Berita

ADA APA DENGAN SURAT KETERANGAN PENDAMPING IJAZAH

HAY SEMUANYA, sudahkah mahasiswa akhir Politeknik NSC Surabaya mempersiapkan data pendukung untuk memperlancar BAAK dalam persiapan penerbitan SKPI. Biasanya saat mahasiswa lulus kuliah yang didapat hanya Ijazah dan Transkrip Nilai. Nahhhhhh tahukah kalau sekarang Perguruan Tinggi harus mengeluarkan SKPI pada lulusannya. Politeknik NSC Surabaya sudah memberikan SKPI kepada lulusan mulai tahun 2015.

SKPI yaitu Surat Keterangan Pendamping Ijazah  atau Diploma Suplement adalah Suat pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi. SKPI diatur dalam PERMENDIKBUD No 81 tahun 2014 yang berisikan tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi. Permendikbud sendiri merupakan turunan Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi. Dalam Pasal 44 ayat 1 sampai ayat 3, UU Nomor 12 mengharuskan setiap perguruan tinggi memberikan sertifikat kompetensi bagi setiap lulusannya sebagai keterangan resmi tentang kompetensi mereka sekaligus bisa digunakan untuk mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya.[1] Dengan demikian, UU Nomor 12 tahun 2012 secara tegas mengarahkan agar setiap lulusan perguruan tinggi bisa memasuki pasar kerja..   

Sesuai dengan yang ada di Permendikbud Nomor 81 tahun 2014 bahwa SKPI harus ditulis dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. dan juga harus diterbitkan dengan menggunakan kertas khusus (barcode/hologram security paper) berlogo Perguruan Tinggi, dan diterbitkan secara khusus oleh Perguruan Tinggi dan berkualifikasi lulusan diuraikan dalam bentuk narasi deskriptif yang menyatakan capaian pembelajaran lulusan pada jenjang KKNI yang relevan, dalam suatu format standar yang mudah dipahami oleh masyarakat umum. Hal tersebut sebagai pertimbangan bahwa lulusan yang akan memasuki pasar kerja saat ini memiliki kesempatan sangat luas dengan dibukanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Isi dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah diantaranya :  

  1. Logo perguruan tinggi
  2. Nama pergurun tinggi
  3. Nomor keputusan pendirian perguruan tinggi
  4. Nama program studi
  5. Nama lengkap pemilik skpi
  6. Tempat dan tanggal lahir pemilik skpi
  7. Nomor Pokok Mahasiswa (NPM)/Nomor Induk Mahasiswa (NIM)
  8. Tanggal, Bulan , Tahun masuk dan kelulusan
  9. Nomor seri ijazah
  10. Gelar yang diberikan beserta singkatannya
  11. Jenis pendidikan (akademik, vokasi, ata u profesi)
  12. Program pendidikan (diploma, sarjana terapan , magister terapan, doktor terapan , sarjana, magister, doktor, profesi, atau spesialis)
  13. Capaian pembelajaran lulusan sesuai kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia secara naratif
  14. Level Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
  15. Persyaratan penerimaan
  16. Bahasa pengantar kuliah
  17. Sistem penilaian
  18. Lama studi
  19. Jenis dan program pendidikan tinggi lanjutan
  20. Skema tentan sistem pendidikan tinggi.


Surat Keterangan Pendamping Ijazah juag dapat memuat:

  1. Informasi tambahan tentang prestasi lulusan selama berstatus mahasiswa  dan/atau
  2. Jabatan dalam profesi.

Adapun tujuan dari adanya SKPI :

Dengan SKPI ini, perusahaan diharapkan akan lebih mudah menyeleksi calon karyawannya. perusahaan jadi lebih percaya karena SKPI dikeluarkan secara resmi oleh perguruan tinggi dan bisa menjadi penunjang Curriculum Vitae. Kenapa ????? karena dilihat dari isi SKPI bisa terdiri lebih dari beberapa halaman. Apalagi harus dibuat dalam Bahasa Indonesia dan dilengkapi dengan Bahasa Inggris. Dan semua itu bertujuan untuk memudahkan fresh graduate dalam bersiang di dunia kerja, baik itu secara nasional maupun Internasional.

Akhir kata selamat berkarya di masyarakat semoga sukses untuk alumni POLITEKNIK NSC SURABAYA

Author:

Riris Yuniarsih, S.St.Par., MM.
Asisten Direktur 1
Bidang Akademik dan Kemahasiswaan

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 32,926,141

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp