Berita

INTERPERSONALL SKILL, PERLUKAH DIPELAJARI PADA ZAMAN NOW ???

     Mahasiswa/i semester akhir Politeknik NSC Surabaya dibekali mata kuliah interpersonall skill, apa manfaatnya ?, mengapa diajarkan ?

     Di dunia kerja, mengembangkan interpersonal skill sangat penting dalam membina hubungan antar atasan dengan atasan ataupun atasan dengan bawahan karena baik secara langsung maupun tidak langsung kemampuan supervisor / manajer sangat mempengaruhi produktivitas anggotanya. Seorang supervisor / manajer dituntut untuk memiliki skill ini untuk membimbing anggota perusahaan, tidak hanya untuk membimbing namun juga mengendalikan dan menjadi penengah jikalau terjadi konflik dalam perusahaan. Kunci utama suksesnya perusahaan dalam mencapai tujuan salah satunya harus mempunyai supervisor / manajer yang berkompeten dan cakap dalam memimpin.. Tanpa adanya interpersonal skill supervisor / manajer tidak dapat memimpin anggota perusahaannya dan akan terjadi perselisihan terus menerus yang akan mengakibatkan hancurnya perusahaan.

     Setiap perusahaan pasti membutuhkan seorang manajer /supervisor  yang mampu memimpin dan mengatur perusahaannya. Manajer / supervisor yang aktif dan berkompeten dalam memimpin dan mensukseskan sebuah perusahaan / sebuah tim sangat dibutuhkan. Sesuai dengan profil lulusan di setiap prodi dimana lulusan politeknik NSC Surabaya minimal menduduki posisi supervisor di bidang masing masing.

 

     Jika kita ingin menjadi supervisor / manajer yang sukses dalam memimpin tim maka kita harus mempelajari interpersonal skill.

     Interpersonal Skill adalah  kecakapan atau keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam hubungannya dengan orang lain, kecakapan atau keterampilan untuk berkomunikasi baik verbal maupun non verbal. Interpersonal skill dapat dikuasai jika kita dapat menekan ego pribadi. Dengan menekan ego pribadi, maka kita dapat belajar untuk memahami orang lain karena setiap orang mempunyai keunikan masing-masing. Penguasaan interpersonal skill yang memadai memungkinkan kita  untuk dapat menangani anggota tim secara lebih efektif, komunikasi akan berjalan lancar, tercipta hubungan yang harmonis dan adanya saling bergantung dan saling terikat dengan sesama anggota sehingga meningkatkan produktivitas anggota dalam suatu perusahaan.

 

Salah satu tugas mata kuliah interpersonall skill 

 

     Salah satu kegagalan yang paling sering terjadi dari kegagalan supervisor adalah buruknya interpersonal skill. Kurangnya interpersonal skill menyebabkan supervisor tidak dapat berkomunikasi dengan baik dengan rekan kerja ataupun anggotanya sehingga hal ini sangat mempengaruhi semangat tim yang berpotensi menurunkan produktivitas mereka. Lebih parah lagi ketika terjadi konflik antara supervisor dengan karyawan, maka ini akan menyebabkan frustasi terhadap karyawan sehingga memicu turnover.

     Interpersonal skill merupakan sebuah proses dimulai dari berkomunikasi dengan diri sendiri, mengenali pola pikir masing-masing, dan menyadari kekuatan perubahan. Interpersonal skill mutlak dimiliki oleh seorang supervisor / manajer jika ingin sukses melakukan hubungan interpersonal. Untuk membangun interpersonal skill kita harus terlebih dahulu mengenali diri sendiri. Sekilas memang tampak mudah, tapi kenyataan tidak demikian. Kita harus waspada atas kecenderungan karena kecenderungan dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. Kita juga harus mengenali kekuatan dan kelemahan diri.

     Interpersonal skill diuji ketika terjadi konflik. Manajer dapat menjadi mediator antar pihak yang berkonflik. Lakukan dengan kepala dingin untuk memperlancar komunikasi antar kedua pihak dan masalah dapat terselesaikan. Manajer harus bersikap netral sekaligus bijak untuk dapat mengambil peran sebagai mediator. 

     Enam cara untuk meningkatkan kemampuan interpersonal skill, yaitu:

  1. Mengatasi persepsi negatif karena hal ini dapat membantu kita untuk berpikir dahulu sebelum menyertakan emosi.
  2. Menerima pesan dengan baik dengan cara mendengarkan.
  3. Menekan ego pribadi, dengan cara ini kita dapat memahami orang lain yang berbeda pendapat dengan kita dan kita tidak boleh memaksakan kehendak.
  4. Perbanyak belajar karena pengetahuan mempunyai peran penting dalam komunikasi dan juga membangun hubungan.
  5. Memperhatikan bahasa non-verbal. Bahasa merupakan alat yang penting dalam komunikasi. Sering terjadi kesalahan akibat kesalahpahaman dari bahasa yang kita gunakan. Karena itu kita harus lebih berhati-hati dalam menggunakan bahasa.
  6. Memperbanyak bertemu dengan orang-orang baru akan melatih dan mengembangkan interpersonal skill.


     Terdapat beberapa manfaat dari interpersonal skill, seperti:

  1. Meningkatkan human relations dalam kehidupan bermasyarakat dan perusahaan.
  2. Meningkatkan kemampuan menjadi pemimpin dan dapat bekerja sama dalam tim .
  3. Interpersonal skill bukan merupakan bagian dari karakter kepribadian yang bersifat bawaan, tetapi merupakan keterampilan yang dapat dipelajari.
  4. Interpersonal skill yang baik dapat dibangun dari kemampuan mengembangkan perilaku dan komunikasi yang asertif dan efektif.
  5. Mempunyai kesadaran bertanggung jawab yang lebih besar untuk memperbaiki diri


     Keterampilan interpersonal adalah keterampilan untuk mengenali dan merespon secara layak perasaan, sikap dan perilaku, motivasi serta keinginan orang lain. Ketrampilan interpersonal mencakup bagaimana diri kita mampu membangun hubungan yang harmonis dengan memahami dan merespon manusia atau orang lain. Kemampuan interpersonal sangat mempengaruhi bagaimana kita mempersepsikan diri kita terhadap orang lain, dan bagaimana kita mempersepsikan diri kita. Ketika kita memiliki ketrmapilan interpersonal yang tinggi kita akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi, sehingga kita akan dihargai orang lain, dan pada akhirnya kita kan membangun hubungan yang harmonis dengan orang lain.

     Salah satu keunggulan lulusan Politeknik NSC Surabaya adalah mereka memiliki interpersonall skill yang baik, mereka dibekali mata kuliah interpersonall skill yang didalamnya diberikan materi materi yang up to date , pemateri diampu oleh seorang yang profesional yaitu bapak Eko Tjiptojuwono, SE., MM. M.MPar., yang telah memimpin beberapa perusahaan dan lembaga pendidikan tinggi dan memiliki interpersonall skill yang luar biasa

     Segera daftarkan diri anda, saudara anda , keluarga anda di politeknik NSC Surabaya, karena anda akan mendapatkan ilmu yang up tp date, anda dilatih agar memiliki skill yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, anda dididik untuk memiliki attitude yang unggul dan menjadi seorang profesional yang siap bekerja.

INTERPERSONALL SKILL, PERLUKAH DIPELAJARI PADA ZAMAN NOW ???

INTERPERSONALL SKILL, PERLUKAH DIPELAJARI PADA ZAMAN NOW ???

INTERPERSONALL SKILL, PERLUKAH DIPELAJARI PADA ZAMAN NOW ???

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 32,961,354

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp