Berita

MAHASISWA PROGRAM STUDI D3 ADMINISTRASI NIAGA DIBEKALI PENGETAHUAN EKSPOR IMPOR DAN PERBANKAN

buku1

Ekspor impor merupakan transaksi jual beli barang dari suatu negara ke negara lain yang didalamnya akan diikuti banyak aktivitas transaksi misalnya aktivitas pengiriman barang dari suatu negara ke negara lain melalui moda transportasi darat, laut, dan udara atau bahkan menggunakan multi moda transportasi, aktivitas pembayaran dari pembeli kepada penjual yang berasal dari negara yang berbeda dan dengan menggunakan valuta asing yang disepakati, dan juga aktivitas dokumentasi yang tidak kalah pentingnya dengan aktivitas lainnya.

Aktivitas-aktivitas dalam transaksi ekspor impor sangat banyak, namun dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok aktivitas penting yaitu: kelompok indentor, kelompok importir, kelompok eksportir, kelompok promosi, dan kelompok pendukung (Sumber: Amir MS, 2007). Masing-masing kelompok ini terdiri dari berbagai macam perusahaan dan institusi yang memiliki aktivitas-aktivitas berbeda dan memiliki peranan penting hingga transaksi ekspor-impor berjalan dengan lancar. Perusahaan-perusahaan dan institusi ini tentunya membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ekspor impor utamanya dalam hal administrasi. Berdasarkan hal itulah maka program studi D3 Administrasi Niaga Politeknik NSC Surabaya memandang sangat penting untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan ekspor impor kepada mahasiswanya. Saat ini telah banyak lulusan program studi ini yang telah bekerja pada perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang ekspor impor. Bahkan lulusan program studi lain yaitu program studi D3 Akuntansi juga telah banyak yang bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang ekspor impor.

Tidak hanya itu kiprah Politeknik NSC Surabaya dalam menyiapkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan administrasi ekspor impor, namun ke depan melalui LSP Poltek NSC, lulusan juga akan dibekali dengan sertifikasi profesi di bidang ekspor impor yang terdiri dari profesi pelaksana ekspor impor, supervisor atau penyelia ekspor impor, dan manager ekspor impor. Diharapkan dengan adanya sertifikasi ini akan dapat meningkatkan value lulusan NSC terutama yang ingin bekerja di industri ekspor impor.

Selain memperoleh pengetahuan dan keterampilan di bidang administrasi ekspor impor, mahasiswa-mahasiswa tersebut juga dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan tentang perbankan melalui mata kuliah admministrasi perbankan. Materi-materi tentang perbankan yang diperoleh oleh mahasiswa diantaranya materi mengenai produk simpanan yang ada di bank, produk dan seluk beluk kredit bank, transfer dalam negeri dan luar negeri, inkaso, kliring, kartu kredit, traveller check, foreign exchange, dan letter of credit. Setelah mengikuti mata kulliah ini, mahasiswa akan mengetahui segala macam transaksi  yang dilakukan di bank sehingga akan dapat memperluas pasar kerja bagi lulusan program studi D3 Administrasi Niaga untuk bekerja di bank.

Secara umum, lulusan program studi D3 Administrasi Niaga akan memiliki knowledge and skill di bidang administrasi ekspor impor, perbankan, secretarial project, korespondensi, arsip digital , keyboarding, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, akuntansi, bahasa inggris dan mandarin, interpersonal skill, administrasi perkantoran modern, dan lain-lain. Dapat dikatakan bahwa lulusan program studi ini memiliki kesempatan dan peluang untuk bekerja di banyak jenis industri baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Semoga mereka dapat memberikan kontribusi yang nyata dan berarti bagi keluarga, masyarakat, dan bagi negara.

penulis

Eko Tjiptojuwono, SE, MM

Dosen Pengampu Mata Kuliah

1. Administrasi Ekspor Impor

2. Administrasi Perbankan

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,066,734

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp