Berita

6 TIPS BUAT KAMU YANG MASIH RAGU MENENTUKAN PROGRAM STUDI

Haloo .. salam dari saya kepada anda semua pencari kebahagian lewat  ilmu, yang tersenyum dan pandai bersyukur saat menjadi yang terbaik dari diri anda. Keep On Fire :D

Well.., banyak dari pengalaman yang  langsung, ataupun cerita dari beberapa teman saya yang menceritakan betapa nyaman dan bahagianya profesinya (baca: kerjaan) sekarang,  karena dulu mereka tepat dalam memilih program studi/jurusan. Akan tetapi juga tidak sedikit mereka yang terpaksa harus pindah  program studi karena merasa salah dalam memilih program studi. Beberapa diantaranya selesai menjalani program studinya, akan tetapi menjalani profesi yang tidak sesuai, atau menjalani profesinya yang sesuai dengan terpaksa dan tidak bahagia. 
Jadi saya ingin berbagi tips kepada anda, yang saya rangkum dari beberapa sumber. Bagi  anda yang masih bingung dalam menentukan program studi saat kuliah nanti,  semoga tips berikut bermanfaat :
1.    Tentukan ingin di pendidikan vokasi atau sarjana 
Yang masih bingung apa itu pendidikan vokasi? dan apa itu pendidikan sarjana bisa anda baca disini. Sudah dibaca? Jadi intinya seperti ini “bijaklah dalam menentukan kedua jenis pendidikan tinggi”. Analisa kebutuhan industri yang ada, gali sebanyak mungkin informasi tentang dunia kerja, bijaklah dan tentukan yang sesuai. 
2.    Mulai dari “kelebihan” anda
Fokus pada apa yang anda bisa, yang saat ini Tuhan telah anugrahkan kepada anda untuk anda ahli dalam melakukannya. Jangan alih alih anda ingin belajar hal baru, dengan memilih program studi yang bukan kehlian anda, malahan anda cuman berputar-putar dan tidak tahu “kelebihan” anda apa.
Misal, Anda pintar dalam mendesain gambar, mengatur komposisi warna, mengoprek perangkat komputer, melalukan instalasi software anda bisa memilih program studi teknik komputer. Dengan fokus pada bidang yang anda bisa lalukan, semakin hari anda akan semakin ahli. Ingat, mereka yang dibayar mahal adalah mereka yang punya spesialisasi “keahlian khusus” yang membedakan anda dengan karyawan lainnya.
Orang terdekat seperti orang tua, saudara, teman atau sahabat bisa membantu anda untuk menemukan apa yang menjadi kelebihan anda. Tanyakan dan minta pendapat kepada mereka, tentang apa yang menjadi kelebihan anda

3.    Temukan apa yang menjadi passion anda 
Passion adalah ketertarikan anda terhadap sesuatu hal, lebih dari itu passion dapat menjadi bahan bakar yang tidak pernah habis. Bagaimana dapat  menemukan passion anda? Gampang saja, saat anda melakukan sesuatu hal dan anda tidak pernah bosan, saat dimana anda akan mengorbankan segala hal untuk dapat mencapai/melakukan hal tersebut, saat anda tidak memikirkan untung dan rugi saat melakukannya, saat anda melakukan hal tersebut dengan bahagia dan penuh komitmen, saat anda tidak pernah lelah untuk menjadi diri yang terbaik lewat hal tersebut maka itulah  passion anda.

Biasanya dimulai dengan apa yang menjadi hobby (yang anda suka) dan kelebihan anda. Lakukan “self talk”, tanyakan pada diri anda sendiri apa yang menjadi passion anda? Apa yang Tuhan telah anugrahkan kepada anda, menjadi passion? Identifikasi dengan jujur. Dengan menemukan passion anda sedari awal, anda tidak akan salah langkah, anda akan bahagia dalam menjalani masa depan anda.  Pastikan bahwa progaram studi yang anda ambil nanti adalah sebagian dari passion anda.
Anda bisa mengkonsultasin kepada kami passion anda,  sehingga nanti melalui ketua program studi di Politeknik NSC Surabaya kami akan membantu dan mengarahkan passion anda, untuk memilih program studi yang sesuai. 

4.    Identifikasi “profesi” anda nanti
Gali sebanyak mungkin informasi tentang lapangan kerja yang ada, sesuai program studi yang anda ambil nanti. Agar anda dapat objektif dalam menentukan profesi anda nanti,  jangan hanya anda tahu profesi yang anda sedari kecil sudah dengar, seperti dokter, tentara, guru, pilot. Banyak profesi diluar sana yang menjanjikan masa depan yang baik. Dengan anda mengerti profesi anda nanti, anda akan semakin yakin untuk memantapkan diri memilih program studi tersebut. 
Seperti pada program studi administrasi niaga, anda dapat memilih profesi sebagai tenaga administrasi kantor, public relation, atau sekretaris. Pada program studi akutansi anda dapat berprofesi sebagai penyelia akuntansi, teknisi akuntansi, atau ahli perpajakan. Untuk program studi teknik komputer, anda dapat berprofesi sebagai computer technical support, networking administrator, designer graphic, progamer, dan animator. Pada program studi perhotelan anda dapat berprofesi sebagai staff front office, staff housekeeping, ahli carving, chef, bartender. 
5.    Identifikasi 5 perusahaan yang anda inginkan, untuk merekrut anda nanti
Identifikasi 5 perusahaan yang anda cita-citakan untuk dapat bekerja pada perusahaan tersebut. Ini berguna untuk anda dapa semakin yakin dan semakin tertantang untuk mengambil program studi yang tepat, tentunya sesuai dengan “kelebihan” dan passion anda. Dengan memiliki rencana yang matang, anda memiliki time line tepat dengan langkah yang efisien dan efektif. 
6.    Evaluasi kembali, lalu  “just do it”
Baiklah ditahap ini harusnya anda sudah mantap dengan program studi yang ”gue  banget”, namun tidak ada salahnya untuk mengevaluasi kembali langkah anda mulai dari 1-5. Jika anda sudah yakin tetapkan pilihan program studi anda, cari info sebanyak mungkin tentang program studi tersebut, antara lain :
a)    Kurikulum dan alur mata kuliah tiap-tiap semesternya. 
b)    Fasilitas Laboratorium dan pendukung lainnya.
c)    Daftar prestasi mahasiswa dan berbagai kegiatan mahasiswa.
d)    Tracer Study, lulusannya pada kerja di mana dan secepat apa terserap oleh dunia kerja
e)    Daftar kerjasama (MoU) yang sudah dimiliki, baik dengan perusahaan Dalam Negeri dan Luar Negeri.
f)    Program Magang di industri.
g)    Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
h)    Sertifikasi keahlian/skill yang akan didapatkan ketika lulus kelak, selain ijazah dan transkrip nilai.
i)    List Beasiswa dan kemungkinan anda mendapatkannya
j)    Dan berbagai progam inovasi dan terobosan lainnya yang dilakukan prodi tersebut.

     Saat anda memperoleh informasi lengkap tentang hal diatas, anda akan semakin yakin dan mantap untuk memilih program studi tersebut. Setelah itu “just do  it”, kemudian jalani prosesnya, jadilah dari diri anda yang terbaik, karena anda telah memilih program studi yang sesuai. Anda akan bahagia karena anda menjalani apa yang anda suka, dimana Tuhan telah menganugrahkan “kelebihan” kepada anda, mengisi terus dengan bahan bakar berupa passion.

 

 

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,195,542

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp