Berita

PIMPINAN, DOSEN , KARYAWAN DAN MAHASISWA MELAKUKAN KEGIATAN ISTIGHOSAH BERSAMA

Salah satu aktivitas rutin bulanan sivitas akademika Politeknik NSC Surabaya adalah istighosah bersama dan tausiyah oleh UST. H. Abd. Rohim 

Kata “istighotsah” استغاثة berasal dari “al-ghouts” غوثال yang berarti pertolongan. Dalam tata bahasa Arab kalimat yang mengikuti pola (wazan) “istaf’ala” استفعل atau “istif’al” menunjukkan arti pemintaan atau pemohonan. Istighotsah berarti meminta pertolongan. Seperti kata ghufron غفران yang berarti ampunan ketika diikutkan pola istif’al menjadi istighfar استغفار yang berarti memohon ampunan. Jadi istighotsah berarti “thalabul ghouts” طلب الغوث atau meminta pertolongan.
 
Arti istighasah adalah memohon pertolongan kepada Allah SWT. Pelaksanaan istighasah diisi dengan doa-doa dan dzikir-dzikir tertentu yang dibaca secara berjamaah dan dipimpin oleh seorang Imam istighasah.

 


Salah satu manfaat acara tersebut adalah untuk menambah kedekatan diri kepada Alloh, selain itu terdapat tausiah dari ust. H. Abd. Rohim perihal aktivitas duniawi dan ukhrowi, selain tausiah dan istighosah terdapat juga kegiatan pembacaan solawat kepada nabi Muhammad S.A.W.
Shalawat kepada Nabi merupakan salah satu bentuk ibadah yang agung. Ketika kita sampaikan solawat kita atas Nabi, maka jutaan malaikat juga ganti mendoakan kita. “Sesungguhnya Allah Dan Para Malaikat-Malaikat-Nya Bersholawat Untuk Nabi, Hai Orang-Orang Yang Beriman, Bershalawatlah Kamu Untuk Nabi Dan Ucapkan Salam Penghormatan Kepadanya” (Qs. Al-Ahzab : 56)

Suatu hari, Rasulullah SAW datang dengan wajah berseri-seri dan bersabda :
Malaikat Jibril datang kepadaku dan berkata, ‘ Sangat menyenangkan untuk engkau ketahui wahai Muhammad bahwa untuk satu Shalawat dari seseorang umatmu akan kuimbangi dengan sepuluh doa baginya dan sepuluh salam bagiku akan kubalas dengan sepuluh salam baginya. ‘” ( HR. An-Nasa’i).

Dalam hadits lain Rasulullah SAW bersabda,
Jika orang bershalawat kepadaku, maka malaikat juga akan medoakan keselamatan baginya, untuk itu bershalawatlah, baik sedikit ataupun banyak. “ ( HR. Ibnu Majah dan Thabrani).

Harapan diadakan acara rutin tersebut adalah agar aktivitas para Dosen, karyawan dan mahasiswa semakin berkah, bermanfaat bagi keluarga, agama dan bangsa. Pembelajaran yang dilakukan dosen dan mahasiswa semakin berkah dan berfaedah, mahasiswa mendapatkan ilmu dan pekerjaan yang berkah

Semoga kita semua selalu mendapatkan pertolongan dari Tuhan Yang Maha Esa

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,062,797

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp