannya persetujuan.

Kemampuan dasar komunikasi, kecepatan dalam mengetik dan menyiapkan data adalah hal utama  yang perlu dimiliki calon staf administrasi profesional. Meskipun tampak sederhana, namun fungsi dan tanggung jawab kerja staf administrasi profesional termasuk vital dalam perusahaan apa pun. Di kantor kecil dengan anggota tim 10-14 orang, biasanya tugas staf administrasi sebatas memastikan jadwal atasan dan mobilitas supir kantor bisa tertata, termasuk  keluar masuknya uang kantor. Nah, beda lagi kalau anda bekerja sebagai staf administrasi profesional di perusahaan besar atau semacam kantor konsultan.

Ada beberapa deskripsi kerja utama staf administrasi profesional, tanpa memandang jenis apa pun perusahaannya.

  1. Koordinasi dengan staf administrasi profesional profesional/sekretaris divisi lain jika ada meeting gabungan atau kegiatan lainnya
  2. Mengumpulkan dan menyusun dokumen
  3. Menyiapkan tiket dan akomodasi untuk kegiatan kerja atau kunjungan luar kantor
  4. Memastikan persediaan alat tulis kantor
  5. Memanipulasi data statistik, untuk poin ini biasanya memang harus dilakukan kalau ada tuntutan dari atasan atau situasi yang mendesak.

Tanggung jawab staf admnistrasi tidak sesederhana yang dibayangkan, misalnya ketika harus mengerjakan surat maka harus dipastikan semua ejaan yang ada di surat tersebut sudah tepat. Detail seperti gelar dan nama orang juga perlu diperhatikan supaya tidak ada yang sampai menyinggung atau membuat anda sebagai staf administrasi profesional mendapat teguran dari para pimpinan.
Secara umum, dapat dibilang deskripsi kerja staf administrasi profesional profesional adalah memastikan segala sesuatu berjalan sesuai jadwal dan terkoordinasi baik ke atas (level manajerial) ataupun ke bawah (staf blue-collar).

staf administrasi profesional  yang baik akan selalu mempersiapkan segala kemungkinan yang bisa terjadi termasuk skenario untuk situasi yang tidak terduga. Jadwal atasan sepenuhnya harus dikuasai staf administrasi profesional  atau sekretaris, jika perusahaan sudah berbasis sistem online maka semua jadwal akan masuk ke kalendar elektronik tiap orang. Termasuk pimpinan-pimpinan akan dapat mengakses jadwalnya sendiri, tapi jika mereka punya staf administrasi profesional atau sekretaris maka para atasan hanyamenunggu informasi dari stafnya.

Kemudian apa tantangan dalam hal ini ?. Tantangannya adalah anda harus memiliki  time manajemen  yang baik  untuk diri sendiri supaya dapat ‘mengatur’ orang lain dengan baik juga.

staf administrasi profesional yang baik juga harus punya kemampuan multitasking, karena semua jadwal dan urusan pimpinan biasanya akan jatuh ke staf administrasi profesional atau sekretarisnya. Sekilas memang akan susah, karena posisi kerja sebagai staf administrasi profesional atau sekretaris tapi semua pekerjaan pimpinan juga anda yang mengerjakan, atau setidaknya akan sampai dulu ke tangan anda sebelum dilimpahkan ke pihak selanjutnya.

Pekerjaan apa saja yang anda tekuni tentu diharapkan bisa menambah skill anda untuk kemajuan karier di hari depan, termasuk sebagai staf administrasi profesional . Meskipun sulit dan kadang dipandang tidak bergengsi, tapi harus tetap ada hal positif untuk karier selanjutnya  yang anda bawa. Kemampuan membuat dan membawakan presentasi dengan detil yang banyak adalah salah  satu modal yang harus anda gali lebih banyak lagi selama ada kesempatan belajar.

Imej yang bisa diandalkan dan dipercaya oleh atasan juga perlu anda bangun dan terus dikembangkan dalam berbagai momen supaya anda berkesan dan membuat rekomendasi terus berjalan lancar. Bisa saja calon pimpinan atau perusahaan baru yang anda tuju masih kenal dengan mantan pimpinan anda di  kantor lama, apalagi jika sektornya masih sejenis pasti akan mudah mendapat info tentang kinerja anda sebelumnya. Satu lagi skill yang akan sangat berkembang jika anda bekerja sebagai staf administrasi profesional adalah kemauan untuk melayani orang lain yang akan  memperluas jaringan kerja anda di tahun-tahun selanjutnya

staf administrasi profesional di Indonesia tergolong jenis pekerjaan level bawah dan menengah, Gaji yang didapat skitar UMR dan beberapa sudah di atas UMR masing- masing kota. Gaji staf administrasi profesional  perusahaan multinational dengan sekretaris di kantor swasta level tengan tentu akan berbeda, belum lagi benefit kesehatan yang ditawarkan.

Kesempatan untuk belajar berorganisasi dengan lingkungan kerja profesional akan lebih terbuka buat anda. Saran buat anda yang ingin mencoba bekerja sebagai staf administrasi profesional, segera mendaftar di politeknik NSC Surabaya prodi administrasi bisnis, anda akan dilatih dan disalurkan untuk bekerja, karena ada bagian khusus di NSC yang akan mencarikan tempat kerja untuk anda.


Author : M. Saifuddin., S.Pd., M.SM.
sumber : glind.id

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,106,219

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp