Berita

Pelatihan Communication Skill Calon Mahasiswa Baru Politeknik NSC Surabaya

Pelatihan Communication Skill Calon Mahasiswa Baru Politeknik NSC Surabaya

Politeknik NSC Surabaya mengadakan pelatihan communication skill untuk mahasiswa baru, dalam mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia kerja terutama untuk interview kerja dan berbicara dengan orang yang baru ataupun berbicara di depan umum ketika memasuki lingkungan kerja. Hal ini sering kali menjadi hal yang membuat mereka tidak percaya diri, mereka merasa kesusahan untuk berkomunikasi bahkan merasa takut untuk melakukannya. Kemampuan komunikasi ini harus dilatih dan dibiasakan oleh mereka. Pelatihan communication skill tahap kedua di Politeknik NSC Surabaya dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 29 Juli 2017 dengan diikuti oleh calon mahasiswa baru Politeknik NSC Surabaya, untuk trainer communication skill oleh Bapak Eko Tjiptojuwono, SE., MM selaku Direktur Politeknik NSC sekaligus sebagai dosen untuk mata kuliah interpersonal skill. Mahasiswa menerima materi tentang komunikasi antara lain bagaimana ekspresi wajah, senyum dan gerakan tubuh kita ketika melakukan komunikasi. Mereka diminta untuk langsung mempraktekannya dalam sesi pelatihan ini. Mereka sangat antusias sekali menerima materi ini karena ini adalah hal yang baru bagi mereka dilatih mengenai kemampuan berkomunikasi.

Kemampuan berkomunikasi sangat penting bagi para mahasiswa baru yang memasuki dunia kerja, karena komunikasi adalah proses interaksi antara dua orang atau lebih dengan tujuan untuk menyampaikan pesan, informasi, gagasan, ide dan pikiran. Komunikasi menjadi aktivitas yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena setiap orang dalam melakukan aktivitasnya pasti melakukan kegiatan komunikasi. Komunikasi yang dilakukan tidak hanya dilakukan secara lisan tetapi juga bisa dilakukan dengan menggunakan tulisan, gambar dan isyarat. Komunikasi secara lisan ini yang harus dilatih secara maksimal, banyak orang merasa kesulitan untuk melakukan hal ini, terutama untuk orang yang tidak terbiasa berkomunikasi dengan orang baru dan berbicara di depan umum. Faktor penghambatnya adalah kurangnya rasa percaya diri dan grogi (nerveous) ketika berhadapan dengan orang lain. Perfomance dalam berbicara adalah salah satu hal yang sangat penting untuk menarik lawan bicara kita, orang akan tertarik dengan apa yang kita sampaikan apabila cara penyampaian kita menarik sehingga menjadi pusat perhatian.

Dari pelatihan ini diharapkan dapat mendatangkan manfaat yang positif bagi mahasiswa terutama dalam hal berkomunikasi dengan orang lain antara lain mereka bisa membangun keterampilan komunikasi yang efektif, memahami etika dalam berkomunikasi dan mengelola emosi secara positif. Hasil dari pelatihan ini dapat mereka gunakan untuk memasuki dunia kerja terutama untuk sesi interview, mereka sudah siap menghadapinya. Semoga pelatihan ini dapat membawa perubahan positif bagi perubahan cara berkomunikasi mereka.

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,191,407

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp