Berita

Sudahkah Anda Menyampaikan Laporan SPT Tahunan Pajak 2016 ? Mahasiswa Prodi Akuntansi Kami Siap Membantu

Banyak wajib pajak yang belum melakukan pelaporan SPT Tahunan untuk WP orang pribadi maupun WP badan. Padahal SPT Tahunan adalah sarana bagi WP untuk melaporkan penghitungan dan/atau pembayaran pajak, objek pajak dan/ atau bukan objek pajak, dan/ atau harta dan kewajiban pajak untuk satu tahun pajak. Penggunaan sistem Self Assessment ini, membuat wajib pajak berinisiatif mendaftarkan dirinya untuk mendapatkan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan menghitung, memperhitungkan, membayar, dan melaporkan sendiri pajak terutang. Sistem tersebut mempunyai arti bahwa WP diberikan kepercayaan untuk kewajiban perpajakan, dan membayar pajak terutang, serta kerelaan menjalankan peraturan yang berlaku dan kejujuran untuk mengungkapkan keadaan sebenarnya. Media yang digunakan untuk melaporkan hal tersebut menggunakan surat pemberitahuan atau lebih dikenal dengan SPT. Untuk wajib pajak orang pribadi media yang digunakan adalah formulir SPT 1770, SPT 1770 S, dan SPT 1770 SS. Sedangkan wajib pajak badan media yang digunakan adalah formulir SPT 1771 dan SPT 1771 SS.

Berdasarkan Peraturan Dirjen Pajak Nomor PER-01/PJ/2016, SPT Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi Sangat Sederhana (SPT 1770 SS) adalah SPT Tahunan yang digunakan oleh wajib pajak orang pribadi yang mempunyai penghasilan selain dari usaha dan/ atau pekerjaan bebas dengan jumlah penghasilan bruto tidak lebih dari Rp 60.000.000 (enam puluh juta rupiah) setahun. Sedangkan SPT Tahunan Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Sederhana (SPT 1770 S) adalah SPT Tahunan yang digunakan oleh wajib pajak orang pribadi yang mempunyai penghasilan selain dari usaha dan/ atau pekerjaan bebas dengan jumlah penghasilan bruto lebih dari Rp 60.000.000 (enam puluh juta rupiah) setahun. SPT Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi (SPT 1770) adalah SPT Tahunan yang digunakan oleh wajib pajak orang pribadi yang mempunyai penghasilan dari usaha/ pekerjaan bebas dari satu atau lebih pemberi kerja, yang dikenakan pajak penghasilan final dan/ atau bersifat final, dan/ atau dalam negeri lainnya/ luar negeri.

Pembahasan mengenai SPT Tahunan ini di dalam prodi Akuntansi Politeknik NSC Surabaya sudah disampaikan dalam mata kuliah lab perpajakan, sehingga mereka sudah paham betul untuk mengerjakan SPT Tahunan tersebut. Dalam mata kuliah lab perpajakan mahasiswa prodi akuntansi, kami berikan latihan soal mengenai pengisian SPT Tahunan tersebut, sehingga nantinya mereka memiliki kompetensi di bidang perpajakan nantinya.

Mahasiswa Prodi Akuntansi Kami Siap Membantu laporkan SPT 1Mahasiswa Prodi Akuntansi Kami Siap Membantu laporkan SPT 2
Mahasiswi Prodi Akuntansi Kami Siap Kerja

Problem yang sering terjadi di masyarakat adalah ketidaktahuan dan kebingungan WP ketika memasuki masa akhir penyampaian SPT Tahunan. Pemberian batas penyampaian SPT Tahunan sampai tanggal 31 Maret 2017 untuk perorangan/pribadi, sedangkan sampai tanggal 30 April 2017 untuk badan harus diperhatikan dengan baik oleh wajib pajak.

Sumber: CV Tenteram Surabaya

Author :

Prasetyo Widyo Iswara ,S.E., M.A.
Prasetyo Widyo Iswara ,S.E., M.A.

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 32,961,253

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp