Berita

PENYELARASAN DUNIA PENDIDIKAN DAN DUNIA KERJA DENGAN KEUNIKAN DI POLITEKNIK NSC SURABAYA

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) merupakan kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yg dapat menyandingkan, menyetarakan,  dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dg  struktur pekerjaan di berbagai sektor. Hal tersebut menurut Peraturan Presiden No 8 Tahun 2012 tentang KKNI.


Gambar 1 :
Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia

Sesuai dengan jenjang level yang ada di KKNI  apabila lulusan dari SMA/SMK   yang diperoleh adalah level 1 sampai level 3, dan jika bekerja hanya dapat menjabat sebagai operator atau tingkat pelaksana yaitu level yang paling rendah tentunya gaji juga akan disesuaikan. Dan apabila lulusan dari Diploma 3 maka jenjang level di KKNI masuk pada level 5 yaitu apabila bekerja sudah dapat menduduki tingkat supervise/teknisi/analis.

Politeknik NSC Surabaya merupakan salah satu perguruan tinggi yang berada di Jalan Basuki Rahmad 85 Surabaya dengan Jenjang Program Diploma 3 dengan gelar yang berada di belakang nama lulusan yaitu A.Md ( Ahli Madya). Sesuai dengan Visi Politeknik NSC Surabaya yaitu : “Menjadi mitra utama bisnis dalam pengembangan sumber daya manusia profesi yang berdaya saing global.” Politeknik NSC Surabaya mempersiapkan lulusannya dengan mengedepankan proses pembelajaran dengan prosentase 40% teori dan 60% praktik dengan tujuan lulusan dari Politeknik NSC Surabaya mempunyai keseimbangan antara knowledge, skill dan attitude yang diperlukan oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri yang berkualitas dan berdaya saing global. Untuk mempersiapkan lulusan yang berdaya saing global, Politeknik NSC telah berbenah dengan beberapa persiapan diantaranya :

  1. Para Dosen yang sudah mempunyai jenjenag pendidikan minimum S2
  2. Para Dosen sudah menerbitkan buku ajar yang telah ber ISBN
  3. Banyak Dosen sudah tersertifikasi baik sertifikasi Dosen maupun Sertifikasi Profesi.
  4. Para Dosen sudah banyak yang menjadi Asesor Sertifikasi Profesi.
  5. Politeknik NSC telah banyak melakukan kerja sama dengan DUDI, Perguruan Tinggi, 
  6. Politeknik NSC telah mendirikan LSP POLTEK NSC Surabaya guna memberikan wadah bagi mahasiswa untuk melakukan sertifikasi profesi bertaraf  Nasional
  7. Politeknik NSC Surabaya sudah menjadi satu satunya authorized testing center  (ATC) certiport di Surabaya guna memberikan wadah bagi mahasiswa untuk melakukan sertifikasi bertaraf internasional.

APA lagi sih keunikan lain dari Politeknik NSC Surabaya

Politeknik NSC Surabaya mempunyai program bekerja sambil kuliah, dengan waktu yang flexsibel. APA ITU WAKTU YANG FLEXSIBEL???Waktu yang flexsibel yaitu memberikan fasilitas kepada mahasiswa untuk dapat kuliah sambil menyesuaikan jam kerjanya, apalagi yang bekerja dengan jadwal kerja shift. Apabila dia bekerja dengan shift pagi maka bisa kuliah dengan masuk kuliah di kelas malam, begitu juga yang bekerja shift sore dapat masuk kuliah di kelas pagi.

Materi kuliah yang ada di Politeknik NSC Surabaya terdiri dari materi teori, praktik dan praktikum. Hal tersebut untuk memberikan pembelajaran kepada mahasiswa untuk dapat lebih mengimplementasikan materi kuliah yang sudah diberikan. Salah satu mata kuliah yang mempergunakan metode project adalah mata kuliah Housekeeping. Setelah mahasiswa mengikuti perkuliahan teori dan praktik mahasiswa melaksanakan  ujian akhir semester dengan bentuk praktikum dalam tema berinovasi di areal umum / innovation at public area. Ujian Akhir Semester di mata kuliah Houseeking  dilakukan dengan cara Ujian  kolaborasi antara semester 1 dan semester 3. Dari proses pembelajaran yang diberikan di Politeknik NSC Surabaya, harapannya mahasiswa bisa siap untuk menuju gerbang kesuksesan bersama sesuai dengan aturan aturan yang sudah ada seperti adanya KKNI.Sebagai contoh dari innovation at public area dapat dibuka di link video ini dibawah ini.

 

Dari hal tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa bagaimana Politeknik NSC Surabaya dengan jenjang Diploma 3 bidang vokasi mempersiapkan lulusan-lulusan untuk berdaya saing global dan juga diterima di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), karena dapat dikatakan bahwa pendidikan vokasi mampu menciptakan tenaga kerja yang menguasai, terampil dan ahli karena industri suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas tenaga terampil yang terlibat langsung dalam proses produksi dan yang mempunyai nilai ekonomis, sesuai dengan kebutuhan pasar dengan hight education labor coefficient. Tenaga kerja yang menguasai, terampil dan ahli sesuai dengan pendidikan tinggi memegang peranan penting dalam menentukan tingkat mutu dan biaya produksi, sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan industrialisasi suatu negara, untuk informasi tentang Politeknijk NSC Surabaya klik aja www.nsc.ac.id

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,190,839

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp