Berita

PELAKSANAAN PENGABDIAN MASYARAKAT PRODI AKUNTANSI DI UMKM KEVIN CRAFT

Perkembangan UMKM di Indonesia sudah menjamur dimana-mana, usaha kerakyatan yang saat ini mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat maupun daerah terus diberikan  kemudahan dalam izin usaha maupun kemudahan lainnya supaya pertumbuhan ekonomi berjalan pesat. Namun penggunaan laporan keuangan jarang dibuat oleh pelaku UMKM sehingga pelaku UMKM belum bisa mengetahui hasil kinerja dan posisi keuangan dari hasil usaha yang mereka jalani.

Hal ini menjadikan peluang bagi dosen dari Prodi Akuntansi dalam melaksanakan pengabdian masyarakat untuk membantu dalam menyusun laporan keuangan sederhana bagi pelaku UMKM. Pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen bisa bermanfaat untuk para pelaku UMKM.

Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilakukan bersama dengan mahasiswa prodi akuntansi yang diselenggarakan di tempat usaha Kevin Craft yang berlokasi di Surabaya. Kevin Craft ini merupakan kerajinan tangan atau handmade yang dibuat oleh pemilik usaha berserta karyawan. Jumlah karyawan sangat sedikit namun bisa berproduksi sesuai dengan pesanan.

Dengan jumlah karyawan yang terbatas, usaha ini tetap berjalan bahkan mereka membuka lapak makanan disebelah usaha kevin craft berproduksi. Berbagai produksi mereka hasilkan seperti boneka pita hijau, boneka kecil, frame, hand bouquet, bunga korsase, pegangan tas cream, rangkaian ranting pohon, dll. Berikut ini aktivitas-aktivitas pengabdian masyarakat yang dilaksanakan :

PELAKSANAAN PENGABDIAN MASYARAKAT PRODI AKUNTANSI DI UMKM KEVIN CRAFT PELAKSANAAN PENGABDIAN MASYARAKAT PRODI AKUNTANSI DI UMKM KEVIN CRAFT

PELAKSANAAN PENGABDIAN MASYARAKAT PRODI AKUNTANSI DI UMKM KEVIN CRAFT PELAKSANAAN PENGABDIAN MASYARAKAT PRODI AKUNTANSI DI UMKM KEVIN CRAFT

Materi yang dibahas dalam pengabdian masyarakat adalah Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, neraca, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan adalah jenis-jenis laporan keuangan yang sering diberikan kepada para pelaku usaha.

Tujuan laporan keuangan tersebut untuk menyajikan informasi kinerja dan posisi keuangan dari usaha yang mereka jalani selama periode akuntansi. Dengan adanya informasi tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja keuangan dari usaha yang mereka jalani bahkan bisa untuk meningkatkan penjualan usahanya di periode berikutnya.     

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,001,841

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp