Berita

BEASISWA PRESTASI DARI PEMERINTAH JUGA ADA DI POLITEKNIK NSC SURABAYA

Politeknik NSC Surabaya adalah salah satu perguruan tinggi yang berlokasi di jalan Basuki Rahmad 85 Surabaya. Perlu diketahui bahwa Politeknik NSC berada dalam naungan KEMENRISTEK-DIKTI dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang pemberian status terdaftar pada program studi yang ada  di lingkungan Politeknik NSC Surabaya sesuai dengan Nomor  86/D/O/1997 tanggal 8 Desember 1997. Sesaui dengan perkembangan dunia pendidikan dan peraturan yang ada Politeknik NSC Surabaya mengikuti perkembangan dengan adanya aturan-aturan yang harus diterapkan. Dan pada tahun 2011 ke 4 program studi yang ada di Politeknik NSC Surabaya telah terakreditasi. Pada tahun 2015 Politeknik NSC Surabaya telah terakreditasi institusi. Di tahun 2016 Program Studi Administrasi Niaga melaksanakan re-akreditasi dengan nilai B, Program Studi Perhotelan juga melakukan re-akreditasi dengan nilai B, Program Studi Teknik Komputer dan Akuntansi terakreditasi C yang tahun ini akan melaksanakan re-akreditasi.

Guna kelancaran operasional dari pelayanan untuk seluruh perguruan tinggi KEMENRISTEK-DIKTI membentuk Kopertis-Kopertis se Indonesia. Wilayah Jawa Timur dikoordinir oleh Kopertis VII. Pemerintah melalui Kopertis VII memberikan bantuan beasiswa kepada seluruh mahasiswa yang berada di wilayah Jawa Timur, Setiap tahun Kopertis VII telah memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa yang ada di Wilayah Jawa Timur untuk mengikuti program beasiswa dengan mengajukan bantuan beasiswa sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Beasiswa tersebut berlaku dalam satu tahun anggaran, seperti tahun 2016 kemarin Politeknik NSC Surabaya ada 12 mahasiswa yang telah mendapatkan beasiswa dari Kopertis VII Wilayah Jawa Timur. Sehingga masing –masing mahasiswa mendapatkan beasiswa dari bulan januari sampai Desember 2016.

Di tahun 2017 sesuai dengan Surat dari Kopertis VII Wilayah Jawa Timur dengan Nomor : 1086/K7/KM/2017 tertanggal 15 Mai 2017 tentang undangan penyerahan pagu beasiswa PPA tahun 2017 Politeknik NSC Surabaya juga mendapatkan kesempatan memperoleh beasiswa untuk mahasiswa. Di tahun ini jenis beasiswa yang diberikan adalah Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA). Tentunya beasiswa itu diberikan dengan ketentuan yang berlaku seperti beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi.

Hal tersebut dituangkan dalam Peraturan Pemerintah nomor 48 tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan, bagian kelima, pasal 27 ayat 1, menyebutkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah sesuai kewenangannya memberi bantuan biaya pendidikan atau beasiswa kepada peserta didik yang orang tua atau walinya tidak mampu membiayai pendidikannya. Pasal 27 ayat 2, menyebutkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya dapat memberi beasiswa kepada peserta didik yang berprestasi. Beasiswa tersebut bertujuan untuk meningkatkan prestasi mahasiswa, mengurangi jumlah mahasiswa yang putus kuliah dan tentunya menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang dapat diakui kemampuannya di masyarakat pada umumnya. Pemberian beasiswa ini merupakan upaya pemerintah untuk memberikan dorongan dan bantuan kepada mahasiswa agar dapat menyelesaikan pendidikannya tepat waktu, dengan tetap berusaha untuk meningkatkan prestasi akademiknya yang akhirnya dapat ikut andil dalam meneruskan perjuangan bangsa menuju pembangunan Indonesia.

KEMENRISTEK-DIKTI melalui Kopertis VII Wilayah Jawa Timur memberikan beasiswa tersebut secara langsung kepada mahasiswa melalui Nomer rekening mahasiswa yang mendapatkan. Hal tersebut dilaksanakan sesuai dengan prinsip 3T yaitu : Tepat sasaran, Tepat jumlah, dan Tepat waktu  Tepat sasatan yaitu tepat kepada mahasiswa yang memang seharusnya menerima beasiswa tersebut karena untuk menerima beasiswa syarat IPK minimum 3.00, Tepat jumlah yang dimaksud adalah tidak adanya pengurangan jumlah yang seharusnya diterima oleh mahasiswa dengan alasan apapun. Dan Tepat waktu yaitu tepat penyampaian yang dikeluarkan oleh KEMENRISTEK-DIKTI melalui Kopertis di wilayah masisng-masing. Untuk informasi atau testimoni lulusan yang telah mendapat kesempatan memperoleh beasiswa dari pemerintah melalui Kopertis VII dapat di klik di www.nscpolteksby.ac.id/testimoni-14-testimoni-nyoman-aditya-purbana-maharani-html dan untuk informasi lebih lanjut tentang Politeknik NSC dapat di klik di www.nsc.ac.id

Riris Yuniarsih, S.ST.Par., M.M

Riris Yuniarsih,S.ST.Par.,M.M
Asisten Direktur I (Bagian Akadek dan Kemahasiswaan)

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,062,787

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp