Berita

PENTINGNYA MEWUJUDKAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN DI POLITEKNIK NSC SURABAYA

Pendidikan adalah  sarana untuk menyebarluaskan pengetahuan kepada orang lain yang berlangsung melalui tindakan tindakan belajar. Pendidikan menitikberatkan pada mutu output dari hasil proses belajar yang telah ditempuh. Mutu diartikan itu sebagai ukuran kualitas pendidikan yang dapat dilihat dari aspek input, proses, output bahkan outcome dari pendidikan sendiri.

Politeknik NSC Surabaya merupakan suatu lembaga pendidikan tinggi vokasi yang perduli terhadap mutu pendidikan yang diberikan kepada mahasiswanya (transfer knowledge). Setiap mahasiswa lulusan Politeknik diharapkan memiliki mutu yang baik karena selama proses transfer knowledge kepada mahasiswa dari dosen sangat memperhatikan kualitas dari metode pembelajaran yang diberikan dan materi yang disampaikan kepada mahasiswa.

Hasil dari capaian outcome yang dihasilkan adalah mahasiswa memiliki attitude yang baik dan skill yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Apabila proses belajar itu baik maka akan menghasilkan mutu yang baik dan sesuai dengan harapan yang ingin dibentuk. Proses yang dimaksud disini adalah serangkaian tindakan atau prosedur yang bertujuan pada hasil yang ingin dicapai. Dari proses ini menghasilkan hasil yaitu produk. Produk dari suatu lembaga pendidikan adalah mahasiswa.

Pada konsep mutu pendidikan dilihat dari aspek prosesnya bermakna bahwa kemampuan sumber daya pendidikan tinggi dalam memberikan pembelajaran yang berkualitas. Setiap dosen dievaluasi atas proses pembelajaran yang telah dijalankan, masukan dari mahasiswa juga sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan kinerja dosen dalam penyampaian materi. Hal ini sudah berjalan di Politeknik NSC Surabaya karena diharapkan dari input yang masuk akan menjadi bahan perbaikan dan evaluasi kedepannya.

Politeknik NSC Surabaya menjalankan proses dan prosedur pendidikan yang mengarah kepada hasil yang ingin dicapai. Di dalam menjalankan proses belajar mengajar terdapat proses monitoring dan evaluasi terhadap hasil pembelajaran yang diberikan dosen terhadap mahasiswa. Selain itu peran dari lembaga pendidikan juga memiliki peranan dalam menghasilkan mutu yang berkualitas yaitu dari kualitas pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa dengan penyediaan fasilitas yang memadai dalam mendukung proses belajar mengajar antara lain penyediaan ruangan Laboratorium bagi mahasiswanya.

Politeknik NSC Surabaya menyediakan berbagai fasilitas laboratorium yang baik bagi mahasiswanya antara lain penyediaan Laboratorium Komputer, Laboratorium perhotelan dan Laboratorium Simulasi Bisnis. Semua ini disediakan oleh Politeknik NSC Surabaya untuk mendukung dan menfasilitasi proses pembelajaran yang bermutu bagi mahasiswanya.

Politeknik NSC Surabaya siap untuk menghasilkan mutu lulusan yang baik dan sesuai dengan outcome yang ingin diciptakan yaitu menghasilkan mahasiswa memiliki attitude yang baik dan skill yang berkompeten di bidangnya. Pendidikan yang memiliki standar mutu yang baik dibutuhkan keterlibatan masing-masing unsur tersebut mulai dari input, proses dan ouput, proses yang sinergis antar berbagai komponen di dalam perguruan tinggi yang didukung oleh peran pemerintah dalam mewujudkan standar pendidikan yang bermutu.

 

Fredianaika Istanti, S.AB., M.M
Fredianaika Istanti, S.AB., M.M
Dosen Program Studi Administrasi Niaga

 

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,167,778

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp