Berita

PENTINGNYA SERTIFIKASI KOMPETENSI BAGI MAHASISWA POLITEKNIK NSC SURABAYA DAN PERUSAHAAN

PENTINGNYA SERTIFIKASI KOMPETENSI BAGI MAHASISWA POLITEKNIK NSC SURABAYA DAN PERUSAHAAN LSP Politeknik NSC Surabaya

Setelah terbitnya UU Ketenaga Kerjaan Nomor 13 Tahun 2003 dilanjutkan dengan keluarnya Peraturan Pemerintah (PP)  Nomor 23 Tahun 2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan  PP 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional, Peraturan Presiden Nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 5 tahun 2012 tentang Sistem Standarisasi Kompetensi Kerja Nasional, menunjukkan bahwa pelaksanaan sertifikasi tenaga kerja di berbagai sektor industri semakin meningkat.

BNSP melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang didukung oleh Pemerintah, Asosiasi Industri, Asosiasi Profesi, Lembaga Diklat Profesi  dan masyarakat di bidang ketenagakerjaan. LSP adalah lembaga pelaksana kegiatan sertifikasi kompetensi profesi yang mendapatkan lisensi dari BNSP setelah memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja.

Sesuai penjelasan Peraturan Pemerintah Nomor 23 tahun 2004, LSP adalah kepanjangan tangan BNSP dan diberikan tugas melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja atas nama BNSP. LSP harus bertanggung jawab dan tidak dapat melimpahkan kewenangan dalam hal keputusan-keputusan sertifikasi kompetensi kerja, termasuk pemberian, pemeliharaan, perpanjangan, penambahan dan pengurangan ruang lingkup sertifikasi, pembekuan dan pencabutan sertifikasi.

Apa itu sertifikasi kompetensi kerja? Sertifikasi Kompetensi Kerja merupakan proses pemberian sertifikat kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui uji kompetensi yang mengacu kepada standar kompetensi kerja nasional Indonesia, standar internasional dan/atau standar khusus. 

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, ketrampilan dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Berdasarkan pada penjelasan diatas Politeknik NSC Surabaya telah mendirikan LSP-P1 yang bertanggung jawab untuk mensertifikasi semua mahasiswa yang akan menjadi lulusan Program Diploma 3 Politeknik NSC Surabaya. Karena dengan sertifikasi kompetensi kerja tersbut akan mempengaruhi dan memberikan jaminan baik terhadap pemegangnya ataupun pihak lain.

Berikut beberapa keuntungan sertifikasi kompetensi:

  1. Bagi Mahasiswa NSC yang memegang sertifikat kompetensi:
    1. Kredibilitas dan kepercayaan dirinya akan meningkat
    2. Mempunyai bukti bahwa kompetensin yang dimiliki telah diakui
    3. Bertambahnya nilai jual dalam rekrutmen tenaga kerja
    4. Kesempatan berkarir yang lebih besar
    5. Mempunyai parameter yang jelas akan adanya keahlian dan pengetahuan yang dimiliki
  2. Bagi Perusahaan
    1. Produktivitas  meningkat karena pekerja yang bersertifikat akan bekerja secara profesional
    2. Mengurangi kesalahan kerja karena perja yang bersertifikat telah kompeten dibidangnya
    3. Komitmen terhadap kualitas karena pekerja yang bersertifikat mampu bekerja sesuai dengan standar yang diberikan.
    4. Memudahkan dalam penerimaan  karyawan 
    5. Mempunyai karyawan yang berdaya saing, terampil  dan termotivasi

Author :

Rudianto S.T., M.Cs., MTA., ACA
Dosen Program Studi Teknologi Komputer

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 32,878,322

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp