Berita

PERUBAHAN DUNIA INDUSTRI PERHOTELAN

PERUBAHAN DUNIA INDUSTRI PERHOTELAN

"Bahwasanya pada dasarnya semua yang ada di alam semesta itu berubah, dan tidak ada yang tidak berubah, kecuali perubahan itu sendiri." Aku pikir kutipan ini benar, setelah membaca beberapa data yang relevan, dunia perhotelan pun ikut mengalami perubahan, walau tidak meninggalkan fungsi pokoknya. Perubahan ini bukan tanpa alasan, karena lingkungan juga ikut berubah. Cara berkomunikasi, cara bertransaksi, belanja, akses informasi, kesadaran konsumen, dan banyak hal yang ikut berubah menyebabkan industri perhotelan juga berbenah menyesuaikan diri. 

Perkembangan Teknologi Digital 
Hal pertama yang kita rasakan adalah betapa mudahnya kita mengakses sebuah hotel hanya dengan menyentuh layar telepon genggam. Perkembangan era digital membawa perubahan interaksi antara konsumen dengan pelaku industri perhotelan. Adanya perluasan saluran distribusi, terjadinya efisiensi transaksi, online travel agent yang semakin aktif, sehingga memudahkan tamu untuk memesan kamar. Daya tarik sebuah tempat tujuan akan mudah sekali diakses, rute perjalanan, tiket online, pertumbuhan media sosial, ikut berperan dalam perubahan yang mendekatkan hubungan antara konsumen dan pelaku industri perhotelan. Lebih jauh, teknologi digital mampu menaikkan pendapatan hotel, dan pelaku industri perhotelan akan semakin kompetitif dalam pelayanan. 

PERUBAHAN DUNIA INDUSTRI PERHOTELANPERUBAHAN DUNIA INDUSTRI PERHOTELAN

Berkembangnya Hotel Budget
Jika dulu, gambaran kita hotel adalah tempat menginap dengan fasilitas yang luxury, sekarang sedikit mengalami perubahan. Saat ini, justru hotel budget yang berkembang dengan pesat. Hotel budget dapat dikategorikan hotel sekelas dengan bintang tiga, dengan fasilitas yang terbatas. Kinerja hotel budget bedasarkan tingkat keterisian/okupansi, lebih baik dibandingkan jenis hotel yang lain. Kondisi ini dipicu karena perubahan konsumen, yaitu untuk memperoleh harga yang lebih terjangkau dengan kenyamanan yang sesuai. Konsumen hanya membutuhkan sekedar kamar untuk menginap, dan kegiatan selanjutnya dilakukan di luar hotel. 

Pertumbuhan hotel budget sangatlah cepat, menurut laporan Coliers Internasional Indonesia 2017, di Jakarta terdapat 50 hotel budget dengan total 5.907 kamar. Hotel budget secara keseluruhan di Bali 3.258 kamar. Di surabaya tahun 2017 akan ada tambahan 480 unit kamar, dari 5 hotel budget yaitu Amaris Hotel Surabaya, Moxy Hotel, Batiqa Hotel, Surabaya River View, dan Ibis Budget Surabaya. Kita melihat, jenis hotel berdasarkan kebutuhan konsumen juga seiring berubah. 

PERUBAHAN DUNIA INDUSTRI PERHOTELANPERUBAHAN DUNIA INDUSTRI PERHOTELAN

Tingkat Keterisian Rendah, Jumlah Hotel Semakin Bertambah di Surabaya
Tingkat pertumbuhan hotel di Surabaya sangatlah cepat, berbanding berbalik dengan tingkat keterisian/okupansi. Banyaknya jumlah hotel membuat semakin jenuhnya persaingan antar hotel, yang berdampak pada tingkat keterisian yang rendah. Tingkat hunian rata-rata harian atau Average Occupancy Rate (AOR) terus merosot, pada tahun 2014 tercatat 66,7%, turun menjadi 58,7 % pada  Tahun 2016. 

Namun dalam kondisi yang seperti ini tidak menyurutkan investor untuk terus membangun hotel di Surabaya. Menurut laporan Colliers Internasional Indonesia tahun 2017 akan dipenuhi tambahan 18 hotel baru dengan 2.817 unit kamar. Hotel bintang 4 mendominasi dengan jumlah 8 hotel dan 1.509 kamar, adalah Citadines @ Marvel City, Platinum Hotel, Novotel Hotel, Great Hotel, Mercure @ Praxis, Grand Dafam Kayun, Swiss-belhotel Surabaya, dan Howard Johnson. Hotel bintang 3 dan hotel budget dengan jumlah 10 hotel, adalah The Frontage, I&M Hotel, Goldvitel Hotel, Prime Biz Hotel, dan Namira Syariah Hotel, Amaris Hotel Surabaya, Moxy Hotel, Batiqa Hotel, Surabaya River View, dan ibis Budget Surabaya. Pola pikir investor dalam memandang industri ini juga ikut berubah.

PERUBAHAN DUNIA INDUSTRI PERHOTELAN

Pertanyaan yang dapat diajukan, untuk direnungkan adalah, “Sudah siapkah anda untuk menghadapi perubahan ini?”. Politeknik NSC Surabaya menyiapkan tenaga kerja yang handal melalui pendidikan vokasi, menyusun kurikulum sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Kami membantu anda untuk menyiapkan diri, sehingga tercipta tenaga kerja profesional disektor industri perhotelan.


Author

Kristian Triatmaja Raharja, S.Pd., M.Kes 
Kaprodi Perhotelan

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,067,297

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp