Berita

SELAMAT KEPADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PERHOTELAN "BEST PAPER" DALAM SCIENTIFIC PAPER COMPETITION

Terlihat biasa saja raut muka dan sikap dua mahasiswa semester II, Program Studi Perhotelan setelah memenangkan kompetisi tingkat nasional ini. Mereka beraktivitas seperti biasa, kuliah dan selesainya ngobrol sekedarnya dengan mahasiswa yang lain, tak ada yang berbeda tetap santun dan rendah hati. Namun terasa jelas oleh kami, rasa haru, syukur dan bahagia ketika mereka menceritakan pengalaman mereka saat membawa amanah sebagai perwakilan Politeknik NSC Surabaya, dalam scientific paper competition yang diadakan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan di Tangerang, Banten. “Kami senang dan bangga bisa mengikuti kompetisi ini, bahkan setelah pengumuman pemenang saya WA (red: aplikasi android Whatsaap) ibu, beliau terharu dan nangis” cerita Dodik salah satu peserta yang mewakili Politeknik NSC Surabaya.

Kompetisi ini merupakan salah satu dari rangkaian acara yang diadakan oleh penyelenggara, dengan nama kegiatan yaitu HOSPITOUR 2017 –GREAT (Gastronomy’s Role in Evolving and Advancing Sustainable Tourism).  Kompetisi ini merupakan kompetisi tingkat nasional yang diadakan setiap tahun sekali. Mewakili Politeknik NSC surabaya dalam lomba ini adalah Dodik Permana Putra dan Debyo M Sidik, keduanya adalah mahasiswa semester II,  Program Studi Perhotelan. Scientific paper atau karya ilmiah merupakan kompetisi untuk menguji gagasan, ide, serta inovasi yang dibalut dalam kerangka pikir yang logis, yang  kesemuanya dilakukan oleh mahasiwa dan dibimbing oleh seorang dosen pembimbing.

Dalam kompetisi ini mahasiswa harus menuangkan ide dan gagasannya dalam sebuah jurnal penelitian (full paper). Full paper tersebut kemudian dikirimkan kepada pihak penyelenggara untuk diseleksi. Dalam proses seleksi akan terpilih 5 full paper terbaik. Lima tim terpilih yaitu 1 tim dari Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan, 1 Tim dari Jakarta International Hotel School, 2 Tim dari Politeknik Negeri Bandung, dan 1 Tim dari Politeknik NSC Surabaya. Tim yang terseleksi akan mempresentasikan ide dan gagasan didepan juri, yang bertempat di Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan, Tangerang Banten.

Judul yang diangkat dan dipresentasikan oleh tim Politeknik NSC Surabaya adalah “Pemanfaatan Bahan Pangan Lokal Tepung Ubi Jalar Ungu (Ipomoea Batatas l.) untuk Mensubtitusi Tepung Terigu pada Pembuatan Molten Cake”, tema ini diangkat sebagai upaya dari mahasiswa untuk memanfaatkan bahan pangan lokal dan melakukan diversifikasi produk pangan lokal. “Ide dan gagasan ini muncul dilatar belakangi oleh import gandum yang semakin tahun semakin banyak, sedangkan bahan pangan lokal yang produktivitasnya baik tidak tereksplorasi secara maksimal” jelas Debyo salah satu peserta kompetisi.

Dalam kompetisi ini dipilih 2 best paper dan 1 best presenter. 2 best paper dimenangkan oleh tim dari Politeknik NSC Surabaya dan Tim dari Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan. 1 best presenter dimenangkan oleh Tim dari Politeknik Negeri Bandung. Selamat untuk Dodik Permana Putra dan Debyo M Sidik secara khusus, dan semua mahasiswa Politeknik NSC secara umum, Yes We Can...


Kristian Triadmaja Raharja, S.Pd., M.Kes

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,192,284

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp