Berita

Peran Dosen Dan Mahasiswa Dalam Menciptakan Sasaran Mutu Politeknik NSC Surabaya

 

    Dosen dan mahasiswa adalah dua komponen yang tidak dapat dipisahkan dalam menciptakan sasaran mutu yang baik bagi sebuah perguruan tinggi. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Politeknik NSC Surabaya untuk mencapai sasaran mutu yang baik adalah melalui pemilihan dosen-dosen untuk mengampu mata kuliah yang sesuai dengan  bidangnya masing masing. Seorang dosen pengampu mata kuliah harus mampu mengolah mata kuliah yang menjadi tanggungjawabnya menjadi suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi mahasiswa. Hasil dari proses pembelajaran adalah mendapatkan mahasiswa yang memiliki skill yang baik untuk diterapkan di dunia kerja dan industry. Dari hasil inilah diharapkan dapat mencapai sasaran mutu yang sesuai dengan visi dan misi Politeknik NSC Surabaya dalam menciptakan Sumber daya profesi yang berkualitas dan berdaya saing global.

     Dosen dalam peroses pembelajaran berperan sebagai fasilitator dan motivator bagi mahasiswanya, mahasiswa dituntut untuk selalu aktif dan mandiri dalam menciptakan pembelajaran yang aktif. Politeknik NSC mendidik mahasiswanya melalui peran dosen-dosennya dengan memberikan praktek langsung kepada mahasiswanya melalui proporsi proses pembelajaran yang diberikan 40% teori dan 60% praktek. Jadi Mahasiswa di Politeknik NSC dituntut untuk selalu berkembang dengan meningkatkan hard skill dan soft skill melalui pengarahan para dosen sebagai salah satu sumber dari materi pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari ketersediaan Laboratorium yang disediakan untuk mendukung proses tersebut, antara lain laboratorium Simulasi Bisnis (Simbis), Laboratorium Komputer, laboratorium Perhotelan (Kitchen, Service, Bartending dan Housekeeping). Hasil dari semua capaian pembelajaran ini diharapkan dapat mencapai sasaran mutu yang baik bagi program studi dan Politeknik.

     Langkah selanjutnya dalam menciptakan mutu yang baik adalah bertolak dari kurikulum pembelajaran. Kurikulum didesain untuk memenuhi segala kebutuhan stakeholder. Peran dosen dalam mendukung pencapaian kurikulum juga harus mengembangkan dirinya melalui berbagai pelatihan yang sesuai dengan bidangnya, seperti pelatihan asesor kompetensi. Seorang dosen yang berhasil tidak hanya dilihat dari hasil yang dia peroleh secara pribadi dalam bidang akademik tetapi juga dari hasil output mahasiswa yang dihasilkan dan dibentuknya selama masa perkuliahan. Mahasiwa yang bisa sukses dan berhasil di dunia kerja merupakan suatu output yang baik dari proses pembelajaran yang diberikan. Semoga artikel ini dapat mendorong semua civitas akademik di Politeknik NSC Surabaya khususnya dosen dan mahasiswa ikut berperan dalam menciptakan sistem pemjaminan mutu perguruan tinggi

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 32,923,968

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp