Berita

UPAYA POLITEKNIK NSC UNTUK BERPERAN DALAM MENGHADAPI MEA

Sejak diberlakukannya pasar bebas Asia Tenggara atau yang dikenal dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di tahun 2015, persaingan di bursa tenaga kerja semakin meningkat. Sedangkan berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) 2015, dari 255,4 juta penduduk Indonesia, jumlah angkatan kerja Indonesia mencapai 122,38 juta dengan rincian 114,82 juta jiwa penduduk adalah tenaga kerja dan sisanya 7,56 juta  jiwa penduduk Indonesia adalah pengangguran. Dan dari 114,82 sekitar 47% nya adalah lulusan SD kebawah, sehingga dunia usaha sulit mendapatkan tenaga kerja dengan kualifikasi yang mumpuni.

Kualitas sumber daya manusia dan ketenagakerjaan Indonesia yang kurang berkualitas ini tercermin juga dari peringkat Human Development Index yang diterbitkan oleh UNDP. Sehingga kondisi HDI masyarakat Indonesia masih kalah dengan Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Thailand.

Oleh karena itu, Politeknik NSC Surabaya sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tinggi Swasta di Surabaya yang bergerak dibidang vokasional, selalu berupaya meningkatkan perannya dalam upaya membangun kesadaran masyarakat untuk selalu meningkatkan pendidikannya. Salah satu contoh bentuk aktifitas yang selalu dilakukan oleh Politeknik NSC Surabaya adalah presentasi ke SMK/SMA/MA di wilayah Grebang Kertasusila.

Dalam aktifitas presentasi ke SMA/SMK/MA tersebut selain memberikan informasi tentang Politeknik NSC Surabaya, tim presenter yang ditugaskan juga selalu memberikan motivasi kepada para siswa agar setelah lulus dari SMA/SMK/MA, mereka harus selalu berpikir untuk melanjutkan studinya ke jenjang pendidikan tinggi. Dan ketika para siswa berpikir bahwa ke pendidikan tinggi itu membutuhkan biaya yang cukup besar, maka tim presnter Politeknik NSC Surabaya selalu memberikan solusi melalui program kuliah sambil kerja.

Karena program kuliah sambil kerja ini akan membantu mengatasi permasalahan biaya yang sering kali menjadi kendala utama ketika para lulusan dari SMA/SMK/MA hendak memutuskan untuk lanjut ke pendidikan tinggi. Semoga upaya dari Politeknik NSC Surabaya ini, mendapatkan respon yang cukup baik dari masyarakat sekitar yang ada di wilayah Gerbang Kertasusila

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,062,798

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp