Berita

KEGIATAN PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB) 2017/2018

KEGIATAN PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB) 2017/2018

Sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Kementerian, Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 096/B1/SK/2016 tentang Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), maka Politeknik melaksanakan kegiatan PKKMB berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2017 ini kegiatan PKKMB terdapat dua materi yang berbeda yaitu Kehidupan Berbangsa dan bernegara dan Kehidupan Tanpa Narkoba. Pelaksanaan PKKMB di Politeknik NSC Surabaya dilaksanakan selama dua hari pada hari sabtu dan minggu  tanggal 26 Agustus – 27 Agustus 2017. 

Kegiatan hari pertama tanggal 26 Agustus 2017 dilaksanakan di Hotel Ibis Surabaya dengan materi kehidupan berbangsa dan bernegara, materi ini disampaikan langsung oleh Dandim 0832 Surabaya Selatan Letkol Infanteri Arynovian Hany Sampurno. Peserta PKKMB sangat antusias sekali dalam mendengarkan materi dari beliau, dari materi bela negara yang disampaikan diharapkan mahasiswa mempunyai sikap dan perilaku yang tumbuh dari  kemauan  diri  yang  dilandasi  kecintaan,  keikhlasan/kerelaan  bertindak  demi kebaikan Bangsa dan Negara Indonesia, juga memiliki pemahaman atas makna dan kekuatan Pancasila serta implementasi UUD 1945 dalam kehidupan bernegara. 

Materi kedua mengenai Kehidupan Tanpa Narkoba disampaikan oleh Ibu Sri Artanti Maryani, S.Sos. perwakilan dari BNN Surabaya. Diharapkan dari materi yang disampaikan mahasiswa mempunyai sikap dan perilaku yang tumbuh menuju tata kehidupan dan etika kehidupan  yang baik terutama dalam menghadapi godaan dan tantangan global narkoba. Di akhir sesi materi ini seluruh civitas akedemika Politeknik NSC Surabaya menandatangani Deklarasi Anti Narkoba yang ditandatangani oleh Direktur Politeknik NSC Surabaya Bapak Eko Tjiptojuwono, S.E., MM yang diikuti oleh seluruh staff dan mahasiswa baru. Disela-sela materi panitia menyisipkan game-game yang kreatif untuk menghilangkan kejenuhan dan kepenatan peserta PKKMB. Materi selanjutnya disampaikan langsung oleh Direktur Politeknik NSC Surabaya Bapak Eko Tjiptojuwono mengenai pendidikan tinggi di Indonesia khususnya di Politeknik NSC Surabaya.

Hari kedua tanggal 27 Agustus 2017 kegiatan PKKMB dilaksanalan di Kampus Politeknik NSC Surabaya, materi selanjutnya yang disampaikan oleh Asisten Direktur 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Ibu Riris Yuniarsih, S.ST, Par., MM mengenai pengenalan nilai budaya etika dan pelayanan akademik, semua mahasiswa baru masih antusias mengikuti dan mendengarkan paparan dari pemateri berikutnya dari antara lain materi dari Asisten Direktur 2 Bidang keuangan Ibu Nur Aida SE., M.Ak dan ICT (Information Communication Technology) Politeknik NSC Surabaya mengenai program Lensa Mahasiswa. Selanjutnya materi dari masing-masing program studi Perhotelan, Administrasi Bisnis, Akuntansi dan Teknologi Komputer.

Terdapat sesi penyerahan mahasiswa baru dari panitia mahasiswa baru Politeknik NSC Surabaya kepada Ketua PKKMB Politeknik NSC Surabaya yang menandakan secara resmi mahasiswa baru menjadi anggota keluarga besar Politeknik NSC Surabaya. Kegiatan PKKMB ditutup dengan pentas seni dari staff NSC dan seluruh mahasiswa baru dari semua prodi. 

Semoga dari kegiatan PKKMB ini mendatangkan manfaat yang besar bagi mahasiswa baru dalam proses transisi pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi  sehingga menjadi mahasiswa yang sadar akan hak dan kewajibanya. Semua materi yang disampaikan oleh pemateri dapat mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi dan menjadi awal yang baik dari salah satu upaya proses percepatan adaptasi dari pembentukan pribadi mahasiswa yang utuh, profesional dan siap menghadapi tantangan di masa depan. 

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,066,744

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp