Berita

PELAKSANAAN PELATIHAN DAN UJI KOMPETENSI ZAHIR ACCOUNTING DI PRODI AKUNTANSI

Berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia No.182 Tahun 2013.tentang “Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Jasa Profesional, Ilmiah, dan Teknis Golongan Pokok Jasa Hukum dan Akuntansi Golongan Jasa Akuntansi, Pembukuan dan Pemeriksa; Konsultasi Pajak Sub Golongan Jasa Akuntansi, Pembukuan dan Pemeriksa; Konsultasi Pajak Kelompok Usaha Teknisi Akuntansi”. Merujuk mengenai keputusan menteri tersebut mahasiswa diploma prodi akuntansi di Politeknik NSC Surabaya salah satunya harus memiliki ketrampilan, pengetahuan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan dan mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi sesuai dengan prosedur yang ditetapkan pada perusahaan dimana programnya Zahir Accounting edisi standar versi 5.1. Program Zahir Accounting ini adalah program atau software akuntansi keuangan yang sangat mudah digunakan, penuh inovasi, dan serba otomatis yang dirancang untuk kebutuhan usaha kecil dan menengah di Indonesia. Selain mempermudah pembukuan, dimana seluruh jurnal akuntansi dan laporan keuangan dibuat secara otomatis tanpa perlu mengerti teori akuntansi yang mendalam, Zahir Accounting juga akan mempermudah anda dalam mengambil keputusan bisnis, karena dilengkapi berbagai analisa laporan keuangan perusahaan.

Dalam memahami untuk mengoperasikan penggunaan program Zahir Accounting edisi standar versi 5.1 tersebut, kampus Politeknik NSC Surabaya khususnya pada prodi akuntansi menyelenggarakan pelaksanaan pelatihan dan ujian kompetensi Zahir Accounting di lingkungan kampus Politeknik untuk mahasiswa/i prodi akuntansi. Pelaksanaan pelatihan ujian kompetensi tersebut sudah diselenggarakan pada tanggal 09 Maret 2017, sedangkan ujian kompetensi zahir tersebut sudah diselenggarakan pada tanggal 10 Maret 2017. Jika mahasiswa/i dinyatakan telah lulus penilaian kompetensi sesuai dengan standar Zahir Accounting untuk aplikasi program Zahir Accounting Edisi Standar 5.1 maka akan mendapatkan sertifikat kompetensi.

 
Sertifikat Kompetensi yang akan diberikan kepada Mahasiswa Prodi Akuntansi

Kompetensi yang diujikan adalah pembuatan laporan keuangan perusahaan dagang, jasa, dan manufaktur dengan menggunakan aplikasi program Zahir Accounting Edisi Standar 5.1 yang berfungsi untuk mencatat jurnal transaksi, membuat laporan keuangan laba rugi dan laporan keuangan neraca sehingga nantinya mampu memberikan solusi management business bagi para pebisnis dalam mengambil keputusan. 

Pelaksanaan pelatihan dan ujian kompetensi Zahir Accounting pada tahun ini dilaksanakan 2 gelombang. Pada gelombang pertama sudah terselenggara pada tanggal 09 & 10 Maret 2017, sedangkan gelombang kedua diselenggarakan pada tanggal 20 April 2017. Berikut ini adalah suasana aktivitas penyelenggaraan pelatihan dan ujian kompetensi Zahir Accounting yang dihadiri oleh mahasiswa prodi akuntansi semester 6.

 
Suasana Pelaksanaan Pelatihan Ujian Kompetensi Zahir Accounting

 
 
Suasana Pelaksanaan Ujian Kompetensi Zahir Accounting

 


Prasetyo Widyo Iswara ,S.E., M.A.

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 32,918,913

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp