Berita

MEMILIH PROGRAM STUDI ADMINISTRASI NIAGA SANGAT DIREKOMENDASIKAN, KENAPA?

      Mahasiswa Program studi administrasi niaga dibekali dengan ketrampilan dan skill yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan, seperti korespondensi (ketrampilan surat menyurat), kearsipan (baik konvensional atau digital), manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, menjadi entepreneuer, administrasi perbankan, administrasi ekpor impor, bahasa inggris, bahasa mandarin, dan ketrampian lainnya, Selain itu mahasiswa akan mendapatkan sertifikat nasional dan internasional diantaranya :
1. Sertifikat kompetensi adminsitrasi dari BNSP
2. Sertifikat kompetensi sekretaris yunior dari BNSP
3. Sertifikat kompetensi sekretaris senior dari BNSP
4. Sertifikat internasional Microsoft Office Speasialist dari Microsoft


       Kompetensi utama lulusan Program Studi Administrasi Niaga adalah memiliki sikap, mental, etika profesi, pengetahuan, ketrampilan, kreativitas, dan kepemimpinan yang unggul, serta berakhlaq mulia, diantaranya adalah :
1.    Mempunyai kepribadian yang utuh, sikap mental positif, jujur, dapat dipercaya, bertanggung jawab, dan berpenampilan menarik.
2.    Mempunyai kompetensi administrasi perkantoran dan kesekretariatan dengan menggunakan aplikasi teknologi
3.    Mempunyai kemampuan berkomunikasi dalam konteks dunia bisnis.

Salah satu bukti nyata program studi administrasi niaga sangat direkomendasikan adalah dari para alumninya, seperti saudari Dinda Kharisma 

       Saudari dinda bekerja di PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA), perusahaan layanan transportasi terbesar di Indonesia yang menyediakan jasa penyewaan kendaraan untuk korporasi, transportasi logistik, serta layanan pengemudi. ASSA mengelola lebih dari 18.000 kendaraan dan 3.200 pengemudi melayani lebih dari 1.000 perusahaan di Indonesia. ASSA juga telah memerluas wilayah layanan ke hampir semua kota besar utama dan memberikan jaminan kelancaran operasional melalui 44 jaringan di seluruh Indonesia, lebih dari 690 bengkel perbaikan resmi, dengan didukung layanan 24 jam.

       Tidaklah mudah bekerja di perusahaan besar seperti PT Adi Sarana Armada Tbk. (ASSA) yang mana saham perusahaan tersebut sudah listing di Bursa Efek Indonesia, Setiap karyawan yang akan menjadi karyawan tetap harus menjadi tenaga kontrak minimal 2 tahun, berbeda dengan karyawan lain, Dinda alumni Politeknik NSC Surabaya dengan bekal ketrampilan yang diperoleh dari kampus menjadikannya karyawan tetap hanya setelah 1 tahun kontrak, bersaing dengan karyawan lain yang harus melewati 2 tahun masa kontrak. 

       Kenapa dinda bisa melakukan akselerasi ?, karena skill yang diperoleh ketika kuliah , skill tentang administrasi, surat menyurat, kerasipan, interpersonal skill, management skill dan attitude yang baik

Apa kata alumni prodi Administrasi Niaga mbak Dinda Kharisma :
“ kalau bicara mata kuliah banyak yang sangat berguna ,rata2 semua mata kuliah berguna.. Saya bekerja di bagian Manajemen Driver services yang handle tentang payroll (sistem penggajian) dan ke-HRD an driver (Kontrak,hiring driver dll). Mata kuliah manajemen Perkantoran dan manajemen keuangan itu sangat berguna, apalagi ada mata kuliah Simulasi Bisnis. Prodi Administrasi Niaga memang lengkap deh semua mata kuliah dibutuhkan di tempat kerja. Selain itu mata kuliah Kearsipan juga membantu saya dalam penyimpanan dokumen, Meskipun saya bukan marketing tapi mata kuliah manajemen pemasaran banyak saya pahami dan gunakan  karena driver 2 kami di ASSA, menjadi ujung tombak pemasaran dan harus mengerti hal tersebut. Yang paling dan sangat berguna itu mata kuliah Komunikasi Bisnis dan Manajemen Sumber Daya Manusia, karena mengurus orang itu lebih susah dari pada ngurus produk. over all semua mata kuliah di prodi Admnistrasi Niaga pasti ada aja yang dibutuhkan dan semuanya sangat membantu saya “ .  

Adapun mata kuliah yang diajarkan pada program studi administrasi niaga adalah :

Pada semester I terdapat delapan mata kuliah yang ditempuh, apa saja itu :

1. Aplikasi Komputer
      Pada mata kuliah ini mahasiswa akan mendapatkan pemebelajaran materi Microsoft office, tujuan dari mata kuliah ini adalah mahasiswa menguasai aplikasi office yang banyak digunakan perusahaan, setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat lulus uji sertifikasi internasional dari Microsoft dan bergelar MOS (Microsoft Office Specialist)

2. Akuntansi 1
     Pada mata kuliah ini Mahasiswa dapat memahami teknik dan prosedur dalam proses akuntansi untuk perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur serta dapat menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan. Hal ini sangat di butuhkan dalam dunia kerja di berbagai sector industry.

3. Introduction to English
     Pada mata kuliah ini bertujuan agar Mahasiswa mampu bekerja dengan menggunakan Bahasa Inggris dalam konteks kehidupan sosial sehari-hari, baik di lingkungan kerja atau di luar lingkungan kerja. Skill ini sangat dibutuhkan dalam pekerjaan perkantoran.

4. Kesekretariatan
      Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami perihal sekretaris dan kesekretariatan, penanganan form-form surat bisnis, pengurusan dan pengendalian surat, phone handling skill, receptionist skill, dan mendapatkan wawasan mengenai pentingnya memahami dan mengelola tugas-tugas seorang sekretaris

5. Keyboarding Skill
    Setelah mengikuti mata kuliah Keyboarding Skill mahsiswa dapat  mengusai cara pengetikan yang  benar dan tepat, penguasaan keyboarding dengan sepuluh jari dan mengetik dengan blank system. Ini adalah sklill yang harus dimiliki oleh bagian admin atau supervisor

6. Manajemen Perkantoran
     Setelah mengikuti mata kuliah ini Mahasiswa dapat mengetahui sejarah dan perkembangan ilmu administrasi, memahami definisi serta fungsi yang menyertainya, perkembangan teori manajemen administrasi perkantoran yang mempengaruhi pengelolaan administrasi, serta mempunyai gambaran tentang prospek karier di bidang administrasi di masa datang. Ini adalah hal mendasar yang harus dimiliki oleh staff dan supervisor bagian admin.

7. Pengantar Bisnis & Manajemen 
      Setelah menempuh mata kuliah ini Mahasiswa dapat mengaplikasikan pengantar bisnis dan manajemen yaitu memahami tentang dasar – dasar bisnis dan manajemen

8. Etika Profesi 
      Setelah menyelesaikan mata kuliah ini Mahasiswa dapat memahami arti profesi dan profesionalisme, peran organisasi profesi dan kode etik bagi pelaku bisnis, serta dapat mempraktekan etika dalam kehidupan sehari hari dan dalam kegiatan kerja. Hal ini sangat penting bagi dunia industri

 


Author:
M. Saifuddin

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,166,440

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp